Tuesday, October 24, 2017

√ Silabus Matematika Sma X, Xi, Xii K13 Revisi Terbaru 2018/2019

Silabus Matematika Sekolah Menengan Atas X, XI, XII K13 Revisi Terbaru 2018/2019. Selamat malam, salam sejahtera bagi para guru di seluruh Indonesia. Setelah pada artikel sebelum-sebelumnya admin telah membagikan beberapa RPP dan Silabus, kali ini admin akan membagikan Silabus mata Pelajaran Matematika untuk jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) untuk Kelas X, XI dan XII. Silabus ini diperoleh dari kegiatan workshop revisi terbaru 2018/2019 kurikulum 2013 terbaru. Silabus ini sanggup dijadikan sebagai panduan dalam pembuatan RPP. Semoga Silabus ini sanggup membantu para Guru-Guru yang sedang membuat rencana pembelajarannya. Silahkan Download Silabus Matemarika untuk Sekolah Menengan Atas kelas X, XI dan XII ini pada link paling bawah halaman ini. 

Download Silabus Matematika Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 Revisi Terbaru 2018/2019. Kegiatan pembelajaran pada silabus ini sanggup diperkaya sesuai dengan sumber daya yang ada di daerah/sekolah dan penerima didik. Didalam proses mencar ilmu mengajar, penerima didik haruslah mempunyai tugas terpenting. Selain dituntut sanggup menguasai pelajaran dengan baik, penerima didik juga harus menikmati proses pembelajaran. Upaya untuk membuat pembelajaran yang optimal, tentulah harus dimulai dari guru, oleh alasannya yakni itu perlu dituntut kreativitas seorang guru dan menuntut guru untuk terus mencar ilmu dan belajar. Dalam pelajaran matematika alangkah baiknya penerima didik diajak untuk mengobservasi lingkungan sekitar yang berafiliasi dengan pelajaran yang akan dibahas. Hal ini selain untuk melatih cara berpikir penerima didik, juga berfungsi untuk membuat penerima didik lebih berminat terhadap pelajaran yang diikuti. Peserta didik juga akan tidak bosan mengikuti pelajaran alasannya yakni akan melibatkan acara fisik, bukan hanya mendengarkan dan memperhatikan apa yang diterangkan oleh guru

Berikut ini yakni sebagian cuplikan isi dari file silabus Matematika Sekolah Menengan Atas kelas X, XI dan XII Kurikulum 2013.

I. PENDAHULUAN

A.Rasional

Tema pengembangan Kurikulum 2013 yakni kurikulum yang sanggup menghasilkan manusia Indonesia yang produktif, kreatif, inovatif, melalui penguatan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang terintegrasi dalam rangka mewujudkan manusia Indonesia yang produktif, kreatif, dan inovatif. Oleh alasannya yakni itu proses pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi penerima didik untuk berpartisipasi aktif, serta memperlihatkan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis penerima didik.
Secara umum, pembelajaran matematika bertujuan biar penerima didik mempunyai kecakapan atau kemahiran matematika. Kecakapan atau kemahiran matematika merupakan bab dari kecakapan hidup yang harus dimiliki penerima didik terutama dalam pengembangan penalaran, komunikasi, dan pemecahan duduk kasus (problem solving) yang dihadapi dalam kehidupan penerima didik sehari-hari. Matematika selalu dipakai dalam segala segi kehidupan.
Semua bidang studi memerlukan keterampilan matematika yang sesuai, merupakan sarana komunikasi yang logis, singkat dan jelas, sanggup dipakai untuk menyajikan informasi dalam banyak sekali cara, meningkatkan kemampuan berpikir logis, ketelitian dan kesadaran keruangan, memperlihatkan kepuasan terhadap perjuangan memecahkan duduk kasus yang menantang, berbagi kreativitas, dan sarana untuk meningkatkan kesadaran terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Pembelajaran matematika di SMA/MA/SMK/MAK diarahkan untuk mendorong penerima didik mencari tahu dari banyak sekali sumber, bisa merumuskan duduk kasus bukan hanya menuntaskan duduk kasus sederhana dalam kehidupan sehari-hari. Disamping itu, pembelajaran diarahkan untuk melatih penerima didik berpikir logis dan kreatif bukan sekedar berpikir mekanistis serta bisa bekerja sama dan berkolaborasi dalam menuntaskan masalah.

