Saturday, March 10, 2018

√ Tujuan Supervisi Pendidikan Secara Nasional


Tujuan supervisi pendidikan yaitu perbaikan dan perkembangan proses berguru mengajar secara total, ini berarti bahwa tujuan supervisi pendidikan tidak hanya untuk memperbaiki mutu mengajar guru, tetapi juga membina pertumbuhan profesi guru termasuk di dalamnya pengadaan akomodasi yang menunjang kelancaran proses berguru mengajar, peningkatan mutu pengetahuan dan keterampilan guru-guru, dukungan bimbingan dan pelatihan dalam hal implementasi kurikulum, pemilihan dan penggunaan metode mengajar, alat-alat pelajaran, mekanisme dan teknik penilaian pengajaran. 




Supervisi yang baik mengarahkan perhatiannya pada dasar-dasar pendidikan dan cara-cara berguru serta perkembangannya dalam pencapaian tujuan umum pendidikan. Fokusnya bukan pada seorang atau sekelompok orang, akan tetapi semua orang menyerupai guru-guru, para pegawai, dan kepala sekolah lainnya yaitu teman sekerja yang sama-sama bertujuan berbagi situasi yang memungkinkan terciptanya acara mengajar yang baik.


Secara nasional tujuan konkrit dari supervisi pendidikan adalah :



  1. Membantu guru melihat dengan terperinci tujuan-tujuan pendidikan

  2. Membantu guru dalam membimbing pengalaman berguru murid.

  3. Membantu guru dalam memakai alat pelajaran modern.

  4. Membantu guru dalam menilai kemajuan murid-murid dan hasil pekerjaan guru

  5. Membantu guru dalam memakai sumber-sumber pengalaman belajar.

  6. Membantu guru dalam memenuhi kebutuhan berguru murid.

  7. Membantu guru dalam membina reaksi mental atau sopan santun kerja guru dalam rangka pertumbuhan langsung dan jabatan mereka.

  8. Membantu guru gres di sekolah sehingga mereka merasa bangga dengan tugasyang diperolehnya.

  9. Membantu guru semoga lebih gampang mengadakan adaptasi terhadap masyarakat dan cara-cara memakai sumber-sumber yang berasal dari masyarakat.

  10. Membantu guru-guru semoga waktu dan tenaganya tercurahkan sepenuhnya dalam pelatihan sekolah.



Sumber https://www.asikbelajar.com