Thursday, October 19, 2017

√ Anutan Opsi Sma Tahun 2017

Pedoman OPSI Sekolah Menengan Atas Tahun 2017. OPSI ialah akronim dari Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia. Olimpiade ini telah dilaksanakan setiap tahunnya. Sejak tahun 2008 olimpiade ini telah sukses diselenggarakan di banyak sekali kawasan di Indonesia. Tujuan dari Olimpiade ini ialah untuk mencetak seorang siswa yang unggul dalam hal penelitian. Di negara Indonesia kini ini masih sedikit seseorang yang melaksanakan penelitian resmi untuk Pemerintah. Maka dari itu, apabila Anda ingin menjadi seorang peneliti, tidak ada salahnya kalau Anda mengikuti Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia tingkat Sekolah Menengan Atas ini. 

 OPSI ialah akronim dari Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia √ Pedoman OPSI Sekolah Menengan Atas Tahun 2017

Download Pedoman OPSI Sekolah Menengan Atas Tahun 2017. Anda bisa men d0wnl0ad pedoman OPSI Sekolah Menengan Atas Tahun 2017 ini secara gratis pada link d0wnl0ad di paling bawah halaman ini. Dokumen pedoman OPSI ini sangatlah penting bagi para guru maupun siswa yang akan mengikuti kegiatan Olimpiade Penelitian ini. Karena didalamnya sudah terdapat petunjuk pelaksanaan hingga jadwal pelaksanaan yang akan dilaksanakan. Apabila Anda ingin tau dengan isi dari file ini, Anda bisa melihat cuplikan isinya dibawah ini: 

PEDOMAN PELAKSANAAN OPSI Sekolah Menengan Atas TAHUN 2017

KATA PENGANTAR

Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) merupakan salah satu acara penting Direktorat Pembinaan SMA/MA dalam rangka membangun insan Indonesia yang unggul. Sejak tahun 2008, kegiatan ini diselenggarakan sebagai wadah bagi para penerima didik SMA/MA untuk membuatkan bakat, minat, dan kemampuan dalam meneliti dan berinovasi, serta menumbuhkembangkan budaya meneliti di kalangan siswa SMA/MA.

Di samping itu kegiatan ini menjadi ajang seleksi karya penelitian unggul untuk diikutsertakan dalam banyak sekali ajang lomba penelitian tingkat dunia.

Penyelenggaraan OPSI tahun 2017 diharapkan sanggup berjalan dengan efektif. untuk itu, dibutuhkan sebuah pedoman bagi siswa, guru, sekolah, dinas pendidikan, dan semua pihak yang terkait.

Dengan pedoman ini, OPSI tahun 2017 sanggup menghasilkan karya penelitian yang lebih baik dan bermacam-macam dibandingkan dengan karya penelitian yang telah diperoleh pada tahuntahun sebelumnya.

Ucapan terimakasih dan penghargaan kami sampaikan kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan pedoman ini. Kami yakin upaya baik ini merupakan bab yang tidak terpisahkan dari cita-cita bersama untuk mewujudkan generasi bangsa yang sanggup berdiri diatas kaki sendiri dan berkepribadian.

Selamat mengikuti OPSI tahun 2017. Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberkati segala upaya baik kita semua.

PENDAHULUAN

Tantangan terbesar pembangunan pendidikan Indonesia memasuki masa pembangunan jangka menengah tahap ketiga (2015-2019) ialah bagaimana dunia pendidikan sanggup menyiapkan sumber daya insan Indonesia yang berkualitas dan berdaya saing. Untuk menjawab tantangan tersebut sekaligus sebagai pengejawantahan amanat Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 perihal Sistem Pendidikan Nasional, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengan Atas terus berupaya untuk membina dan membuatkan bakat, minat, dan prestasi siswa SMA/MA melalui banyak sekali kegiatan kesiswaan.

Disadari bahwa siswa atau penerima didik bagaimanapun ialah sasaran utama dari semua proses pembelajaran dan pendidikan yang harus diciptakan melalui sumbangan banyak sekali kegiatan ekstrakulikuler dan ko-kurikuler yang komprehensif dan terpadu.

Pola training kesiswaan harus sanggup mendukung penyiapan generasi yang berkualitas yang dibuat di atas landasan kompetensi intelektual, keterampilan, dan perilaku yang mumpuni.
Agar hal itu sanggup diwujudkan, maka dibutuhkan upaya training dan pengembangan bakat, minat dan kompetensi siswa dalam banyak sekali bidang ilmu.
Direktorat Pembinaan SMA, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, memandang bahwa acara training kesiswaan di antaranya harus sanggup dijadikan sarana training dan pengembangan kompetensi siswa dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui peningkatan kualitaspembelajaran matematika, sains, dan sosial humaniora sebagai kemampuan dasar yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat. Upaya tersebut diperkaya dengan banyak sekali acara yang sanggup meningkatkan minat, bakat, dan kemampuan siswa dalam penelitian, pemanfaatan, dan aplikasi dalam banyak sekali disiplin ilmu, pengetahuan, dan teknologi.
Salah satu cara yang sanggup ditempuh ialah mendorong minat dan talenta siswa melalui kegiatan penelitian ilmiah.

