Tuesday, August 7, 2018

√ Autofill Rumus Otomatis Dengan Vba Macro

Pengola Ms. Excel dimanjakan dengan banyak sekali fitur dan kemudahan yang disediakan oleh Microsoft itu sendiri begitu banyak fitur yang belum diketahui oleh kita menciptakan kita lemah untuk memaksimalkan Ms. Excel itu sendiri.

Dikatakan excel advanced memang penuh dengan fitur terbaik yang dimiliki oleh Microsoft, salah satunya yakni penggunaan VBA. Yang jadi pertanyaan bagaimana kita bisa memanfaatkan fitur canggih tersebut sementara kita tidak mengetahui caranya. Oleh lantaran itu pada artikel kali ini saya akan mencoba membahas bagaimana menciptakan rumus otomatis ibarat Autofill atau menarik rumus kebawah sehingga kita tidak mengetikan rumus setiap ada cell.

Baca:
Kumpulan Kode VBA Macro yang Wajib Dipelajari

Cara ini memang terbilang cukup unik dan perlu dicoba lantaran keuntungannya bisa dirasakan oleh Anda sendiri. Banyak cara yang  bisa dilakukan untuk menuntaskan duduk perkara di Ms. Excel dan tentunya cara tersebut akan berbeda antara pengguna satu dengan yang lainnya. Baiklah bagaimana cara membuatnya.

Langkah pertama silakan buat salah satu data sederhana contohnya data jenis kelamin ibarat tabel dibawah ini


Coba perhatikan gambar tabel diatas di kolom A tertulis beberapa jenis kelamin yang bisa Anda entrikan lalu di sebelah kanannya yaitu di kolom B terdapat rumus untuk mengkonversi jenis kelamin sehingga menghasilkan akronim antara L untuk pria dan P untuk perempuan. Rumus diatas bisa Anda ketikan sebagai berikut :

=IF(A1="Laki-Laki";"L";"P")

Sebenarnya bukan hanya rumus diatas yang bisa dipakai Autofill memakai VBA ini namun rumus apasaja juga bisa dipakai jadi Anda jangan terpaku pada referensi diatas saja silakan berkreasi sesuai dengan kemampuan Anda sendiri.

Coding VBA untuk Membuat AutoFill Otomatis

Langkah berikutnya kita akan menciptakan coding VBA nya dan untuk bisa membuatnya silakan Anda masuk ke VBA editor dari sajian Developer lalu tambahkan 1 buah module lalu ketikkan coding dibawah ini :

Sub TarikRumusOtomatis()
    Dim lastRow As Long
    lastRow = Range("A" & Rows.Count).End(xlUp).Row
    Range("B1").AutoFill Destination:=Range("B1:B" & lastRow)
End Sub

Setelah coding diatas dituliskan tentunya Anda paham arti penulisan coding untuk Autofill otomatis tersebut. Jika tidak sepakat saya jelaskan.

Untuk Module TarikRumusOtomatis kita definisikan bahwa "lastRow" yakni tipe data Long maka kita buat lastRow dengan definisi rumus range A hingga baris terakhir di kolom A yang ada datanya maka kita bisa tuliskan rumus yang sama dengan di cell B1 dan Excel akan otomatis menuliskan rumus yang sama tersebut secara AutoFill di kolom B hingga batar terakhir data yang sesuai di kolom A.

Langkah berikutnya silakan buatkan satu buah tombol untuk memanggil procedure tersebut dengan Form Control Button lalu Anda juga bisa mengedit nama Button1 dengan nama yang sesuai kalo disini saja coba "Tarik Jabrig" ya nama yang asal-asalan tetapi masih sesuai dengan topik dari bahan ini.

Untuk menempatkan button tersebut caranya cukup sederhana Anda perlu klik Button pada Form Control lalu buat ukuran yang sesuai dengan cara drag saja pada worksheet dan selesai.

Untuk menguji apakah coding sudah benar dan sesuai maka silakan klik tombol tersebut dan apa yang terjadi


Jreng, balasannya sudah benar semuai akan diadaptasi dengan rumus yang pertama di ketikan oleh Anda yaitu di kolom B tepatnya cell B1.

Simak:
Koleksi Kode VBA Lengkap

Demikian biar bermanfaat.


Sumber http://www.excel-id.com/