Thursday, August 31, 2017

√ Rpp Ppkn Kelas Xii Sma Semester 1 K13 Revisi 2018

RPP PPKn Kelas XII Sekolah Menengan Atas Semester 1 K13 Revisi 2018 . Seiring telah diterbitkannya buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas XII jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) kurikulum 2013 (K13) edisi Revisi 2018, maka pastinya setiap guru yang mengajar di Sekolah Menengan Atas khususnya mengampu mata pelajaran PPKn di kelas XII harus menyiapkan/ menciptakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebelum proses mencar ilmu mengajar dimulai. Karena RPP ini yaitu rancangan awal proses pembelajaran setiap guru yang mengajar di sekolah tidak hanya guru Sekolah Menengan Atas saja, namun mulai dari guru SD, Sekolah Menengah Pertama sampai Sekolah Menengan Atas pun semuanya juga harus mempunyai perangkat mengajar salah satunya yaitu RPP ini. 

Download RPP PPKn Kelas XII Sekolah Menengan Atas Semester 1 (Ganjil) K13 Revisi 2018. Pada artikel ini sengaja telah kami bagikan file teladan RPP PPKn untuk Kelas XII Sekolah Menengan Atas Semester 1. Untuk membantu para guru yang telah mengajar di sekolah jenjang SMA. Dimana RPP yang telah kami buat ini yaitu file RPP yang berbentuk microsoft word yang masih bisa diubah-ubah sesuai dengan nama sekolah dan guru yang telah mengajar. Makara anda bisa pribadi mengunduh filenya dan kemudian mencocokkan sesuai dengan pengajaran masing-masing di kelas atau menyesuaikan dengan format yang telah diminta oleh sekolah. Terkadang format dari masing-masing sekolah berbeda beda. Akan tetapi RPP yang telah kami buat ini sudah sesuai dengan format RPP yang telah ditetapkan. 
 Seiring telah diterbitkannya buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan  √ RPP PPKn Kelas XII Sekolah Menengan Atas Semester 1 K13 Revisi 2018

Berikut ini merupakan cuplikan isi dari RPP PPKN Kelas XII (12) Sekolah Menengan Atas Semester 1 (Ganjil) Kurikulum 2013 Revisi 2018.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah : SMA/SMK …
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas / Semester : XII / 1
Materi Pokok : Kasus-Kasus Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban dalam Perspektif Pancasila
Alokasi waktu : 8 x 45 menit

A. Kompetensi Inti 
  1. Menghayati dan mengamalkan anutan agama yang dianutnya 
  2. Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif sebagai cuilan dari solusi atas banyak sekali permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. 
  3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah. 
  4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah ajaib terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi 
1.1  Menghargai perbedaan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam rangka menghormatihak asasi manusia.
1.1.1 Menerima perbedaan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam rangka menghormati hak asasi manusia.
1.1.2 Menghargai perbedaan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam rangka menghormati hak asasi manusia.
2.1 Bersikap responsive dan proaktif terhadap pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
2.1.1 Memiliki sikap responsif dan proaktif terhadap pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
2.1.2 Bersikap responsif dan proaktif terhadap pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
3.1 Menganalisis nilai nilai Pancasila terkait dengan kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
3.1.1 Mengidentifikasi hakikat hak dan kewajiban warga negara.
3.1.2 Menganalisa substansi hak dan kewajiban warga negara dalam nilai dasar Pancasila.
3.1.3 Menganalisa substansi hak dan kewajiban warga negara dalam nilai instrumental Pancasila.
3.1.4 Menganalisa substansi hak dan kewajiban warga negara dalam nilai praksis Pancasila.
3.1.3 Menganalisis faktor-faktor penyebab masalah pelanggaran hak warga negara.
3.1.5 Menganalisis teladan masalah pengingkaran kewajiban warga negara.
3.1.6 Menganalisis upaya penanganan pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara.
3.1.7 Menganalisis bentuk-bentuk partisipasi masyarakat dalam pencegahan terjadinya pelanggaran hak dan kewajiban warga negara.
4.1 Menyaji hasil analisis nilai-nilai Pancasila terkait dengan masalah masalah pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
1.1.1 Menalar hasil analisis masalah pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban sebagai warga negara beserta solusinya sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
1.1.2 Menyaji hasil analisis masalah pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban sebagai warga negara beserta solusinya sesuai dengan nilai nilai Pancasila.

