Download RPP PPKN K13 Kelas XI Semester 2 Terbaru. Setelah pada artikel sebelumnya admin telah mengunggah file RPP PPKN Kelas XI Semester 1 yang memakai kurikulum 2013 atau biasa dikenal dengan sebutan K13, kali ini RPP mata pelajaran PPKN untuk Kelas XI Semester 2 juga akan dibagikan kepada para pengunjung blog ini. Semoga RPP yang dibagikan ini bisa bermanfaat dan membantu para guru dalam penyusunan RPPnya, alasannya yaitu setiap guru yang mengajar di Sekolah Menengan Atas harus memiliki RPP dan perangkat pembelajaran lainnya.
RPP PPKN Kelas XI Semester 2 K13. Pada RPP PPKN KElas XI semester 2 / genap kali ini terdapat sekitar 4 RPP yang dibagi menjadi 4 file. Karena Kelas XI semester 2 akan mendapat 4 bab/materi pembelajaran PPKN, diantaranya yaitu: Menyibak Kasus Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara, Menatap Tantangan Integrasi Nasional, Menelusuri Dinamika Kehidupan Bernegara dalam Konteks Geopolitik Indonesia dan Mencermati Potret Budaya Politik Masyarakat Indonesia.
Berikut ini merupakan beberapa pola sebagian isi dalam RPP PPKN Kelas XI semester 2;
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( R P P )
Satuan Pendidikan : ………
Kelas / Semester : XI / 2
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Bab / Materi : 6 / Menyibak Kasus Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara
Alokasi Waktu : 8 x 45 menit
A. KOMPETENSI INTI:
1. Menghayati dan mengamalkan aliran agama yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan memberikan sikap sebagai kepingan dari solusi atas banyak sekali permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural menurut rasa ingintahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abnormal terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan
B. KOMPETENSI DASAR &
1.3 Menghayati persamaan kedudukan warga negara tanpa membedakan ras, agama dan kepercayaan, gender, golongan, budaya, dan suku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
2.4 Menghayati banyak sekali dampak dan bentuk bahaya terhadap negara dalam mempertahankan Bhinneka Tunggal Ika
3.6 Menganalisis kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban sebagai warga negara
4.6 Menyaji hasil analisis kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban sebagai warga negara
4.10 Berinteraksi dengan sobat dan orang lain menurut prinsip saling menghormati, dan menghargai dalam keberagaman suku, agama, ras, budaya, dan gender
C. INDIKATOR
1.3.1 Menghormati perbedaan ras, agama, budaya dan suku dalam kehidupan bermasyarakat
1.3.2 Menunjukkan sikap toleransi antar umat beragama
2.4.1 Memahami segala bentuk Ancaman terhadap negara dalam mempertahankan Bhinneka Tunggal Ika
3.6.1 Memahami hakikat hak dan kewajiban warga negara
3.6.2 Menganalisis kasus pelanggaran hak warga negara
4.6.1 Menganalisis kasus pelanggaran kewajiban sebagai warga negara
4.6.2 Menyaji hasil analisis kasus pelanggaran hak warga negara
4.6.3 Menyaji hasil analisis kasus pengingkaran kewajiban sebagai warga negara
4.10.1 Menyaji bentuk partisipasi kewarganegaraan yang mencerminkan kesepakatan terhadap keutuhan nasional
D. MATERI PEMBELAJARAN
Materi pelajaran PPKn Bab 6 yaitu Menyibak kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dengan sub kepingan sebagai berikut:
a. Hakikat hak dan kewajiban warga negara
b. Kasus pelanggaran hak pengingkaran kewajiban warga negara
E. ALAT/ MEDIA/ BAHAN/SUMBER BELAJAR
Alat / Media
1. LCD Proyektor,
2. Dokumentasi acara yang bekerjasama dengan materi
3. Video yang berkaitan dengan
Sumber Belajar
1) Buku Peserta Didik dan Buku Guru PPKn
2) Buku rujukan lain yang relevan.
3) Internet.
F. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama (2x45 menit)
Pendahuluan:
1) mempersiapkan kelas biar lebih aman untuk proses berguru mengajar, kerapian dan kebersihan ruang kelas, membaca doa dan membaca ayat suci alqur’an, menyiapkan media dan alat serta buku yang diharapkan
2) memberikan topik wacana “Hakikat hak dan kewajiban ”. Namun sebelum mengkaji lebih lanjut wacana topik itu, terkait dengan sikap sosial, secara khusus guru mengadakan sesi perkenalan. diusahakan masing-masing akseptor didik sanggup tampil untuk memperkenalkan diri, terakhir guru memperkenalkan diri.
3) menegaskan kembali wacana topik dan memberikan kompetensi yang akandicapai
Inti:
Mengamati
Peserta didik diminta untuk mengamati gambar 6.1 Contoh perwujudan hak dan kewajiban warga negara
Menanya(Questioning)
a. Peserta didik diberi motivasi untuk mengajukan pertanyan lanjutan dari apa yang sudah mereka baca atau amati.
b. Menjawab pertanyaan yang diajukan oleh akseptor didik atau akseptor didik diberi kesempatan untuk menjawab
Pengumpulan Data (Experimenting)
Peserta didik dianjurkan untuk memakai sumber lain yang relevan dari internet dalam mengerjakan kiprah berdikari yaitu mengelompokan hak warga Negara kedalam beberapa kategori dan mengidentifikasi kewajiban warga Negara yang diatur dalam Undang-Undang Dasar NRI Tahun 1945.
Mengasosiasi(Associating)
a. Peserta didik mengkaji isi Undang-Undang Dasar NRI Tahun 1945 lalu mengisi kiprah berdikari yaitu mengelompokkan hak warga Negara ke dalam beberapa kategori dan mengidentifikasi kewajiban warga Negara yang diatur dalam Undang-Undang Dasar NRI Tahun 1945
b. Menyimpulkan keterkaitan antara hak dan kewajiban warga Negara sebagaimana yang diatur dalam Undang-Undang Dasar NRI Tahun 1945
Mengkomunikasikan(Communicating)
Secara acak meminta akseptor didik untuk melaporkan hasil tugasnya dan akseptor didik lainnya diminta untuk menanggapi hasil pekerjaa tersebut.
Memberikan penjelasan dan penguatan hasil pekerjaa akseptor didik.
Penutup:
1. Peserta didik diberikan ulasan singkat wacana acara pembelajaran dan hasil belajaranya.
2. Peserta didik sanggup ditanya apakah sudah memahami materi
3. Menananamkan kesadaran berkonstitusi wacana pentingnya warga Negara mencapai keseimbangan hak dan kewajiban dan diakhiri dengan ucapan syukur kepada Tuhan alasannya yaitu pembelajaran sanggup berjalan dengan baik dan lancar
.................. selengkapnya bisa d0wnl0ad file aslinya.
Itulah tadi beberapa cuplikan dari isi RPP PPKN Kelas XI Semester 2 / genap yang bisa Anda d0wnl0ad pada link dibawah ini:
Satuan Pendidikan : ………
Kelas / Semester : XI / 2
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Bab / Materi : 6 / Menyibak Kasus Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara
Alokasi Waktu : 8 x 45 menit
A. KOMPETENSI INTI:
1. Menghayati dan mengamalkan aliran agama yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan memberikan sikap sebagai kepingan dari solusi atas banyak sekali permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural menurut rasa ingintahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abnormal terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan
B. KOMPETENSI DASAR &
1.3 Menghayati persamaan kedudukan warga negara tanpa membedakan ras, agama dan kepercayaan, gender, golongan, budaya, dan suku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
2.4 Menghayati banyak sekali dampak dan bentuk bahaya terhadap negara dalam mempertahankan Bhinneka Tunggal Ika
3.6 Menganalisis kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban sebagai warga negara
4.6 Menyaji hasil analisis kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban sebagai warga negara
4.10 Berinteraksi dengan sobat dan orang lain menurut prinsip saling menghormati, dan menghargai dalam keberagaman suku, agama, ras, budaya, dan gender
C. INDIKATOR
1.3.1 Menghormati perbedaan ras, agama, budaya dan suku dalam kehidupan bermasyarakat
1.3.2 Menunjukkan sikap toleransi antar umat beragama
2.4.1 Memahami segala bentuk Ancaman terhadap negara dalam mempertahankan Bhinneka Tunggal Ika
3.6.1 Memahami hakikat hak dan kewajiban warga negara
3.6.2 Menganalisis kasus pelanggaran hak warga negara
4.6.1 Menganalisis kasus pelanggaran kewajiban sebagai warga negara
4.6.2 Menyaji hasil analisis kasus pelanggaran hak warga negara
4.6.3 Menyaji hasil analisis kasus pengingkaran kewajiban sebagai warga negara
4.10.1 Menyaji bentuk partisipasi kewarganegaraan yang mencerminkan kesepakatan terhadap keutuhan nasional
D. MATERI PEMBELAJARAN
Materi pelajaran PPKn Bab 6 yaitu Menyibak kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dengan sub kepingan sebagai berikut:
a. Hakikat hak dan kewajiban warga negara
b. Kasus pelanggaran hak pengingkaran kewajiban warga negara
E. ALAT/ MEDIA/ BAHAN/SUMBER BELAJAR
Alat / Media
1. LCD Proyektor,
2. Dokumentasi acara yang bekerjasama dengan materi
3. Video yang berkaitan dengan
Sumber Belajar
1) Buku Peserta Didik dan Buku Guru PPKn
2) Buku rujukan lain yang relevan.
