Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SD Tingkat Nasional Tahun 2017. Pada kesempatan ini, kami ingin membagikan file Pedoman Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SD Tahun 2017 kepada para pengunjung blog arsipeguru.blogspot.com. Semoga file ini bisa bermanfaat dan membantu para guru yang akan mengikuti lomba karya penemuan pembelajaran guru tingkat nasional pada tahun 2017 ini. Anda juga bisa melihat cuplikan isi dari file Pedoman tersebut di bawah ini;
Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SD Tingkat Nasional Tahun 2017
Pendahuluan Undang-Undang Republik Idonesia nomor 20 tahun 2003 wacana Sistem Pendidikan Nasional psal 41 ayat 3 mengamanatkan pemerintah sentra dan tempat wajib memfasilitasi satuan pendidikan dengan pendidik dan tenaga kependidikan yang diharapkan untuk menjamin terselenggaranya pendidikan yang bermutu. Pendidikan yang bermutu yaitu pendidikan yang berfungsi untuk menyiapkan penerima didik semoga sanggup menghadapi tantangan perubahan dalam kehidupan lokal, nasional, dan global melalui pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, dan menyenangkan. Oleh alasannya itu, pendidikan perlu dikembangkan secara berkelanjutan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.
Guru sebagai salah satu subsistem dari sistem pendidikan nasional mempunyai kiprah strategis dalam mempersiapkan penerima didik menjadi anak indonesia yang pintar, terampil, dan berkarakter, Kewajiban guru sesuai peraturan Pemerintah nomor 74 tahun 2008 wacana Guru pasal 52 ayat (2) meliputi acara pokok yaitu merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, membimbing dan melatih penerima didik, serta melaksanakan kiprah tambahan.
Untuk melakanakan tuasnya secara profesional, seorang guru tidak hanya mempunyai kemampuan teknis edukatif, tetapi juga harus mempunyai kepribadian yang sanggup mendapatkan amanah sehingga menjadi sosok panutan bagi penerima didik, keluarga maupun masyarakat. Selaras dengan kebijakan pembangunan yang meletakkan pemgembangan sumber daya insan (SDM) sebagai prioritas pembangunan nasional, maka kedudukan dan kiprah guru semakin bermakna strategis dalam mempersiapkan SDM yang berkualitas dalam menghadapi abad global.
Guru yang profesional mempunyai 4 kompetensi, yaitu kompetensi profesional, pegagogik, kepribadian dan sosial. Untuk kompetensi profesional, seorang guru harus menguasai substansi kompetensi sesuai jenjang pendidikan penerima didik. Pada kompetensi pedagogik seorang guru harus mempunyai kompetensi mengenai cara-cara melaksanakan pembelajaran yang kreatif,inovatif, menarik dan menyenangkan dalam rangka mencapai kompetensi indikator yang telah dirumuskan. Pada kompetensi kepribadian seorang guru harus mempunyai kepribadian yang sanggup menjadi panutan bagi peserat didiknya. Pada kompetensi sosial seorang guru harus mempunyai komunikasi yang baik dengan penerima didik, sesama guru, tenaga kependidikan, orang renta dan masyarakat.
Proses pembelajaran di sekolah merupakan salah satu bab yang terpenting dari pendidikan pada semua jenjang yang perlu ditingkatkan mutunya secara terus menerus. Dalam proses pembelajaran, penerima didik harus memperoleh pengalaman berguru untuk memecahkan permaslahan-permasalahan yang dihadapi. Hal ini penting dilakukan semua pihak khususnya guru dalam upaya membentuk "insan indonesia cerdas, kompetitif, dan berdaya saing tinggi", untuk menghadapi persaingan global. Sejalan dengan hal tersebut guru harus melaksanakan banyak sekali acara pengembangan keprofesionalannya, diantaranya melalui pembelajaran yang inovatif. Untuk mencapai proses pembelajaran yang diinginkan tersebut maka 4 kompetensi gur mutlak dimiliki oleh setiap guru.