C. Tujuan Pembelajaran 
Setelah mengikuti pembelajaran, diharapkan penerima didik dapat;
1. Mengidentifikasi hakikat hak dan kewajiban warga negara.
2. Menganalisa substansi hak dan kewajiban warga negara dalam nilai dasar Pancasila.
3. Menganalisa substansi hak dan kewajiban warga negara dalam nilai instrumental Pancasila.
4. Menganalisa substansi hak dan kewajiban warga negara dalam nilai praksis Pancasila.
5. Menganalisis faktor-faktor penyebab masalah pelanggaran hak warga negara.
6. Menganalisis teladan masalah pengingkaran kewajiban warga negara.
7. Menganalisis upaya penanganan pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara.
8. Menganalisis bentuk-bentuk partisipasi masyarakat dalam pencegahan terjadinya pelanggaran hak dan kewajiban warga negara.

D. Materi Pembelajaran 
Secara garis besar materi pembelajaran Bab 1 yaitu sebagai berikut.
1. Makna hak dan kewajiban warga negara.
2. Substansi hak dan kewajiban warga negara dalam Pancasila.
a. Hak dan kewajiban warga negara dalam nilai dasar Pancasila.
b. Hak dan kewajiban warga negara dalam nilai instrumental Pancasila.
c. Hak dan kewajiban warga negara dalam nilai praksis Pancasila.

3. Kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara.
a. Penyebab terjadinya pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara.
b. Kasus pelanggaran hak warga negara.
c. Kasus pengingkaran kewajiban warga negara.

4. Penanganan pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga.
a. Upaya pemerintah dalam penanganan masalah pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara.
b. Membangun partisipasi masyarakat dalam pencegahan terjadinya pelanggaran hak dan kewajiban warga negara

E. Metode Pembelajaran 
Pembelajaran memakai pendekatan saintifik dengan proses pembelajaran aktif menekankan pada Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), Literasi, Critical Thinking, Creativity, Collaboration, dan Communication (4 C).

F. Media dan Bahan
1. Buku Paket
2. LKS
3. LCD Proyektor
4. Laptop

G. Sumber Belajar
Buku paket K13 revisi 2018

H. Langkah-langkah Pembelajaran 
1. Pertemuan Pertama 
a. Kegiatan Pendahuluan
1) Guru mempersiapkan kelas supaya lebih aman dan menyenang kan untuk proses belajar-mengajar, kerapian dan kebersihan ruang kelas(PPK), presensi (kehadiran, kegiatan kegiatan) media, alat dan buku yang diperlukan.
2) Guru meminta salah satu siswa untuk memimpin doa sesuai dengan agamanya masing-masing. (PPK)
3) Guru memberikan kompetensi yang akan dicapai dan keuntungannya dalam kehidupan sehari-hari.
4) Guru memberikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
5) Menyampaikan teknis pembelajaran pada pertemuan pertama yaitu melalui diskusi kelompok.

