Pada posting sebelumnya sudah sedikit admin bicarakan ihwal perbedaan serta klarifikasi mengenai Market Place dan Online Store. Anda dapat melihatnya di posting Market Place Vs. Online Store.
Kali ini admin akan mencoba menginventarisasi apa saja kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dengan mengertahuinya kita dapat memperlihatkan analisis terutama bagi penjual supaya dapat mengambil langkah-langkah dalam menyiasati bisnisnya diinternet kalau ingin memakai market place dan Online Store.
Masing-masing memang mempunyai kelebihan sendiri. Masing-masing juga mempunyai kelemahannya. Mari kita mulai inventarisasikan satu persatu.
Market Place / Situs Jual Beli
Kelebihan Market Place:
- Merupakan kawasan pembeli berkumpul, sehingga lebih gampang mencari sasaran penjualan
- Banyak Penjual berkumpul, sehingga dapat saling tukar isu dan tips serta sharing mengenai perdagangan
- Harga lebih kompetitif sebab bersaing dengan banyak penjual
- Support dan keluhan dapat disharing ke penjual atau pembeli lain, serta laporan ke administrasi pemilik market place
- Biasanya banyak tersedia jasa Rekening Bersama untuk keamanan transaksi
- Beberapa Market Place menyediakan promosi gratis
- Banyak sekali menyediakan variasi pilihan dan usulan produk
Kekurangan Market Place:
- Persaingan antar penjual dapat menjadikan perselisihan dan saling menjatuhkan
- Sering dimasuki iklan dari penjual lain yang tidak bertanggung jawab
- Keberlangsungan web mengikuti managemen
- Customisasi web sangat terbatas
- Jika pembeli melaksanakan pencarian, hasil pencarian akan menampilkan produk sama dari pedagang lain
Online Store / Online Shop / Toko Online
Kelebihan Online Store:
- Lebih dinamis dalam banyak hal, mulai dari managemen hingga web itu sendiri
- Terkesan lebih bonafide dan tertata dengan rapi pengelolaannya
- Keberlangsungan web dapat ditentukan sendiri
- Website dapat berperan juga sebagai katalog produk
- Pemilik memegang penuh kontrol dari Online Store tanpa campur tangan pihak lain
Kekurangan Online Store:
- Harus atau memerlukan perjuangan ekstra mencari sendiri visitor atau pembeli
- Support dan keluhan hanya dapat disampaikan pada pengelola saja
- Harus memakai rekening bersama pihak lain supaya pembeli lebih merasa aman
- Tidak ada iklan-iklan yang mengganggu
- Perlu mengadakan iklan atau promosi ekstra pada web lain
Sedikit Kelebihan dan kekurangan yang sudah admin inventariskan secara umum di atas dapat menjadi teladan analisis pemilihan sasaran penjualan. Inventarisasi tersebut dipandang dari mata konsumen dan penjual juga. Ada baiknya dengan seni administrasi tertentu dapat menggabungkan antara keduanya.
Related Posts:
Sumber aciknadzirah.blogspot.com