Kementerian pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud) melalui Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) berupaya meningkatkan motivasi, dedikasi, loyalitas, dan profesionalisme guru dengan menyelenggarakan Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SD Tingkat Nasional Tahun 2017. Kegiatan ini bertujuan untuk menentukan guru yang mempunyai kemampuan terbaik dalam melaksanakan penemuan pembelajaran, sehingga diharapkan akan besar lengan berkuasa pada peningkatan kinerja guru dan prestasi penerima didik.
Tujuan Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SD Tingkat Nasional Tahun 2017
Tujuan diselenggarakannya Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SD Tingkat Nasional Tahun 2017 yaitu sebagai berikut:
Sasaran
Sasaran acara Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SD Tingkat Nasional Tahun 2017 ialah guru SD di seluruh wilayah NKRI, yang mencakup;
Pengertian Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SD Tingkat Nasional Tahun 2017
Inovasi adalah penemuan hal-hal yang baru/pembaharuan, atau penemuan gres yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya (gagasan, metode atau alat);
Pembelajaran adalah proses interaksi penerima didik dengan pendidik dan sumber berguru pada suatu lingkungan belajar;
Inovasi pembelajaran merupakan sebuah upaya pembaharuan terhadap banyak sekali komponen yang diharapkan dalam penyampaian materi pelajaran dan bisa memecahkan duduk masalah pemelajaran, serta mempunyai imbas positif dan manfaat berkelanjutan.
Lomba Inovasi Pembelajaran yaitu acara bagi guru SD untuk berkompetisi pada tingkat nasional dalalm penyusunan karya inovatif yang bisa memecahkan duduk masalah proses pembelajaran untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil berguru penerima didik.
Ruang Lingkup
Ruang lingkup acara Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SD Tingkat Nasional Tahun 2017 berisi wacana pengalaman pembelajaran terbaik guru SD yang merupakan hasil penemuan /hal-hal baru/pembaharuan dalam model pendekatan, strategi, metode, dan media pembelajaran untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran dan hasil berguru penerima didik. Hasil penemuan dituangkan dalam bentuk naskah yang dikirim dalam jaringan (daring) melalui situs inobels2017@gmail.com
Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SD Tingkat Nasional Tahun 2017 dikelompokkan menjadi 3 bidang, yaitu
1. Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam (MIPA)
2. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Bahasa Indonesia
3. Pendidikan jasmani dan kesehatan, seni budaya dan keterampilan/prakarya, pendidikan agama dan Mulok.
Tema dan isi karya Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SD Tingkat Nasional Tahun 2017
"Inovasi Pembelajaran sebagai Upaya Mewujudkan Indonesia Pintar, Terampil dan Berkarakter". Adapun isi karya lomba penemuan pembelajaran mengacu pada kurikulu yang berlaku di sekolah terkait dengan pendekatan, metode, model, strategi, dan media pembelajaran yang mengacu pada pembelajaran tematik.
Ketentuan Lomba
Persyaratan Peserta Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SD Tingkat Nasional Tahun 2017
Persyaratan Karya
Karya Inovasi Pembelajaran yang diikutkan dalam Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SD Tingkat Nasional Tahun 2017:
Persyaratan Naskah Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SD Tingkat Nasional Tahun 2017:
Naskah diketik mengikuti teknik dan sistematika penulisan yang ditentukan dalam Pedoman Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SD Tingkat Nasional Tahun 2017.
Naskah dikirim melalui pos-el alamat inobels2017@gmail.com dengan format Ms. Word maksimal 15Mb.
Waktu Pelaksanaan Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SD Tingkat Nasional Tahun 2017:
Guru sebagai salah satu subsistem dari sistem pendidikan nasional mempunyai kiprah strategis dalam mempersiapkan penerima didik menjadi anak indonesia yang pintar, terampil, dan berkarakter, Kewajiban guru sesuai peraturan Pemerintah nomor 74 tahun 2008 wacana Guru pasal 52 ayat (2) meliputi acara pokok yaitu merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, membimbing dan melatih penerima didik, serta melaksanakan kiprah tambahan.
