2 Cara Upload File di Google Drive Lewat PC dan Cara Sinkronisasi Otomatis – Assalamu’alaykum teman Duosia! Kembali lagi bersama saya. Pada kesempatan kali ini saya ingin membagikan sebuah tutorial yang masih bekerjasama dengan salah satu raksasa search engine, yaitu Google. Google mempunyai sebuah fitur penyimpanan awan (cloud storage) yang berjulukan Google Drive. Google Drive ini sanggup dinikmati oleh siapapun yang telah mendaftarkan akun di Google. Karena fitur Google Drive ini juga bersifat gratis, namun dibatasi dalam penggunaan penyimpanan, yaitu maksimal 15 GB. Tapi anda juga sanggup upgrade penyimpanan bila mau, dengan biaya suplemen tentunya.

Google Drive merupakan suatu layanan penyimpanan online milik Google yang pertama kali diluncurkan pada 24 April 2012. Fitur yang diberikan Google Drive sangat beragam, namun yang paling utama yakni untuk penyimpanan file berbasis online/daring. Fitur ini tentu sangat banyak manfaatnya. Dengan menyimpan file kita secara online, kita sanggup membuka file tersebut dimana saja selama terhubung dengan internet, tanpa bergantung pada satu perangkat penyimpanan.
Sebagai referensi dikala kita mempunyai file di Laptop, tentu bila kita ingin membuka file tersebut, kita butuh untuk membawa dan membuka laptop yang terdapat file tadi. Berbeda dengan bila kita menyimpan di Google Drive, file yang kita simpan di Laptop, bila tersinkronisasi dengan Google Drive, maka file tersebut akan sanggup kita buka dimanapun dengan perangkat apapun, selama itu terhubung dengan internet dan sanggup membuka akun Google Drive kita. Maka dari itu, disini saya akan sedikit membantu dengan menunjukkan tutorial tentang 2 Cara Upload File di Google Drive Lewat PC dan Cara Sinkronisasi Otomatis. Yang pertama yaitu upload secara eksklusif melewati situs Google Drive, kemudian yang kedua memakai software yang disediakan oleh pihak Google Drive. Langsung saja berikut tutorialnya.
Daftar Isi
#1 Cara Upload File di Google Drive Secara Online Lewat Akun Google Drive
1. Pertama buka situs Google Drive, atau klik disini.
2. Pilih “Kunjungi Google Drive“. Lalu masuk dengan akun Google anda. Jika anda belum mendaftar, silahkan daftar terlebih dahulu.
3. Setelah berhasil masuk akun Google Drive, maka kita akan dihadapkan pada penyimpanan Google Drive kita, pilih tombol “Baru” pada pojok kiri atas.
4. Kemudian pilih “Upload file“.
5. Pilih file di komputer anda yang ingin anda upload ke akun Google Drive anda. Disini sebagai referensi saya memakai file “01 PHP Dasar.pdf“.
6. Dan file berhasil ter-upload dengan sempurna.
#2 Cara Upload File di Google Drive Lewat PC dengan Software Backup dan Sync
1. Download software Backup dan Sync yang disediakan oleh google drive, klik disini.
2. Pada kotak berjudul “Pribadi” Backup dan Sync, pilih “Download“. Lalu install pada PC anda.
3. Setelah terinstall, maka akan ada folder gres di bilah “Favourites” berjulukan “Google Drive“, buka Windows File Explorer anda, maka folder akan terlihat sebagai berikut.
4. Buka folder “Google Drive” tersebut, maka akan terlihat semua file yang ada di penyimpanan Google Drive anda juga terdapat disitu. Disini, bila anda ingin meng-upload / mengunggah file, anda tinggal copy-kan / salin file tersebut, kemudian paste/tempel di folder Google Drive ini. Indikator bahwa file sudah terunggah yakni ada tanda centang pada icon file tersebut.
Tips tambahan : Setiap kali kita copy file kita di folder “Google Drive” ini, maka Google Drive akan melaksanakan sinkronisasi otomatis, selama PC kita tersambung dengan internet. Sehingga file akan otomatis terupload pada akun Google Drive yang kita miliki.
Demikian tutorial dari kami mengenai 2 Cara Upload File di Google Drive Lewat PC dan Cara Sinkronisasi Otomatis. Semoga sanggup bermanfaat bagi diri saya sendiri maupun para pembaca sekalian. Nantikan tips-tips dan tutorial-tutorial lainnya dari kami di Duosia. Wassalamu’alaykum warahmatullahi wabarakatuh.
Sumber aciknadzirah.blogspot.com