Dalam sebuah bisnis, pemasaran yakni faktor penting yang menjadi penentu kesuksesan. Pemasaran yang baik harusnya meningkatkan neraca penjualan produk oleh konsumen. Selanjutnya akan menunjukkan dampak berupa laba yang besar kepada pelaku bisanis. Analogi sederhana, semakin sukses pemasaran maka semakin besar laba yang didapat.
Memasarkan produk membutuhkan biaya yang tidak sedikit, sebab akan melibatkan taktik promosi untuk memikat konsumen. Namun untuk menghemat anggaran, pemasaran sanggup dilakukan secara mandiri. Selain itu, dengan memasarkan produk secara berdikari sanggup menunjukkan pengetahuan perihal bagaimana tingkat persepsi pasar dan konsumen terhadap produk. Berikut disajikan tujuh cara paling efektif untuk memasarkan produk tour travel secara mandiri.
1. Manfaatkan Media Sosial
Era digital menyerupai kini ini, acara masyarakat di dunia maya meningkat drastis. Hal ini sanggup dipakai sebagai peluang untuk melaksanakan promosi produk yang bisnis anda miliki. Cukup dengan memakai foto yang di unggah di sosial media seperti facebook dan Instagram menjadi cara yang ampuh untuk menciptakan produk dikenal.
Jika diharapkan gunakan jasa selebgram untuk memperluas jangkauan promosi sehingga produk dikenal oleh banyak kalangan. Pilih foto yang mempunyai resolusi tinggi dengan sudut pandang yang tepat. Jangan lupa tambahkan caption dan hashtag yang menarik untuk memikat konsumen.
2. Menjadi Sponsor
Selain online, memasarkan produk secara offline juga sama pentingnya. Untuk memperkenalkan produk yang anda jual secara offline sanggup dilakukan dengan menjad sponsor suatu program menyerupai seminar, workshop, atau hiburan. Dengan menampilkan logo bisnis, bukan hanya produk yang dikenal tapi juga bisnis anda.
3. Berikan Insentif untuk Setiap Rekomendasi
91% konsumen lebih mempercayai produk yang direkomendasikan oleh temannya. Hal ini sanggup dimanfaatkan sebagai peluang untuk meningkatkan pemasaran. Ajak konsumen yang telah membeli produk anda untuk merekomendasikan kepada sahabat lainnya, bila berhasil berikan imbalan berupa diskon khusus, voucher, atau sejumlah uang. Selain itu, cara ini juga cukup efektif untuk menjalin loyalitas dengan konsumen.
4. Gunakan Souvenir Promosi
Dalam gelaran acara-acara tertentu menyerupai car free day atau peringatan, anda sanggup membagikan barang-barang menyerupai kaos, topi, atau souvenir lainnya yang berisi logo bisnis secara gratis kepada pengunjung yang datang. Sehingga ketika souvenir tersebut dipakai akan mengingatkan orang lain disekitarnya akan produk dan bisnis anda.
5. Mengembangkan Membership
Mengembangkan membership akan mendorong konsumen untuk melaksanakan repeat order. Cara ini menjadi salah satu cara untuk memperluas skala pasar. Berikan harga khusus bagi konsumen yang sudah terdaftar sebagai member sehingga konsumen semakin setia dengan anda.
Sumber https://phinemo.com