Tuesday, October 24, 2017

√ Silabus Bahasa Inggris Sma X, Xi, Xii K13 Revisi Terbaru 2018/2019

Silabus Bahasa Inggris Sekolah Menengan Atas X, XI, XII K13 Revisi Terbaru 2018/2019. Bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional yang harus dikuasai oleh Peserta didik tingkat SMA. Mata pelajaran bahasa inggris sangatlah penting bagi siswa yang menginginkan beasiswa ke luar negeri atau kuliah di luar negeri. Guru yang mengajar bahasa Inggris juga diberikan tanggung jawab untuk menciptakan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Silabus ini sanggup dipakai sebagai pedoman dalam pembuatan RPP bagi guru-guru bahasa Inggris di seluruh tanah air Indonesia. Anda bisa mend0wnl0ad file Silabus Bahasa Inggris Sekolah Menengan Atas Kelas X, XI dan XII Revisi Terbaru Tahun anutan 2018/2019 pada link paling bawah artikel ini. 
 Bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional yang harus dikuasai oleh Peserta didik ting √ Silabus Bahasa Inggris Sekolah Menengan Atas X, XI, XII K13 Revisi Terbaru 2018/2019
Download Silabus Bahasa Inggris Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 Revisi Terbaru. Kegiatan Pembelajaran pada silabus dapat diadaptasi dan diperkaya dengan konteks tempat atau sekolah, serta konteks global untuk mencapai kualitas optimal hasil berguru pada akseptor didik. Tujuan kontekstualisasi pembelajaran ini yaitu semoga akseptor didik tetap berada pada budayanya, mengenal dan mengasihi alam dan sosial di sekitarnya, dengan perspektif global sekaligus menjadi pewaris bangsa sehingga akan menjadi generasi tangguh dan berbudaya Indonesia.

Berikut ini yaitu sebagian cuplikan pengantar dari file silabus Bahasa Inggris Sekolah Menengan Atas kelas X, XI dan XII Kurikulum 2013.

I. PENDAHULUAN
A.Rasional

Bagi akseptor didik SMA/MA/SMK/MAK di Indonesia, berguru bahasa Inggris bukan pengalaman pertama, tetapi kelanjutan dari yang sudah didapat di SMP. Dengan demikian kurikulum Bahasa Inggris Sekolah Menengan Atas merupakan kelanjutan dari kurikulum Bahasa Inggris di SMP.Pada tahap ini, aspek bahasa ibarat perbendaharaan kata, pengucapan, tekanan kata, tata bahasa dan aspek lainnya merupakan hal yang mungkin tidak gampang untuk dipelajari sebab bahasa Inggris mempunyai perbedaan dalam banyak aspek dari bahasa ibu akseptor didik.

Pengajaran bahasa ditingkat SMA/MA/SMK/MAK, ibarat di Sekolah Menengah Pertama masih berfokus pada peningkatan kompetensi akseptor didik untuk bisa memakai bahasa tersebut untuk mencapai tujuan komunikasi dalam banyak sekali konteks, baik ekspresi maupun tulis dengan kompleksitas yang lebih tinggi dari bahan yang dipelajari di SMP, dengan memakai pendekatan yang sama, yaitu pendekatan berbasis teks. Pembelajaran ini yaitu pembelajaran yang mengacu pada fungsi bahasa dan penggunaannya, yang merupakan satu kesatuan makna baik ekspresi maupun tulis. Adapun yang dimaksud dengan teks yaitu kesatuan makna yang sanggup terdiri atas satu kata ibarat kata ‘stop’ di pinggir jalan, satu frase ‘no smoking’, satu kalimat berupa pengumuman hingga satu buku. Dengan demikian, pembelajaran berbasis genre sangat relevan untuk diterapkan.

Dengan didasarkan pada pengajaran berbasis teks, silabus ini menekankan pada peningkatan kemampuan akseptor didik untuk memakai bahasa Inggris dalam banyak sekali jenis teks. Teks dipelajari bukan sebagai sasaran akhir, tetapi sebagai alat untuk melaksanakan banyak sekali kegiatan dalam kehidupan nyata. Pada tingkat menengah ini, bahan didik terdiri atas teks-teks sederhana.

Merujuk pada rumusan Kompetensi Inti untuk SMA/MA/SMK/MAK, pembelajaran dirancang untuk memperlihatkan pengalaman dalam memakai teks-teks berbahasa Inggris untuk memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural terkait fenomena dan bencana tampak mata, melalui kegiatan berbicara, menyimak, membaca, dan menulis dalam ranah konkret dan abstrak. Penggunaan teks juga bertujuan untuk menumbuhkan sikap menghargai dan menghayati nilai-nilai agama dan sosial, termasuk sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

Pembelajaran bahasa Inggris berbasis teks mendukung pembelajaran pada mata pelajaran lain dalam kurikulum. Misalnya, pembelajaran teks explanation dan eksposisi, akan membantu akseptor didik memperluas wawasan keilmuannya perihal bahan mata pelajaran lain dalam skala internasional. Pembelajaran teks deskriptif akan menumbuhkan kemampuan akseptor didik antara lain pada mata pelajaran Seni Budaya untuk mempromosikan wisata di Indonesia.