3) Internet.
F. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama (2x45 menit)
Pendahuluan:
1) mempersiapkan kelas biar lebih aman untuk proses berguru mengajar, kerapian dan kebersihan ruang kelas, membaca doa dan membaca ayat suci alqur’an, menyiapkan media dan alat serta buku yang diharapkan
2) memberikan topik wacana “Hakikat hak dan kewajiban ”. Namun sebelum mengkaji lebih lanjut wacana topik itu, terkait dengan sikap sosial, secara khusus guru mengadakan sesi perkenalan. diusahakan masing-masing akseptor didik sanggup tampil untuk memperkenalkan diri, terakhir guru memperkenalkan diri.
3) menegaskan kembali wacana topik dan memberikan kompetensi yang akandicapai
Inti:
Mengamati
Peserta didik diminta untuk mengamati gambar 6.1 Contoh perwujudan hak dan kewajiban warga negara
Menanya(Questioning)
a. Peserta didik diberi motivasi untuk mengajukan pertanyan lanjutan dari apa yang sudah mereka baca atau amati.
b. Menjawab pertanyaan yang diajukan oleh akseptor didik atau akseptor didik diberi kesempatan untuk menjawab
Pengumpulan Data (Experimenting)
Peserta didik dianjurkan untuk memakai sumber lain yang relevan dari internet dalam mengerjakan kiprah berdikari yaitu mengelompokan hak warga Negara kedalam beberapa kategori dan mengidentifikasi kewajiban warga Negara yang diatur dalam Undang-Undang Dasar NRI Tahun 1945.
Mengasosiasi(Associating)
a. Peserta didik mengkaji isi Undang-Undang Dasar NRI Tahun 1945 lalu mengisi kiprah berdikari yaitu mengelompokkan hak warga Negara ke dalam beberapa kategori dan mengidentifikasi kewajiban warga Negara yang diatur dalam Undang-Undang Dasar NRI Tahun 1945
b. Menyimpulkan keterkaitan antara hak dan kewajiban warga Negara sebagaimana yang diatur dalam Undang-Undang Dasar NRI Tahun 1945
Mengkomunikasikan(Communicating)
Secara acak meminta akseptor didik untuk melaporkan hasil tugasnya dan akseptor didik lainnya diminta untuk menanggapi hasil pekerjaa tersebut.
Memberikan penjelasan dan penguatan hasil pekerjaa akseptor didik.
Penutup:
1. Peserta didik diberikan ulasan singkat wacana acara pembelajaran dan hasil belajaranya.
2. Peserta didik sanggup ditanya apakah sudah memahami materi
3. Menananamkan kesadaran berkonstitusi wacana pentingnya warga Negara mencapai keseimbangan hak dan kewajiban dan diakhiri dengan ucapan syukur kepada Tuhan alasannya yaitu pembelajaran sanggup berjalan dengan baik dan lancar
Baca Juga: Download RPP PPKN Kelas XI Semester 1G. PENILAIAN
.................. selengkapnya bisa d0wnl0ad file aslinya.
Itulah tadi beberapa cuplikan dari isi RPP PPKN Kelas XI Semester 2 / genap yang bisa Anda d0wnl0ad pada link dibawah ini:
Link Download:
Sumber http://www.arsipguru.web.id