b. Kegiatan Inti
1) Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok masing-masing berjumlah 5 – 6 orang.
2) Siswa membaca Buku Teks PPKn Kelas XII Bab 1, diawali dengan membaca wacana yang berjudul Mendagri: Partisipasi Pilpres 70 Persen Sudah Luar Biasa. (Literasi) Selanjutnya, secara berkelompok berdiskusi menganalisis wacana tersebut dengan menjawab pertanyaan yang terdapat pada wacana tersebut.
3) Siswa selanjutnya membaca Subbab A wacana makna hak dan kewajiban warga negara, mencatat hal-hal penting. Guru sanggup menambahkan klarifikasi terkait dengan wacana tersebut dengan banyak sekali fakta gres yang berafiliasi dengan hakikat hak dan kewajiban warga negara.
4) Siswa mengidentifikasi pertanyaan yang ingin diketahui wacana hakikat hak dan kewajiban warga negara. (Critical Thinking)
5) Siswa mengajukan pertanyaan wacana makna hak dan kewajiban warga negara. (Communication)
6) Siswa merumuskan hipotesis, yakni pernyataan (statemen) sebagai tanggapan sementara atas pertanyaan yang telah disusun. Kompetensi yang dikembangkan yaitu kreativitas, rasa ingin tahu dan kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis. (Critical Thinking)
7) Siswa mencari informasi lanjutan dengan membaca banyak sekali sumber lain yang relevan baik dari buku, internet; web, maupun media umum lainnya untuk menjawab pertanyaan atau menandakan benar atau tidaknya hipotesis. (Literasi dan Collaboration)
8) Mengumpulkan informasi untuk menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan wacana Mendagri: Partisipasi Pilpres 70 Persen Sudah Luar Biasa dan Tugas Mandiri 1.1.
9) Peran guru dalam langkah tahap ini yaitu sebagai berikut.
a) Menyediakan banyak sekali sumber mencar ilmu ibarat buku rujukan lain.
b) Guru sanggup juga memperlihatkan buku atau sumber mencar ilmu lain yang sanggup dijadikan rujukan untuk menjawab pertanyaan.
10) Berdiskusi dalam kelompoknya untuk mendapat pendalaman pemahaman materi, menganalisis dan menyimpulkan informasi yang didapat. Menyusun hasil diskusi dalam bentuk laporan tertulis dan materi presentasi. Laporan disusun secara kelompok dan dikumpulkan pada tamat pertemuan ini. (Critical Thinking)
11) Guru meminta perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya secara bergantian. Masalah yang dipresentasikan yaitu tanggapan atas pertanyaan yang terdapat pada wacana ”Mendagri: Partisipasi Pilpres 70 Persen Sudah Luar Biasa”. Hasil diskusi kelompok wacana pertanyaan yang telah disusun berkaitan dengan materi subbab A, dan presentasi Tugas Mandiri 1.1 (Communication)
12) Pada ketika kelompok tertentu mempresentasikan hasil diskusinya, kelompok lain diminta untuk memperhatikan dan mengajukan pertanyaan atau menawarkan kritik dan masukan. (Critical Thinking)
13) Guru menawarkan konfirmasi terhadap hasil presentasi setiap kelompok. Hasil diskusi kelompok dikumpulkan untuk mendapat penilaian dari guru.

c. Kegiatan Penutup
1) Guru dan siswa menciptakan rangkuman atau simpulan kompetensi yang telah dipelajari.
2) Guru dan siswa melaksanakan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3) Guru menawarkan umpan balik terhadap proses dan hasil belajar.
4) Guru memberikan rencana pembelajaran untuk pertemuan kedua.
5) Guru dan siswa menutup pelajaran dengan mengucapkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa alasannya yaitu pembelajaran berlangsung lancar dan tertib. (PPK)

2. Pertemuan Kedua
a. Pendahuluan
Kegiatan Pendahuluan
1) Guru mempersiapkan suasana mencar ilmu yang menyenangkan.
2) Guru meminta salah satu siswa untuk memimpin doa sesuai denganagamanya masing-masing. (PPK)
3) Guru memberikan indikator pencapaian kompetensi yang akan dicapai dan keuntungannya dalam kehidupan sehari-hari.
4) Guru memberikan garis besar cakupan materi, yaitu substansi hak dan kewajiban warga negara dalam nilai dasar Pancasila.
5) Guru memberikan kegiatan yang akan dilakukan, yaitu diskusi kelompok

