Tuesday, August 7, 2018

√ Mencar Ilmu Menciptakan Video Pembelajaran


Pengunjung yang budiman, pembahasan kali ini menurut undangan sebagian rekan guru aku untuk menawarkan tutorial pembuatan video pembelajaran.
Sebagai seorang pendidik seringkali kita ingin menawarkan materi pembelajaran yang terbaik kepada akseptor didik biar materi yang kita sampaikan sanggup dengan gampang diterima. Banyak metode pembelajaran yang dipakai salah satunya media pembelajaran yang interaktif memakai video pembelajaran. Namun kadang kita terkendala pemngalaman untuk membuatnya. tetapi bila kita mau berusaha, tidaklah sulit. Berikut aku bagikan pengalaman aku untuk menciptakan metode pembelajaran yang aku rangkum dari banyak sekali sumber.
langkah untuk menciptakan video pembelajaran bahu-membahu ada beberapa cara. Jika kita menciptakan secara profesional dengan melibatkan banyak pihak (misalnya penyusun naskah, aktor, pengambil gambar, editor dll) maka langkahnya cukup panjang, di antaranya ialah perencanaan kegiatan(termasuk RAB), penyusunan naskah/skenario, pengambilan gambar, penyuntingan (editing) dan launching. Untuk penyusunan naskah video pembelajaran sendiri diharapkan juga penilai ahli, sehingga naskah sudah sesuai dengan substansi pembelajaran dan gres masuk proses berikutnya.
Namun, bagi guru-guru yang ingin menciptakan video pembelajaran sendiri (tanpa banyak melibatkan orang lain) sanggup memakai teknik screencast, yaitu teknik merekam aktifitas di layar komputer beserta narasinya sehingga menjadi sebuah video tutorial. Cara ini jauh lebih gampang dan murah alasannya tidak perlu melibatkan banyak orang, bahkan tidak perlu memakai kamera. Guru sanggup melaksanakan simulasi pembelajaran, contohnya menjalankan presentasi PowerPoint disertai bunyi narasi sehingga menghasilkan video pembelajaran, khususnya tutorial.  Beberapa referensi video screencast ini sanggup dilihat di Youtube, dengan kata kunci menciptakan video pembelajaran dengan screencast.


Bapak/Ibu guru yang budiman. Untuk menciptakan screencast ini tidak perlu terlalu rumit memikirkan proses, contohnya naskah atau skenario. Cukup kita siapkan media/software untuk merekam dan tampilan yang akan direkam (misalnya PowerPoint, GeoGebra, Paint dll). Untuk narasi sifatnya opsional, artinya kalau kita sudah terbiasa mengajar dengan slide PowerPoint maka kita mungkin tidak perlu menciptakan narasi alasannya kita sudah hafal di luar kepala. Tapi apabila video yang dibentuk ini dimaksudkan untuk karya ilmiah maka skenario dan naskah tetap harus dibentuk dan melalui tahap evaluasi akademis.

Software untuk menciptakan screencast ada banyak pilihan, misalnya  Camstudio. Namun selain itu ada banyak lagi softwere pembuatan media pembelajaran yang bertebaran dengan internet berikut contohnya:
  1. Camstudio (software dan codec) beralamat di http://camstudio.org
  2. Community Clips, merupakan produk dari Microsoft sanggup di d0wnl0ad dari http://go.microsoft.com/fwlink/?LinkId=117503&project=Community%20Clips atau dari  http://codecpack.co/d0wnl0ad/Community-Clips.html
  3. Screencast-o-matic, merupakan software screencast yang sanggup dipakai secara online (tanpa perlu instal) juga tersedia versi offline. Kedua versi ini sanggup diperoleh di situs http://screencast-o-matic.com. Tersedia versi Pro dari software ini yang menyertakan fitur editing dan menghilangkan iklan.
  4. Cute Screen Recorder, sanggup did0wnl0ad dari http://www.videotool.net/screen-recorder-free-version.html
  5. Hypercam, yang berukuran cukup kecil (866 KB), namun pengoperasian sedikit rumit. Dapat did0wnl0ad dari http://www.hyperionics.com/
Setiap aplikasi mempunyai kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri, contohnya fasilitas pengoperasian, kualitas hasil, besar file video, format video yang didukung dan sebagainya.  Selain dari aplikasi yang disebutkan di atas, masih banyak aplikasi lain yang sanggup dipakai untuk menciptakan rekaman screencast, baik yang gratis maupun berbayar.
Sedikit tambahan, untuk editing video sanggup memakai Windows Movie Maker atau memakai software AviDemux.

Demikian sedikit Pembahasan mengenai Cara menciptakan video pembelajaran. Jika bapak/ibu berkenan untuk dibuatkan media pembelajaran memakai video silahkan hubungi kami.

Sumber http://dapodikterkini.blogspot.com