Friday, September 29, 2017

√ Cara Membuka Siakad Di Hape (Mengecek Nilai)

 Setelah menjalani semester yang panjang √ Cara Membuka Siakad di Hape (Mengecek Nilai)

Assalamu 'alaikum

Setelah menjalani semester yang panjang, sobat mahasiswa akan dihadapkan dengan nilai masing masing mata kuliah di tamat semester. Nilai ini terdiri dari 5, yaitu A,B,C,D dan yang terburuk E.

Masing-masing nilai yaitu konversi dari nilai 1-100 dengan Rincian
  • Nilai A : Mulai dari 100-81
  • Nilai B : Mulai dari 80-61
  • Nilai C : Mulai dari 60-41
  • Nilai D : Mulai dari 40-21
  • Nilai E : Mulai dari 20-0

Masing masing nilai ini kemudian akan dikalkulasikan sedemikian rupa oleh sistem untuk menentukan Nilai Indeks Prestasi(IP) semester Mahasiswa bersangkutan. Nilai IP maksimal yang sanggup diperoleh yaitu 4.0 dengan nilai rata-rata A.

Sejauh yang aku ketahui, untuk sanggup mendapat SKS full (24) di semester berikutnya, seorang mahasiswa harus mendapat IP semester minimal 3.0 atau 3.1 (saya kurang tahu niscaya yang mana)

Alasan mengapa aku kurang yakin sebab aku pernah mendapat IP 3.13 dan masih mendapat 24 SKS, dan teman aku yang mempunyai IP dibawah 3 mendapat SKS 22 ke bawah. Catataan : kebijkan ini sanggup berubah ubah tergantung keputusan dari pihak kampus.

Nah, kembali ke topik utama artikel ini, aku akan memakai Browser Crome di Hape yang aku punya. Saya kurang tahu apakah cara ini sanggup dipakai di browser lain. Tapi sebab Crome lebih umum di hape sekarang, maka aku menentukan browser ini.




Mengecek Nilai Sementara (KHS) di Siakad


#1. Ketikan di kolom pencarian google “Login Siakad” dan pilihlah hasil pencarian teratas

 Setelah menjalani semester yang panjang √ Cara Membuka Siakad di Hape (Mengecek Nilai)

#2. Masukkan Username dan Password dengan memakai NIM (Nomor Induk Mahasiswa). Dalam beberapa kasus, ada yang tidak perlu memasukkan pasword (Termasuk angkatan saya). Lalu klik Login.


#3. Zoom layar hape sobat ke arah pojok kiri atas. Sobat akan menemukan Tab Menu Mahasiswa dan Report. Tekan usang tab Report untuk memunculkan submenu Kartu Hasil Studi(KHS).


Perlu diketahui bahwa menekan tab report ini susah susah gampang. Sobat harus benar benar menekannya dengan sempurna sambil ditahan biar submenu khs sanggup muncul. Bila perlu zoom sebesar mungkin layar hape biar hidangan tabnya lebih jelas. Jika berhasil, klik submenu KHS untuk melihat Nilai Semester sobat.

#5. Masukan tahun akademik sobat sekarang. Tahun akademik (TA) ditandai dengan 4 angka yang mewakili tahun dan 1 angka terakhir yang menawarkan keterangan semester. Contoh 20181 pertanda semester ganjil dan 20182 pertanda semester genap. kemudian tekan Refresh.


Untuk memudahkan sobat, dibawah ini yaitu list tahun akademik untuk 3 tahun kedepan.
  • Semester yang dimulai feb 2019-Juni 2019 : TA 20182
  • Semester yang dimulai Sep 2019-Des 2019 : TA 20191
  • Semester yang dimulai feb 2020-Juni 2020 : TA 20192
  • Semester yang dimulai Sep 2020-Des 2020 : TA 20201
  • Semester yang dimulai feb 2021-Juni 2021 : TA 20211
  • Semester yang dimulai Sep 2021-Des 2021 : TA 20212

Inilah KHS yang aku punya di semester 6. Nilainya masih kosong sebab memang semester ini gres dimulai.

Kesimpulan


Sebenarnya membuka siakad di Hape sama saja dengan di laptop. Perbedaannya ada pada dikala kita hendak menekan tab hidangan Report. Di laptop,  kita tinggal mengarahkan kursor ke tab Repot untuk melihat submenu KHS.

Sementara di hape, kita perlu menekan tab ini sambil ditahan hingga submenu khs muncul.
Itulah artikel wacana mengecek nilai di siakad melalui hape.

Terimakasih sudah membaca dan semoga bermanfaat. Jangan ragu untuk bertanya di kolom komentar kalau ada hal-hal yang ingin sobat ketahui tetapi tidak ada di artikel. Have a nice day!!






Sumber http://lasidin.blogspot.com