b. Kegiatan Inti
1) Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok masing-masing berjumlah 5–6 orang.
2) Siswa diminta untuk mengamati dengan membaca Bab 1, Subbab B: materi hak dan kewajiban warga negara dalam nilai dasar Pancasila. (Literasi)
3) Guru menawarkan informasi pelengkap terkait dengan substansi hak dan kewajiban warga negara dalam Pancasila.
4) Guru menawarkan stimulasi dengan mengajukan pertanyaan pertanyaan yang sanggup menghadapkan siswa pada kondisi internal yang mendorong eksplorasi.
5) Siswa secara kelompok mengidentifikasi sekaligus mencatat pertanyaan yang ingin diketahui berkaitan dengan substansi hak dan kewajiban warga negara dalam Pancasila. Guru membimbing dan terus mendorong siswa untuk terus menggali rasa ingin tahu dengan mengisi daftar pertanyaan sebagai berikut: (Critical Thinking)
6) Guru memberi motivasi dan penghargaan bagi kelompok yang menyusun pertanyaan terbanyak dan sesuai dengan Indikator Pencapaian Kompetensi. Guru mengamati keterampilan siswa secara perorangan dan kelompok dalam menyusun pertanyaan.
7) Siswa mencari informasi dan mendiskusikan tanggapan atas pertanyaan yang disusun dengan membaca dari banyak sekali sumber lain yang relevan, media massa, internet, web atau media umum lainnya, dan mengumpulkan informasi untuk mengerjakan Tugas Mandiri 1.2, yaitu mengidentifikasi jenis hak dan kewajiban warga negara yang terkait dengan nilai dasar Pancasila. (Collaboration)
8) Peran guru dalam kegiatan ini adalah;
a) Menyediakan banyak sekali sumber mencar ilmu ibarat buku teks siswa dan buku rujukan lain.
b) Menjadi sumber mencar ilmu bagi siswa dengan menawarkan konfirmasi atas tanggapan siswa, atau menjelaskan tanggapan pertanyaan kelompok yang tidak terjawab.
c) Menunjukkan buku atau sumber mencar ilmu lain yang sanggup dijadikan rujukan untuk menjawab pertanyaan.
9) Siswa berdiskusi dalam kelompoknya untuk mendapat pendalaman pemahaman materi, menganalisis dan menyimpulkan informasi yang didapat terkait dengan substansi hak dan kewajiban warga negara dalam dalam nilai dasar Pancasila, serta menyusun laporan secara tertulis. (Critical Thinking, Collaboration)
10) Siswa menyusun laporan hasil analisisnya. Laporan disusun secara kelompok dan individu untuk dikumpulkan pada tamat pertemuan ini. (Critical Thinking, Collaboration)
11) Siswa secara acak (2–3 orang) diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya. Siswa yang lain diminta untuk menanggapi atau melengkapi hasil presentasi tersebut (Communication). Guru menawarkan konfirmasi/penguatan atas tanggapan siswa.

c. Kegiatan Penutup
1) Siswa melaksanakan refleksi dan menyimpulkan materi yang telah dibahas pada pertemuan ini.
2) Guru memberikan informasi kegiatan untuk pertemuan berikutnya
3) Guru dan siswa menutup kegiatan dengan mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa bahwa pertemuan kali ini telah berlangsung dengan lancar. (PPK)

3. Pertemuan Ketiga
a. Pendahuluan
1) Guru mempersiapkan suasana mencar ilmu yang menyenangkan.
2) Guru meminta salah siswa untuk memimpin doa sesuai dengan agamanya masing-masing. (PPK)
3) Guru mendiskusikan materi yang sudah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya yaitu wacana substansi hak dan kewajiban warga negara dalam nilai dasar Pancasila dan mengaitkan dengan materi yang akan dipelajari.
4) Guru mendiskusikan kompetensi yang akan dicapai dan keuntungannya dalam kehidupan sehari-hari.
5) Guru memberikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan di lakukan

