Thursday, September 13, 2018

√ 8 Cara Mencar Ilmu Bahasa Inggris Untuk Anak 5 Tahun Dengan Gampang Dan Asyik

Usia 5 tahun merupakan usia dimana seorang anak gres mulai berguru untuk membaca dan menulis secara lancar. Pada usia inilah anak mulai diajarkan Bahasa Inggris secara lebih mendalam. Bagaimana cara yang paling efektif untuk mengajari Bahasa Inggris kepada anak berusia 5 tahun? Simak artikel di bawah ini untuk penjelasannya.



  1. Flashcard


Flashcard merupakan kartu dimana terdapat gambar objek tertentu, dan terdapat teks yang menunjukkan nama objek tersebut di bawahnya. Flashcard ialah cara paling baik untuk mengajarkan kosa kata kepada anak-anak. Kosa kata yang diajarkan berupa topik-topik sederhana, menyerupai warna, angka, kata sifat (adjective), bab tubuh, mainan, pakaian, binatang dan makanan.


Baca juga:




  1. Tayangan Acara TV atau Film Anak-Anak


Cara kedua untuk mengajari Bahasa Inggris kepada anak berusia 5 tahun ialah dengan memakai tayangan program TV atau film yang dikhususkan untuk mereka. Selain menghibur, anak juga akan terbiasa mendengar pembicaraan dalam Bahasa Inggris. Anak mempunyai kebiasaan untuk menjiplak apa yang didengarnya. Cara ini membantu meningkatkan kemampuan berbicara (pronounciation).


Baca juga: Cara Belajar Bahasa Inggris dengan Menonton Film



  1. Mendengar dan Menyanyikan Lagu Anak-Anak


Anda sanggup mengajak anak untuk mendengar dan menyanyikan lagu dalam Bahasa Inggris, tentunya lagu untuk usia mereka, menyerupai Twinkle Twinkle Little Star, Jingle Bells, Mary Had a Little Lamb, If You’re Happy, dan sebagainya. Dengan mendengarkan lagu, anak akan merasa bahagia sekaligus sanggup menambah pengetahuan kosa kata baru.


Baca juga: Contoh Lagu Bahasa Inggris Untuk Anak Paud



  1. Fokus kepada Language Comprehension (Pemahaman Bahasa)


Pada usia ini, anak berada dalam tahap untuk menyerap gosip apa saja yang ada di sekitar mereka. Fokus kepada language comprehension (pemahaman bahasa), bukan language production (produksi bahasa). Buat bawah umur untuk berguru secara bertahap, dimulai dari mendengar kosa kata dalam Bahasa Inggris, dongeng serta lagu-lagu yang sederhana dalam Bahasa Inggris. Jangan lamgsung paksa anak untuk berbicara dalam Bahasa Inggris.


Baca juga: Cara Belajar Bahasa Inggris untuk Anak Agar Praktis Dipahami









  1. Menggunakan Buku Dongeng


Anak selalu tertarik saat mendengarkan dongeng atau cerita. Anda bisa memakai buku dongeng yang berwarna-warni dan ceritanya ringan. Anda bisa membacakan dongeng kepada anak setiap malamnya memakai Bahasa Inggris, kemudian menjelaskan artinya dengan detail memakai Bahasa Indonesia.


Baca juga: Contoh Fabel Inggris Singkat Beserta Artinya



  1. Berbicara Secara Alami


Cara efektif untuk mengajak anak berbicara dalam Bahasa Inggris secara alami ialah dengan cara-cara berikut:



  • Menggunakan kalimat perintah sederhana dalam Bahasa Inggris, menyerupai “Put your bag over there” (taruh tasnya di sana)

  • Memberikan compliment (pujian), menyerupai “Great job today!” (kerja elok hari ini!)

  • Mengamati sesuatu bersama anak, menyerupai “Look at that picture!” (lihat gambar itu!)

  • Menanyakan hal-hal sederhana yang bisa dijawab dengan balasan singkat, menyerupai “Where is your book?” (dimana buku kamu?)


Baca juga:










  1. Memperbaiki Kesalahan


Ketika anak melaksanakan kesalahan, jangan pribadi katakan bahwa si anak melaksanakan kesalahan. Perbaiki saja kesalahannya, nantinya anak akan berguru untuk tidak mengulangi kesalahannya lagi.


Baca juga: Alasan Mengapa Anak-anak Harus Belajar Bahasa Inggris di Usia Muda



  1. Membangun Suasana Nyaman


Hal ini tidak kalah penting, alasannya ialah anak cenderung tidak mau berguru bila suasana tidak nyaman. Jangan lupa perhatikan kondisi anak, apakah sedang mood atau tidak. Jika tidak mood jangan khawatir, buat mereka menjadi ceria dan senang. Seperti dengan menyapa anak dengan ceria, atau menyanyi bersama-sama. Jangan menciptakan anak menjadi takut dengan Bahasa Inggris, buat anak menganggapnya sebagai sesuatu yang simpel dan mudah.


Itulah cara yang sanggup dilakukan oleh orang bau tanah untuk mengajari Bahasa Inggris kepada anak berusia 5 tahun. Semoga cara ini efektif diterapkan kepada anak anda, dan Bahasa Inggrisnya semakin lancar. Good luck!



Sumber https://azbahasainggris.com