Thursday, September 13, 2018

√ Mengambil Kesimpulan Dengan Test Logika If(And

Rumus fungsi IF memang bisa dipakai untuk mengambil sebuah kesimpulan menurut kondisi tertentu. Dalam hal ini rumus IF tersebut bisa dipakai untuk memilih beberapa kesimpulan yang bisa diambil pada sebuah perkara sehari-hari. Pada Ms. Excel sering sekali kita dihadapkan dengan banyak sekali sebuah pertanyaan "Bagaimana, Apabila/Jika" kata pertanyaan tersebut sanggup kita jawab dengan sedikit berlogika memakai rumus IF.

Silakan Baca:
Rumus IF dengan 5 Kriteria berikut contohnya

Rumus IF yang dimaksud ialah rumus IF ganda/multi alasannya ialah ada dua ketentuan yang diambil. Untuk lebih jelasnya contohnya aku mempunyai sebuah perkara menyerupai berikut ini

" Pak Vino ialah seorang programmer yang kebingungan untuk mengambil keputusan bahwa beliau harus pergi ke Bandung pada hari Selasa. Namun dengan beberapa kondisi yang tidak memungkinkan beliau tidak akan pergi ke Bandung. Kondisi tersebut ialah bila cuaca hujan dan kondisi jalan macet maka Pak Vino tidak akan jadi pergi ke Bandung dan walaupun kondisi lancar namun cuaca hujan beliau juga tidak akan jadi pergi ke Bandung begitupun bila kondisi jalan macet walaupun cuaca cerah beliau juga tidak akan pergi ke Bandung, tetapi apabila kondisi lancar dan cerah maka beliau akan pergi ke Bandung."

Dari kondisi pernyataan diatas Anda bisa menciptakan sebuah kesimpulan berupa tabel untuk test logika dan test logika ini bisa dijadikan pola untuk Pak Vino. Anda bisa memakai rumus fungsi IF ganda

Baca:
Penggunaan Rumus IF(AND, IF(OR, IF(NOT

Untuk menciptakan sebuah kesimpulan yang sanggup diambil oleh Pak Vino Anda bisa menciptakan tabel menyerupai dibawah ini :


Sekarang kiprah Anda ialah untuk menciptakan sebuah rumus memakai fungsi IF(AND pada cell C3. Lalu bagaimana penggunaan rumus tersebut?

Perhatikan untuk menciptakan rumus tersebut ada 2 Logika / ketentuan yang harus Anda buat dengan melihat contoh perkara diatas:

Pak Vino akan pergi ke Bandung bila dalam kondisi Lancar dan Cerah, selain dua kondisi tersebut Pak Vino akan tetap di rumah.

Tuliskan Rumus :
=IF(AND(A3="lancar",B3="cerah"),"Pergi ke Bandung","Diam di Rumah")

Artinya:
Jika di cell A3 kondisinya "Lancar" dan di cell B3 cuacanya "Cerah" maka di kolom kesimpulan akan menghasilkan "Pergi ke Bandung" selain dua kondisi diatas maka "Diam di Rumah". Perhatikan risikonya bila aku enter rumus diatas akan menghasilkan "Diam di Rumah"



Silakan copykan rumus diatas ke bawah sehingga diperoleh hasil menyerupai gambar dibawah ini



Dari tabel diatas terlihat Pak Vino akan pergi ke Bandung apabila kondisi "Lancar" dan cuaca "Cerah" selain kedua kondisi tersebut maka Pak Vino akan membisu di rumah.

Demikian bagaimana mengambil kesimpulan dengan test logika memakai rumus fungsi IF ganda (dua kondisi) biar bermanfaat.

Simak :
Koleksi contoh rumus IF Excel
Sumber http://www.excel-id.com/