Tuesday, August 7, 2018

√ 6 Tips Cara Mengatasi Hp Kena Air Semoga Hp Dapat Dipakai Kembali

 Memang cukup sulit menyelamatkan ponsel yang sudah masuk kedalam air √ 6 Tips Cara Mengatasi HP Kena Air Agar HP Bisa Digunakan Kembali


Cara Mengatasi HP Kena Air – Memang cukup sulit menyelamatkan ponsel yang sudah masuk kedalam air. Beberapa komponen ponsel akan eksklusif tidak berfungsi ketika kontak dengan air. Kecuali ponsel tersebut yakni ponsel canggih dengan akta water resistant. Meskipun terendam air, ponsel tersebut tidak akan mati dan masih sanggup dipakai secara normal. Namun ketika HP mati perlu diketahui cara mengatasi HP kena air sebelum tetapkan untuk menservis lebih lanjut.


Baca Juga : Kenapa HP Cepat Panas Padahal Jarang Digunakan, Bagaimana Solusinya?


Berikut Tips Cara Mengatasi HP Kena Air


Cara mengatasinya apabila HP Anda sudah terkena air yakni sebagai berikut :


1. Segera hindarkan kontak dengan air lebih lanjut


Pertolongan pertama pada HP yang sudah terkena air yakni dengan cara menjauhkan dari air, hal ini berfungsi biar kelembaban tidak kembali terserap oleh permukaan HP. Semakin usang HP Anda masih kontak dengan air maka makin parah pula kencenderungan HP tersebut akan rusak. Apalagi kalau HP Anda bukan terkena air tawar melainkan air asin, akan sangat berpotensi rusaknya HP Anda alasannya air asin bersifat korosif, yaitu kerusakan logam akhir reaksi redoks antara suatu logam dan bersifat pengkaratan besi.


Akibat dari korosi ini cenderung destructive dan merusak komponen dalam HP tersebut. Maka dari itu bagi yang doyan berpergian ke pantai, sebaiknya simpanlah HP Anda jangan hingga terkena air maritim yang bersifat korosif. Atau bila Anda ingin memakai HP Anda pada dikala didekat air asin/laut, keringkan terlebih dahulu tangan Anda supaya air tersebut tidak terserap kedalam HP Anda alasannya memungkinkan menjadikan kerusakan walaupun tidak eksklusif rusak.


2. Lepaskan Baterai, Memory Card, dan SIM card


Ini yakni langkah selanjutnya yang dilakukan. Jangan mencoba untuk menghidupkan ponsel dalam keadaan basah. Lepas baterai secepatnya untuk meminimalisir kerusakan akhir terjadinya short atau korslet sehabis HP terkena air. Jangan menyalakanya dulu sebelum posel benar-benar kering. Jangan lupa lepaskan juga kartu SIM dan memory cardnya (jika ada).


3. Bongkar HP Anda untuk dikeringkan


Langkah selanjutnya sehabis melepaskan baterai HP Anda yakni membongkar HP Anda. Cara yang satu ini merupakan cara pemberian yang lebih lanjut yang harus dilakukan alasannya apabila kondisi luar HP sudah kering, belum tentu kondisi dalam HP tersebut sudah kering, sanggup saja masih lembab dan sanggup merusak komponennya. Bongkarlah dengan hati-hati, apabila Anda tidak punya obeng kecil belilah/pinjamlah supaya sanggup segera dibongkar dan dikeringkan. Jika semua yang ada dalam casing HP Anda sudah terbuka, lepaskan juga mur dan baut yang ada dalam komponen PCB (Printed Circuit Board) supaya pada dikala pengeringan tidak terjadi korosi yang sanggup menciptakan karat.


Selain itu fokuslah pada pengeringan layar LCD HP Anda, alasannya komponen dalam layar LCD HP Anda merupakan komponen filamen lunak yang sangat rentan terhadap air serta tidak tahan terhadap kelembaban air. Apabila tidak segera dikeringkan sanggup merusak layar LCD HP Anda berupa munculnya dead pixel atau dikenal sebagai flek hitam pada layar. Sangat mengganggu sekali. Oya, dalam proses pengeringan baterai dan komponen dalam HP Anda jangan pernah gunakan hairdryer alasannya sanggup memperburuk keadaan HP Anda. Selain sanggup menciptakan HP menjadi rusak, panas yang dihasilkan oleh hairdryer juga sanggup menciptakan komponen-komponen yang ada dalam HP tidak bekerja dengan maksimal.


4. Rakit kembali HP Anda


Setelah semuanya kering dengan baik, langkah selanjutnya yakni memasang kembali komponen-komponen yang telah Anda bongkar dari HP Anda. Rakit dengan hati-hati menyerupai pada kondisi semula. Pastikan semua komponen terpasang dengan baik dan benar. Termasuk dalam memasang LCD yang sudah kering, lakukan dengan benar. Biasanya cara mengatasi HP kena air ini sanggup diatasi apabila penangananya benar.


5. Nyalakan kembali HP Anda


Setelah semua cara mengatasi HP kena air dilakukan, cobalah untuk menyalakan kembali HP Anda. Bila HP Anda masih hidup, selamat! Anda beruntung! Namun tunggu dulu, HP Anda yang habis terkena air yang menyala belum tentu tidak rusak. Kebanyakan alat elektronik yang sudah terkena air gampang rusak, dan apabila tidak rusak pun bukan berarti semua berjalan dengan normal dan kembali menyerupai semula namun performa dari alat elektronik tidak sanggup maksimal dan kembali menyerupai semula.


6. Cobalah untuk reset ulang setelan pabrik


Langkah selanjutnya sehabis HP Anda telah menyala namun performanya tidak menyerupai semula yaitu dengan cara mereset semua setelan kembali ke setelan pabrik. Dimana pada umumnya setelan pabrik yakni setelan yang paling baik dan dipastikan semua berjalan menyerupai Anda gres membuka HP baru. Namun dalam kasus ini, mungkin tidak sanggup kembali normal namun setidaknya sanggup membantu untuk meningkatkan performa HP Anda yang terkena air.


Baca Juga : Daftar Kode Rahasia Handphone Android Samsung Lengkap Dengan Fungsinya


Itulah bahasan mengenai cara mengatasi HP kena air. Silahkan dicoba cara-cara mengatasi HP kena air diatas dan tidak berlaku untuk HP canggih seri terbaru alasannya memang dirancang untuk tahan air sekalipun terendam.



Sumber https://info-menarik.net