Tuesday, August 7, 2018

√ Aktivitas Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Tahun 2017


PKB ialah Pengembangan profesionalitas guru melalui Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang merupakan upaya Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependikan dalam upaya peningkatan kompetensi guru. Sejalan dengan hal tersebut, pemetaan kompetensi guru telah dilakukan melalui Uji Kompetensi Guru (UKG) untuk kompetensi pedagogik dan profesional pada simpulan tahun 2015. 

Hasil UKG menunjukkan peta profil yang pertanda kekuatan dan kelemahan kompetensi guru dalam penguasaan pengetahuan pedagogik dan profesional. Peta kompetensi guru tersebut dikelompokkan menjadi 10 (sepuluh) kelompok kompetensi. Tindak lanjut pelaksanaan UKG diwujudkan dalam bentuk training guru paska UKG pada tahun 2016 dan akan dilanjutkan pada tahun 2017 ini dengan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru.

Tujuan diadakanya kegiatan PKB Tersebut ialah untuk meningkatkan kompetensi guru sebagai biro perubahan agent of change dan sumber berguru utama bagi akseptor didik. Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru dilaksanakan melalui training yang eksklusif menyentuh guru serta selaras dengan kebutuhan guru dalam meningkatkan kompetensinya. Mari kita sukseskan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan ini untuk mewujudkan Guru Mulia Karena Karya.

Sumber: http://p4tkmatematika.org/

Sumber http://dapodikterkini.blogspot.com