Sunday, October 29, 2017

√ Jaminan Keselamatan Konsumen Di Sektor Wisata Masih Rendah, Tour Operator Wajib Pahami Hal Ini


Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menuturkan bahwa jaminan keselamatan dan kenyamanan konsumen Indonesia di sektor pariwisata masih sangat rendah. Mengingat bahwa Indonesia merupakan negeri tropis dengan kondisi alam yang tidak sanggup ditebak, konsumen dalam hal ini wisatawan butuh sebuah jaminan atas keselamatannya jikalau terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.





 menuturkan bahwa jaminan keselamatan dan kenyamanan √ Jaminan Keselamatan Konsumen di Sektor Wisata Masih Rendah, Tour Operator Wajib Pahami Hal ini
Contoh masalah kecelakaan yang terjadi selama acara wisata berlangsung, mengisyaratkan begitu pentingnya jaminan keselamatan untuk konsumen (Phinemo/Sekar Suwardani).




Penyedia jasa layanan wisata ibarat tour operator mempunyai kewajiban dan tanggungjawab untuk menjaga keselamatan konsumen selama acara wisata berlangsung. Secara garis besar terdapat enam hal yang harus menjadi prioritas bagi tour operator supaya keselamatan konsumen sanggup terjamin dengan baik.





1. Keamanan Umum





Keamanan umum merupakan mekanisme dan sistem yang secara umum sanggup mendapatkan amanah untuk menjaga keamanan dan keselamatan konsumen. Elemen dari keamanan umum mencakup penerangan yang memadai, penyediaan papan petunjuk, pengadaan toilet, dan transportasi yang layak.





2. Kemanan Data Pribadi





Kemanan data pribadi ibarat alamat email, nomor telepon, alamat rumah, serta nama dan status anggota keluaga harus mendapatkan jaminan keamanan dari pihak tour operator. Data pribadi yang jatuh ke tangan orang yang salah sanggup dimanfaatkan untuk kepentingan yang sanggup merugikan konsumen.





3. Perlindungan dari Bencana





Indonesia ialah negara tropis dimana kondisi alam sampai cuaca tidak sanggup dipredisi. Berbagai peristiwa alam berupa peristiwa ibarat tsunami, gempa bumi, angin tornado, dan banjir bandang sanggup tiba kapan saja. Sudah seharusnya tour operator mempunyai mekanisme baku terhadap hal-hal paling jelek yang sanggup menimpa konsumennya.





4. Asuransi





Wajib hukumnya bagi tour operator untuk menawarkan asuransi kepada konsumennya yang akan mengadakan perjalanan wisata ke suatu destinasi wisata tertentu.





5. Informasi yang Akurat dan Andal





Konsumen mempunyai hak untuk mengetahui gosip yang akurat dan jago mengenai langkah serta mekanisme kedaruratan yang perlu dilakukan ketika terjadi hal-hal tidak diinginkan ketika sedang melaksanakan acara wisata.





6. Perlindungan dan Bantuan Hukum





Pihak tour operator ada baiknya menyediakan proteksi dan derma aturan bagi konsumennya untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya banyak sekali duduk kasus aturan yang sanggup saja terjadi.





Bagi anda yang sedang merintis bisnis tour travel bergabunglah bersama kali di Phinemo Marketplace. Kami menyediakan wadah bagi anda untuk mempromosikan semua produk-produk anda secara gratis tanpa pungutan biaya sepeserpun. Tunggu apalagi, daftar kini di link berikut >> Daftar Phinemo Marketplace.



Sumber https://phinemo.com