b. Kegiatan Inti
Kegiatan Inti
1) Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok masing-masing berjumlah 5 – 6 orang.
2) Siswa diminta untuk mengamati dengan membaca Bab 1, Subbab B: Materi wacana subtansi hak dan kewajiban warga negara dalam nilai instrumental Pancasila. (Literasi)
3) Guru menawarkan informasi pelengkap terkait dengan substansi hak dan kewajiban warga negara dalam nilai instrumental Pancasila.
4) Guru menawarkan stimulasi dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang sanggup menghadapkan siswa pada kondisi internal yang mendorong eksplorasi. (Critical Thinking)
5) Siswa secara kelompok mengidentifikasi sekaligus mencatat pertanyaan yang ingin diketahui berkaitan dengan substansi hak dan kewajiban warga negara dalam nilai instrumental Pancasila. (Critical Thinking) Guru membimbing dan terus mendorong siswa untuk terus menggali rasa ingin tahu dengan mengisi daftar pertanyaan sebagai berikut :
1. …….
2……..
3……..
Guru memberi motivasi dan penghargaan bagi kelompok yang menyusun pertanyaan terbanyak dan sesuai dengan Indikator Pencapaian Kompetensi.
6) Guru mengamati keterampilan siswa secara perorangan dan kelompok dalam menyusun pertanyaan.
7) Siswa mencari informasi dan mendiskusikan tanggapan atas pertanyaan yang disusun dengan membaca dari banyak sekali sumber lain yang relevan, media massa, internet, web atau media umum lainnya. Siswa juga mengumpulkan informasi untuk mengerjakan Tugas Mandiri 1.3. yaitu mengidentifikasi perwujudan hak dan kewajiban-kewajiban warga negara yang diatur dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. (Collaboration, Literasi, Creativity)
8) Peran guru dalam kegiatan ini yaitu sebagai berikut.
a) Menyediakan banyak sekali sumber mencar ilmu ibarat buku teks siswa dan buku rujukan lain.
b) Menjadi sumber mencar ilmu bagi siswa dengan menawarkan konfirmasi atas tanggapan siswa, atau menjelaskan tanggapan pertanyaan kelompok yang tidak terjawab.
c) Menunjukkan buku atau sumber mencar ilmu lain yang sanggup dijadikan rujukan untuk menjawab pertanyaan.
9) Siswa berdiskusi dalam kelompoknya untuk mendapat pendalaman pemahaman materi, menganalisis dan menyimpulkan informasi yang didapat terkait dengan substansi hak dan kewajiban warga negara dalam nilai instrumental Pancasila, serta menyusun laporan secara tertulis. (PPK, Collaboration, Critical Thinking)
10) Siswa secara bergantian mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya. Siswa dari kelompok lain diminta untuk mengajukan pertanyaan atau menawarkan masukan. (Communication)
11) Guru menawarkan konfirmasi terhadap hasil presentasi setiap kelompok. Masing-masing kelompok memperbaiki hasil presentasinya menurut masukan dari kelompok lain. Hasil diskusi kelompok dikumpulkan untuk mendapat penilaian.(PPK)

c. Kegiatan Penutup
1) Siswa melaksanakan refleksi dan menyimpulkan materi yang telah dibahas pada pertemuan ketiga.
2) Guru memberikan informasi kegiatan untuk pertemuan berikutnya yaitu hak dan kewajiban warga negara dalam nilai praksis Pancasila.
3) Guru dan siswa menutup kegiatan dengan mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa bahwa pertemuan kali ini telah berlangsung dengan  lancar.(PPK)

