Friday, December 15, 2017

√ Siklus Acara Pengawasan



Siklus Kegiatan Pengawasan – AsikBelajar.Com.  Salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang pengawas sekolah ialah Kompetensi Supervisi Manajerial. Pengawas sekolah ialah tenaga kependidikan profesional yang berfungsi sebagai unsur pelaksana supervisi pendidikan yang meliputi supervisi akademik dan supervisi manajerial. Supervisi akademik terkait dengan kiprah training guru dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Supervisi manajerial terkait dengan kiprah training kepala sekolah dan tenaga kependidikan lainnya dalam aspek pengelolaan dan manajemen sekolah.


Ragam aktivitas dalam rangka pelaksanaan kiprah pokok dan fungsi pengawas sekolah  meliputi:



  1. Pelaksanaan analisis kebutuhan.

  2. Penyusunan agenda kerja pengawasan sekolah.

  3. Penilaian kinerja kepala sekolah, kinerja guru, dan kinerja tenaga kependidikan lain (TU, Laboran, dan pustakawan).

  4. Pembinaan kepala sekolah, guru, dan tenaga kependidikan lain.

  5. Pemantauan aktivitas sekolah serta sumber daya pendidikan yang meliputi sarana belajar, prasarana pendidikan, biaya, dan lingkungan sekolah.

  6. Pengolahan dan analisis data hasil penilaian, pemantauan, dan pembinaan.

  7. Evaluasi proses dan hasil pengawasan.

  8. Penyusunan laporan hasil pengawasan.

  9. Tindak lanjut hasil pengawasan untuk pengawasan berikutnya.



 Salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang pengawas sekolah ialah Kompetensi √ Siklus Kegiatan Pengawasan


Kegiatan-kegiatan tersebut dilaksanakan dalam suatu siklus secara periodik yang sanggup digambarkan dalam skema berikut ini.


Kegiatan pengawasan sekolah diawali dengan penyusunan agenda kerja yang dilandasi oleh hasil pengawasan pada tahun sebelumnya. Dengan berpedoman pada agenda kerja yang disusun, dilaksanakan aktivitas inti pengawasan meliputi penilaian, pembinaan, dan pemantauan pada setiap komponen sistem pendidikan di sekolah binaannya. Pada tahap berikutnya dilakukan pengolahan dan analisis data hasil penilaian, pembinaan, dan pemantauan dilanjutkan dengan penilaian hasil pengawasan dari setiap sekolah dan dari semua sekolah binaan. Berdasarkan hasil analisis data, disusun laporan hasil pengawasan yang menggambarkan sejauh mana keberhasilan kiprah pengawas dalam meningkatkan kualitas proses dan hasil pendidikan di sekolah binaannya. Sebagai tahap tamat dari satu siklus aktivitas pengawasan sekolah ialah tetapkan tindak lanjut untuk agenda pengawasan tahun berikutnya. Tindak lanjut pengawasan diperoleh menurut hasil penilaian komprehensif terhadap seluruh aktivitas pengawasan dalam satu periode.



Sumber https://www.asikbelajar.com