Terkait hal itu, perlu adanya sebuah kegiatan yang secara konsisten sanggup dijadikan wahana training talenta dan minat para siswa terhadap dunia penelitian ilmiah. Kegiatan tersebut juga sekaligus sanggup dijadikan wahana candradimuka dalam pengembangan prestasi dan pembentukan kepribadian siswa yang sanggup berdiri diatas kaki sendiri dan tangguh. Selain itu, melaksanakan kegiatan penelitian juga sanggup meningkatkan perilaku integritas dan tanggung jawab, kemampuan berpikir logis dan analitis, kemampuan bekerja sama dalam kelompok, independensi, keterampilan berkomunikasi, dan kemampuan menulis karya ilmiah.

Pada tahun 2017 ini, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengan Atas berkomitmen untuk tetap menyelenggarakan kompetisi penelitian ilmiah untuk para siswa SMA/MA dan sederajat yang dikemas dalam kegiatan Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) serta meningkatkan kualitas penyelenggaraannya.

TUJUAN
  1. Memotivasi siswa SMA/MA untuk berkreasi dalam banyak sekali bidang ilmu sesuai dengan minat dan bakatnya;
  2. Menumbuhkembangkan budaya meneliti di kalangan siswa SMA/MA;
  3. Mendorong siswa SMA/MA untuk gemar melaksanakan penelitian.
  4. Menjaring siswa SMA/MA yang mempunyai talenta dan kemampuan dalam bidang penelitian serta memperoleh hasil penelitian yang orisinal, berkualitas, dan kompetitif;
  5. Memfasilitasi komunitas peneliti tingkat siswa SMA/MA dari banyak sekali kawasan untuk melaksanakan temu karya penelitian;
  6. Memilih calon penerima untuk diikutsertakan dalam kegiatan lomba penelitian di tingkat internasional;
  7. Mengarahkan calon penerima yang sesuai untuk ikut serta dalam training kewirausahaan;
  8. Mensosialisasikan kegiatan penelitian siswa kepada masyarakat dan dunia usaha/industri.

BIDANG LOMBA PADA OLIMPIADE PENELITIAN SISWA (OPSI) 2017


KATEGORI PENELITIAN
Sains
Penelitian terkait dengan eksplorasi alam semesta, modifikasi, penemuan atau aplikasi dari ilmu pengetahuan alam untuk memenuhi kebutuhan/keinginan insan (ilmu pengetahuan terapan), mencakup di antaranya biologi, botani, zoologi, mikrobiologi, bioteknologi, genetika, biomedis, teknologi pangan, teknologi pertanian, teknologi perikanan, kimia, teknik kimia, teknik lingkungan, teknologi kelautan, fisika, geografi, dan astronomi.

Matematika dan Rekayasa
Penelitian terkait dengan bilangan, hubungan antarbilangan, mekanisme operasional yang dipakai untuk menuntaskan permasalahan mencakup aljabar, kalkulus, algoritma, geometri, topologi, trigonometri, serta penelitian terkait dengan disain, rancangan, dan/atau rekayasa produk industri/manufaktur untuk menuntaskan permasalahan, di antaranya robotik, mekatronik, rekayasa transportasi, teknologi perkapalan, teknologi penerbangan, rekayasa informatika (aplikasi piranti lunak), rekayasa grafis, rekayasa permesinan, teknik mesin, dan teknik fisika.

Ilmu sosial dan humaniora
Penelitian terkait kajian mendasar dan atau terapan terkait ilmu-ilmu sosial dan humaniora, di antaranya administrasi, ekonomi, sosiologi/antropologi, psikologi/pendidikan, budaya, bahasa, sastra, dan sejarah.

PERSYARATAN PESERTA OPSI
Peserta OPSI ialah siswa yang melaksanakan penelitian dan mengikuti proses seleksi OPSI sesuai dengan hukum OPSI yang berlaku.
1.  warga Negara Indonesia;
2.  Siswa SMA/MA dan sekolah yang sederajat Negeri maupun Swasta kelas X atau XI pada ketika lomba penelitian dilakukan;
3.  Peserta sanggup perorangan atau berkelompok (maksimum dua orang) yang terdiri atas 1 ketua dan 1 anggota
4.  Peserta OPSI pada penelitian yang dilakukan berkelompok harus dari sekolah yang sama;
5.  Setiap penerima hanya boleh terlibat dalam 1 (satu) judul penelitian.
6.  Setiap kelompok/judul penelitian harus mempunyai guru pembimbing yang kompetensinya sesuai dengan bidang yang diteliti;
7.  Peserta memperlihatkan pernyataan bahwa penelitian yang dilakukan belumpernah dilombakan atau pernah dilombakan tetapi belum menerima juara/penghargaan di Tingkat Nasional.

PERSYARATAN PEMBIMBING
Pembimbing ialah guru yang membantu siswa dalam melaksanakan penelitian.
1.  Mengajar di sekolah yang sama dengan penerima yang dibimbingnya;
2.  Membimbing siswa selama masa penelitian pada topik yang sesuai dengan kompetensinya.

PENGIRIMAN NASKAH PROPOSAL DAN LAPORAN PENELITIAN
a. Peserta wajib mengirimkan usulan penelitian secara online ke aciknadzirah.blogspot.com/search?q=pedoman-opsi-sma-tahun-2017" target="_blank">Pedoman Pelaksanaan OSN Sekolah Menengan Atas Tahun 2017 JADWAL (KALENDER OPSI)


Link Download: 


Sumber http://www.arsipguru.web.id