4. Pertemuan Keempat
a. Pendahuluan
1) Guru mempersiapkan suasana mencar ilmu yang menyenangkan.
2) Guru meminta salah satu siswa untuk memimpin doa sesuai dengan agamanya masing-masing. (PPK)
3) Guru mendiskusikan materi yang sudah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya yaitu wacana substansi hak dan kewajiban warga negara dalam nilai instrumental Pancasila dan mengaitkan dengan materi yang akan dipelajari yaitu substansi hak dan kewajiban warga negara dalam nilai praksis Pancasila.
4) Guru mendiskusikan kompetensi yang akan dicapai dan keuntungannya dalam kehidupan sehari-hari.
5) Guru memberikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan

b. Kegiatan Inti
1) Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok masing-masing berjumlah 5–6 orang.
2) Siswa diminta untuk mengamati dengan membaca Bab 1, Subbab B materi substansi hak dan kewajiban warga negara dalam nilai praksis sila-sila Pancasila. (Literasi)
3) Guru menawarkan informasi pelengkap terkait dengan substansi hak dan kewajiban warga negara dalam nilai praksis Pancasila.
4) Guru menawarkan stimulasi dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang sanggup menghadapkan siswa pada kondisi internal yang mendorong eksplorasi.
5) Siswa secara kelompok mengidentifikasi sekaligus mencatat pertanyaan yang ingin diketahui berkaitan dengan substansi hak dan kewajiban warga negara dalam nilai praksis Pancasila. (Critical Thinking) Guru membimbing dan terus mendorong siswa untuk terus menggali rasa ingin tahu dengan mengisi daftar pertanyaan sebagai berikut
1......., 2......... 3............
6) Guru memberi motivasi dan penghargaan bagi kelompok yang menyusun pertanyaan terbanyak dan sesuai dengan Indikator Pencapaian Kompetensi.
7) Guru mengamati keterampilan siswa secara perorangan dan kelompok dalam menyusun pertanyaan. (Creativity)
8) Siswa mencari informasi dan mendiskusikan tanggapan atas pertanyaan yang disusun dengan membaca dari banyak sekali sumber lain yang relevan, media massa, internet, web atau media umum lainnya. (Literasi, Collaboration)
9) Peran guru dalam kegiatan ini adalah;
a) Menyediakan banyak sekali sumber mencar ilmu ibarat buku teks siswa dan buku rujukan lain.
b) Menjadi sumber mencar ilmu bagi siswa dengan menawarkan konfirmasi atas tanggapan siswa, atau menjelaskan tanggapan pertanyaan kelompok yang tidak terjawab.
c) Menunjukkan buku atau sumber mencar ilmu lain yang sanggup dijadikan rujukan untuk menjawab pertanyaan.
10) Siswa berdiskusi dalam kelompoknya untuk mendapat pendalaman pemahaman materi, menganalisis dan menyimpulkan informasi yang didapat terkait dengan substansi hak dan kewajiban warga negara dalam dalam nilai praksis Pancasila, serta menyusun laporan secara tertulis. (Literasi, Collaboration, Critical Thinking)
11) Siswa secara bergantian mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya. Siswa dari kelompok lain menawarkan tanggapan atas hasil presentasi dari kelompok penyaji. (Communication)
12) Guru menawarkan konfirmasi terhadap hasil presentasi setiap kelompok.  Hasil diskusi kelompok dikumpulkan untuk mendapat penilaian.

c. Kegiatan Penutup
1) Siswa melaksanakan refleksi dan menyimpulkan materi yang telah dibahas pada pertemuan ini.
2) Guru memberikan informasi kegiatan untuk pertemuan berikutnya yaitu akan membahas masalah pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara.
3) Guru dan siswa menutup kegiatan dengan mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa bahwa pertemuan kali ini telah berlangsung dengan lancar. (PPK)

J. Penilaian 
1) Penilaian Sikap
2) Penilaia Pengetahuan
3)) Penialian Keterampilan

Untuk melihat secara lebih lengkapnya, anda bisa pribadi mend0wnl0ad file aslinya pada link d0wnl0ad yang telah kami persiapkan di bawah ini, dan untuk membuka file .rar silahkan masukkan password di bawah ini;

password: www.arsipguru.web.id

Link Download: 

Sumber http://www.arsipguru.web.id