Untuk melakanakan tuasnya secara profesional, seorang guru tidak hanya mempunyai kemampuan teknis edukatif, tetapi juga harus mempunyai kepribadian yang sanggup mendapatkan amanah sehingga menjadi sosok panutan bagi penerima didik, keluarga maupun masyarakat. Selaras dengan kebijakan pembangunan yang meletakkan pemgembangan sumber daya insan (SDM) sebagai prioritas pembangunan nasional, maka kedudukan dan kiprah guru semakin bermakna strategis dalam mempersiapkan SDM yang berkualitas dalam menghadapi abad global.
Guru yang profesional mempunyai 4 kompetensi, yaitu kompetensi profesional, pegagogik, kepribadian dan sosial. Untuk kompetensi profesional, seorang guru harus menguasai substansi kompetensi sesuai jenjang pendidikan penerima didik. Pada kompetensi pedagogik seorang guru harus mempunyai kompetensi mengenai cara-cara melaksanakan pembelajaran yang kreatif,inovatif, menarik dan menyenangkan dalam rangka mencapai kompetensi indikator yang telah dirumuskan. Pada kompetensi kepribadian seorang guru harus mempunyai kepribadian yang sanggup menjadi panutan bagi peserat didiknya. Pada kompetensi sosial seorang guru harus mempunyai komunikasi yang baik dengan penerima didik, sesama guru, tenaga kependidikan, orang renta dan masyarakat.
Proses pembelajaran di sekolah merupakan salah satu bab yang terpenting dari pendidikan pada semua jenjang yang perlu ditingkatkan mutunya secara terus menerus. Dalam proses pembelajaran, penerima didik harus memperoleh pengalaman berguru untuk memecahkan permaslahan-permasalahan yang dihadapi. Hal ini penting dilakukan semua pihak khususnya guru dalam upaya membentuk "insan indonesia cerdas, kompetitif, dan berdaya saing tinggi", untuk menghadapi persaingan global. Sejalan dengan hal tersebut guru harus melaksanakan banyak sekali acara pengembangan keprofesionalannya, diantaranya melalui pembelajaran yang inovatif. Untuk mencapai proses pembelajaran yang diinginkan tersebut maka 4 kompetensi gur mutlak dimiliki oleh setiap guru.
Kementerian pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud) melalui Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) berupaya meningkatkan motivasi, dedikasi, loyalitas, dan profesionalisme guru dengan menyelenggarakan Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SD Tingkat Nasional Tahun 2017. Kegiatan ini bertujuan untuk menentukan guru yang mempunyai kemampuan terbaik dalam melaksanakan penemuan pembelajaran, sehingga diharapkan akan besar lengan berkuasa pada peningkatan kinerja guru dan prestasi penerima didik.
Tujuan Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SD Tingkat Nasional Tahun 2017
Tujuan diselenggarakannya Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SD Tingkat Nasional Tahun 2017 yaitu sebagai berikut:
- Menghasilkan karya penemuan pembelajaran bagi guru SD;
- Menampilkan hasil karya penemuan pembelajarannya;
- Mendiseminasikan hasil penemuan pembelajaran kepada teman sejawat;
- Memotivasi guru SD untuk melaksanakan penemuan pembelajaran;
- memotivasi guru dalam berkarier melalui karya penemuan pembelajaran;
- Memberikan penghargaan kepada guru SD yang berprestasi melalui kompetensi penemuan pembelajaran yang sehat, objektif, terbuka, dinamis dan akuntabel.
Sasaran
Sasaran acara Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SD Tingkat Nasional Tahun 2017 ialah guru SD di seluruh wilayah NKRI, yang mencakup;
- Guru kelas yang melaksanakan penemuan di bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA);
- Guru kelas yang melaksanakan penemuan di bidang Ilmu Pengetauan Sosial (IPS) dan Bahasa Indonesia;
- Guru mata pelajaran yang melaksanakan penemuan di bidang Pendidikan Jasmani dan kesehatan, seni budaya, dan keterampilan / Prakarya, Pendidikan Agama, dan Mulok.