Silabus mata pelajaran ini disusun dengan format dan penyajian/penulisan yang sederhana sehingga gampang dipahami dan dilaksanakan oleh guru. Penyederhanaan format dimaksudkan semoga penyajiannya lebih efisien, tidak terlalu banyak halaman namun lingkup dan substansinya tidak berkurang, serta tetap mempertimbangkan tata urutan (sequence) bahan dan kompetensinya. Penyusunan silabus ini dilakukan dengan prinsip keselarasan antara ide, desain, dan pelaksanaan kurikulum; gampang diajarkan oleh guru (teachable); gampang dipelajari oleh akseptor didik (learnable); terukur pencapainnya (measurable); dan bermakna untuk dipelajari (worth to learn) sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan akseptor didik.
Silabus ini bersifat fleksibel, kontekstual, dan memperlihatkan kesempatan kepada guru untuk menyebarkan dan melaksanakan pembelajaran, serta mengakomodasi keungulan-keunggulan lokal. Atas dasar prinsip tersebut, komponen silabus meliputi kompetensi dasar, bahan pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran. Uraian pembelajaran yang terdapat dalam silabus merupakan alternatif kegiatan yang dirancang berbasis aktivitas. Pembelajaran tersebut merupakan alternatif dan inspiratif sehingga guru sanggup menyebarkan banyak sekali model yang sesuai dengan karakteristik masing-masing mata pelajaran. Dalam melaksanakan silabus ini guru dibutuhkan kreatif dalam pengembangan materi, pengelolaan proses pembelajaran, penggunaan metode dan model pembelajaran, yang diadaptasi dengan situasi dan kondisi masyarakat serta tingkat perkembangan kemampuan akseptor didik.

B.Kompetensi Setelah Mempelajari Bahasa Inggris di Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah

Secara umum kompetensi Bahasa Inggris Umum di SMA/MA dan SMK/MAK yaitu kemampuan berkomunikasi dalam tiga jenis teks, (1) interpersonal, (2) transaksional, dan (3) fungsional, secara ekspresi dan tulis, pada tataran literasi informasional, untuk melaksanakan fungsi sosial, dalam konteks kehidupan personal, sosial budaya, akademik, dan profesi, dengan memakai banyak sekali bentuk teks, dengan struktur yang berterima secara koheren dan kohesif serta unsur-unsur kebahasaan secara tepat. Berikut ruang lingkup kompetensi dan bahan Bahasa Inggris Umum di SMA/MA dan SMK/MAK.

C.Kompetensi Setelah Mempelajari Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah/Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan

Mata pelajaran Bahasa Inggris untuk jenjang pendidikan SMA/MA/SMK/MAK bertujuan menyebarkan potensi akseptor didik semoga mempunyai kompetensi komunikatif dalam teks interpersonal, transaksional, dan fungsional, dengan memakai banyak sekali teks berbahasa Inggris ekspresi dan tulis. Melalui penggunaan teks-teks tersebut, akseptor didik dibimbing untuk memakai pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural, serta menanamkan nilai-nilai luhur aksara bangsa, dalam konteks kehidupan di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.

Secara khusus, lulusan SMA/MA/SMK/MAK dibutuhkan mampu:
Menunjukkan sikap berbahasa Inggris yang mencerminkan sikap orang beriman, berperilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan memperlihatkan sikap sebagai kepingan dari solusi atas banyak sekali permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
Memiliki pengetahuan faktual, konseptual,prosedural, dan metakognitif perihal fungsi sosial, struktur makna (urutan makna atau yang kita kenal dengan struktur teks),dan unsur kebahasaan banyak sekali teks berbahasa Inggris yang berpotensi menyebarkan wawasan kemanusiaan,kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah.
Memiliki keterampilan mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abnormal terkait dengan penggunaan banyak sekali teks dalam bahasa Inggris yang dipelajari di sekolah secara berdikari serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan bisa memakai metoda sesuai kaidah bahasa Inggris.

............................... untuk lebih jelasnya silahkan d0wnl0ad filenya...
Itulah tadi cuplikan isi dari file Silabus Bahasa Inggris Sekolah Menengan Atas Revisi Terbaru. Pengantar dari silabus yang menjelaskan mengenai kompetensi inti dan dasar tersebut diambil pribadi dari file Silabus. Langsung saja d0wnl0ad filenya pada link dibawah ini. 

Download Link:

Sumber http://www.arsipguru.web.id