Wednesday, September 12, 2018

√ Menghitung Tanggal Jatuh Tempo Dengan Fungsi Date(Year(Month(Day

Excel-id.com | Rumus fungsi DATE dapat dipakai untuk kebutuhan kita menganalisa atau menghitung tanggal jatuh tempo pada sewa tempat/barang. Dalam kehidupan sehari-hari para pengusaha biasanya mempunyai bisnis penyewaan barang/tempat. Bisnis ini memang sangat menggiurkan namun membutuhkan modal yang tidak sedikit.

Perhitungan waktu jatuh tempo harus mempunyai dasar tanggal mulai sewa artinya tanggal mulai sewa ini akan menjadi contoh untuk menghitung kapan berakhir masa sewa (jatuh tempo) kalau usang sewa diketahui. Untuk contoh perhitungan akan aku bahas pada artikel kali ini.

Perhatikan gambar tabel berikut ini


Dari tabel diatas kita dapat memilih kapan tanggal jatuh tempo kalau usang sewa telah ditentukan ibarat gambar diatas. Sengaja aku tuliskan untuk perhitungan usang sewa dalam tahun, usang sewa dalam bulan dan usang sewa dalam hitungan hari.

Untuk menghitung tanggal jatuh tempo sewa ruko memakai usang sewa tahunan contohnya aku tuliskan tanggal sewa untuk ruko yaitu 01-06-2011 kalau usang sewa yaitu 3 tahun maka akan diperoleh tanggal jatuh tempo 01-06-2014. Hasil tersebut memakai rumus fungsi DATE dengan perhitungan YEAR(MONTH(DAY.

Rumus/Cara Menghitung Tanggal Jatuh Tempo



Rumus di Cell E5 untuk menghitung berapa tanggal jatuh tempo untuk usang sewa 3 tahun
=DATE(YEAR(C5)+D5;MONTH(C5);DAY(C5))
Hasilnya : 01-06-2014



Lalu bagaimana kalau tanggal jatuh tempo yang akan kita cari dengan usang sewa menurut bulan? Misalnya data diatas yaitu untuk sewa komputer dimulai dari tanggal sewa 20-09-2011 lalu untuk usang sewa yaitu 24 bulan (2 tahun) maka akan diperoleh tanggal jatuh tempo 20-09-2013 hasil tersebut dikarenakan aku memakai rumus :

=DATE(YEAR(C6);MONTH(C6)+D6;DAY(C6))



Untuk menghitung tanggal jatuh tempo dengan usang sewa hitungan hari akan berbeda dengan bulan dan tahun ibarat contoh diatas yaitu untuk nama barang Mobil Angkut dengan tanggal mulai sewa yaitu 10-10-2011 lalu usang sewa sebanyak 15 hari maka akan diperoleh tanggal jatuh tempo 25-10-2011 hasl ini alasannya yaitu aku gunakan rumus :

=DATE(YEAR(C7);MONTH(C7);DAY(C7)+D7)

Gimana? gampang bukan? agar dengan goresan pena ini Anda dapat menghitung bagaimana cara menghitung tanggal jatuh tempo dengan rumus tanpa Anda harus menghitung kalender atau jari tangan Anda.

Demoga bermanfaat.

Baca:
Konversi Jam Ke Menit dengan Rumus Excel
Sumber http://www.excel-id.com/