Pengertian Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SD Tingkat Nasional Tahun 2017
Inovasi adalah penemuan hal-hal yang baru/pembaharuan, atau penemuan gres yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya (gagasan, metode atau alat);
Pembelajaran adalah proses interaksi penerima didik dengan pendidik dan sumber berguru pada suatu lingkungan belajar;
Inovasi pembelajaran merupakan sebuah upaya pembaharuan terhadap banyak sekali komponen yang diharapkan dalam penyampaian materi pelajaran dan bisa memecahkan duduk masalah pemelajaran, serta mempunyai imbas positif dan manfaat berkelanjutan.
Lomba Inovasi Pembelajaran yaitu acara bagi guru SD untuk berkompetisi pada tingkat nasional dalalm penyusunan karya inovatif yang bisa memecahkan duduk masalah proses pembelajaran untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil berguru penerima didik.
Ruang Lingkup
Ruang lingkup acara Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SD Tingkat Nasional Tahun 2017 berisi wacana pengalaman pembelajaran terbaik guru SD yang merupakan hasil penemuan /hal-hal baru/pembaharuan dalam model pendekatan, strategi, metode, dan media pembelajaran untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran dan hasil berguru penerima didik. Hasil penemuan dituangkan dalam bentuk naskah yang dikirim dalam jaringan (daring) melalui situs inobels2017@gmail.com
Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SD Tingkat Nasional Tahun 2017 dikelompokkan menjadi 3 bidang, yaitu
1. Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam (MIPA)
2. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Bahasa Indonesia
3. Pendidikan jasmani dan kesehatan, seni budaya dan keterampilan/prakarya, pendidikan agama dan Mulok.
Tema dan isi karya Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SD Tingkat Nasional Tahun 2017
"Inovasi Pembelajaran sebagai Upaya Mewujudkan Indonesia Pintar, Terampil dan Berkarakter". Adapun isi karya lomba penemuan pembelajaran mengacu pada kurikulu yang berlaku di sekolah terkait dengan pendekatan, metode, model, strategi, dan media pembelajaran yang mengacu pada pembelajaran tematik.
Ketentuan Lomba
Persyaratan Peserta Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SD Tingkat Nasional Tahun 2017
- Memiliki NUPTK
- Melampirkan surat kiprah mengikuti lomba dari atasan langsung
- Melampirkan biodata (contoh terlampir)
- Melampirkan surat keterangan sehat dari dokter
- Melampirkan surat pernyataan belum pernah menjadi juara 1, 2 atau 3 pada Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SD Tingkat Nasional Tahun 2016
- Melampirkan salinan ijazah terakhir minimal S1/D4
Persyaratan Karya
Karya Inovasi Pembelajaran yang diikutkan dalam Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SD Tingkat Nasional Tahun 2017:
- bersifat individual
- asli hasil penemuan guru
- sudah diimplementasikan dan dievaluasi dalam proses pembelajaran
- belum pernah diikutsertakan atau sedang diikutsertakan dalam lomba sejenis baik secara nasinal maupun internasional
- disahkan oleh atasan pribadi dalam bentuk lembar pengesahan
- jika karya penemuan berupa media/alat peraga pembelajaran, diutamakan memanfaatkan bahan/alat yang gampang didapat, ramah lingkungan, dan berbiaya rendah
- mudah diaplikasi, didiseminasi, dan direplikasi
- merupakan karya maksimal dua tahun terakhir, dan
- tidak memuat unsur p0rn*grafi, serta tidak bertentangan dengan unsur Suku, agama, ras, dan antar golongan (SARA).
Persyaratan Naskah Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SD Tingkat Nasional Tahun 2017:
Naskah diketik mengikuti teknik dan sistematika penulisan yang ditentukan dalam Pedoman Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SD Tingkat Nasional Tahun 2017.
Naskah dikirim melalui pos-el alamat inobels2017@gmail.com dengan format Ms. Word maksimal 15Mb.
Waktu Pelaksanaan Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SD Tingkat Nasional Tahun 2017:
Itulah tadi beberapa cuplikan isi Pedoman Lomba Karya Inovasi Pembelajaran guru SD Tahun 2017. Anda bisa pribadi mend0wnl0ad file aslinya pada link di bawah ini;
Link Download:
sumber: bangsaku.web.id
Sumber http://www.arsipguru.web.id