Pembelajaran matematika dilakukan dalam rangka mencapai kompetensi perilaku spiritual, perilaku sosial, pengetahuan, dan keterampilan. Pengembangan kompetensi perilaku spiritual dan perilaku sosial dilaksanakan melalui kegiatan pembelajaran tidak pribadi (Indirect Teaching).

Silabus mata pelajaran Matematika SMA/MA/SMK/MAK disusun dengan format dan penyajian/penulisan yang sederhana sehingga gampang dipahami dan dilaksanakan oleh guru. Penyederhanaan format dimaksudkan biar penyajiannya lebih efisien, tidak terlalu banyak halaman namun lingkup dan substansinya tidak berkurang, serta tetap mempertimbangkan tata urutan (sequence) bahan dan kompetensinya. Penyusunan silabus ini dilakukan dengan prinsip keselarasan antara ide, desain, dan pelaksanaan kurikulum; gampang diajarkan oleh guru (teachable); gampang dipelajari oleh penerima didik (learnable); terukur pencapainnya (measurable); dan bermakna untuk dipelajari (worth to learn) sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan penerima didik.

Silabus ini bersifat fleksibel, kontekstual, dan memperlihatkan kesempatan kepada guru untuk berbagi dan melaksanakan pembelajaran, serta mengakomodasi keungulan-keunggulan lokal. Atas dasar prinsip tersebut, komponen silabus meliputi kompetensi dasar, bahan pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran. Uraian pembelajaran yang terdapat dalam silabus merupakan alternatif kegiatan yang dirancang berbasis aktivitas. Pembelajaran tersebut merupakan alternatif dan inspiratif sehingga guru sanggup berbagi banyak sekali model yang sesuai dengan karakteristik masing-masing mata pelajaran. Dalam melaksanakan silabus ini guru dibutuhkan kreatif dalam pengembangan materi, pengelolaan proses pembelajaran, penggunaan metode dan model pembelajaran, yang diadaptasi dengan situasi dan kondisi masyarakat serta tingkat perkembangan kemampuan penerima didik.

B.Kompetensi Setelah Mempelajari Matematika di Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah

Pendidikan matematika di sekolah dibutuhkan memperlihatkan bantuan dalam mendukung pencapaian kompetensi lulusan pendidikan dasar dan menengah melalui pengalaman belajar, biar mampu:
1.memahami konsep dan menerapkan mekanisme matematika dalam kehidupan sehari-hari,
2.membuat generalisasi menurut pola, fakta, fenomena, atau data yang ada,
3.melakukan operasi matematika untuk penyederhanaan, dan analisis komponen yang ada,
4.melakukan kebijaksanaan sehat matematis yang meliputi membuat dugaan dan memverifikasinya
5.memecahkan duduk kasus dan mengomunikasikan gagasan melalui simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah,
6.menumbuhkan perilaku nyata menyerupai perilaku logis, kritis, cermat, teliti, dan tidak gampang mengalah dalam memecahkan masalah.

Pengembangan kurikulum Matematika ke depan diarahkan untuk meningkatkan kecakapan hidup (life skill), terutama dalam membangun kreativitas, kemampuan berpikir kritis, berkolaborasi atau bekerjasama dan keterampilan berkomunikasi. Selain itu, pengembangan kurikulum matematika juga menekankan kemahiran atau keterampilan memakai perangkat teknologi untuk melaksanakan perhitungan teknis (komputasi) dan penyajian dalam bentuk gambar dan grafik (visualisasi), yang penting untuk mendukung keterampilan lainnya yang bersifat keterampilan lintas disiplin ilmu dan keterampilan yang bersifat nonkognitif serta pengembangan nilai, norma dan adat (soft skill).

............... untuk lebih terang dan lengkapnya silahkan lansung d0wnl0ad saja... 
Itulah tadi cuplikan isi dari file Silabus Matematika Sekolah Menengan Atas kelas X, XI, dan XI Kurikulum 2013 Revisi Terbaru. Semoga File yang Anda d0wnl0ad tersebut sanggup bermanfaat bagi para guru yang membutuhkannya. Silahkan d0wnl0ad pada link dibawah ini. 

Link Download: 

Sumber http://www.arsipguru.web.id