Pengertian Evaluasi Keberhasilan Kepala Sekolah – AsikBelajar.Com.
Definisi Evaluasi Keberhasilan Kepala Sekolah ini dalam konteks atau
kaitannya Evaluasi Program Supervisi.
Evaluasi keberhasilan
kepala sekolah yaitu tunjangan estimasi (penafsiran) terhadap
keberhasilan yang dicapai oleh kepala sekolah dalam melaksanakan
tugas-tugasnya sebagai eksekutif dan supervisor. keberhasilan kepala
sekolah merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting dan merupakan
salah satu indikator yang diketahui dalam rangka menawarkan estimasi
terhadap keberhasilan kegiatan supervisi pendidikan.
Baca Juga: Tugas/Fungsi dan Tanggung Jawab Kepala Sekolah dalam Pelaksanaan Supervisi di Sekolah [Klik Disini]
Kepala sekolah sebagai supervisor harus diwujudkan dalam kemampuan penyusun dan melakukan kegiatan supervisi pendidikan serta memanfaatkan hasilnya. Kemampuan menyusun kegiatan supervisi pendidikan harus diwujudkan dalam penyusunan kegiatan supervisi kelas, pengembangan kegiatan supervisi untuk kegiatan ekstra kurikuler, pengembangan kegiatan supervisi perpustakaan, laboratorium, dan ujian. Kemampuan melakukan kegiatan supervisi pendidikan harus diwujudkan dalam pelaksanaan kegiatan supervisi klinis, kegiatan supervisi nonklinis dan kegiatan supervisi kegiatan ekstrakurikuler. Sedangkan kemampuan memanfaatkan hasil supervisi pendidikan harus diwujudkan dala pemanfaatan hasil supervisi untuk meningkatkan kinerja tenaga kependidikan, dan pemanfaatan hasil supervisi untuk membuatkan sekolah.
Kepala sekolah dalam kedudukannya sebagai supervisor berkewajiban membina para guru supaya menjadi pendidik dan pengajar yang baik. Bagi guru yang sudah baik supaya sanggup dipertahankan kualiasnya dan bagi guru yang belum baik sanggup dikembangkan menjadi lebih baik. Sementara itu, semua guru yang baik dan sudah berkompeten maupun yang masih lemah harus diupayakan supaya tidak ketinggalan jaman dalam proses pembelajaran maupun materi yang menjadi materi ajar.
Agar pelaksanaan tugas-tugas itu sanggup dikerjakan dengan baik, maka kepala sekolah dituntut memiliki banyak sekali cara dan teknik supervisi terutama yang berhubunganya dengan pelaksanaan tugas-tugas guru dan karyawan, dan pertumbuhan jabatan. Karena kepala sekolah sebagai pemimpin utama dan penggagas dalam pelaksanaan pendidikan dan pembelajaran.
Kepala sekolah dalam pelaksanaan kiprah sebagai supervisor, hendaknya dilaksanakan dengan demokratis dia menghargai pendapat guru, dan menawarkan kesempatan untuk melahirkan gagasan dan pendapat. Keputusan yang di ambil dengan jalan musyawarah, alasannya tujuan yang hendak dicapai yaitu tujuan bersama.
Sumber https://www.asikbelajar.com