Sunday, October 28, 2018

√ 3 Cara Perlindungan Worksheet Dengan Vba/Macro

Salam Excel, masih tetap semangat berguru Ms. Excel? Semoga Anda masih tetap terus berguru dan mencari tahu mengenai ilmu-ilmu ihwal excel. Kali ini saya akan coba membahas bagaimana cara memproteksi atau dalam istilah bahasa Indonesia "Mengunci" sebuah worksheet atau lembar kerja yang ada pada Ms. Excel Anda memakai Macro/VBA.

 Semoga Anda masih tetap terus berguru dan mencari tahu mengenai ilmu √ 3 Cara Proteksi Worksheet dengan VBA/Macro
sumber gb. JowobotDotCom


Sebelum saya membahas langkah-demi langkah dari 3 cara perlindungan worskheet memakai VBA terlebih dahulu saya akan sedikit mengulas apa seh sesungguhnya perlindungan itu? kemudian apa tujuannya pula sehingga Anda mengharuskan melaksanakan proteksi? Secara umum dalam bahasa saya Proteksi merupakan langkah untuk melindungi suatu hal dari terjadinya hal-hal yang tidak dinginkan. Hal ini perlu Anda lakukan alasannya yakni mengingat pentingnya sebuah data sebagai basis utama untuk mengolah sebuah gosip dan dalam hal ini data tersebut yakni data berupa file excel.

Ada beberapa tahapan perlindungan pada Microsoft Excel dan ini sudah pernah saya bahas bagi yang masih belum mengetahuinya silakan simak di Cara Membuat Password Ms. Excel 
Apabila Anda mempunyai sebuah lembar kerja (worksheet) yang mempunyai rumus-rumus tertentu yang tidak ingin dirubah oleh orang yang tidak bertanggungjawab baik dari segi format atau lainnya tentu hal ini dianggap penting bagi Anda kemudian bagaimana cara perlindungan memakai VBA/Macro

Bagaimana Cara Proteksi Worksheet dengan VBA/Macro

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengunci/proteksi memakai macro ada cara standar ada juga yang lebih kompleks artinya cara standar ini dapat dilakukan hanya sebatas standar perlindungan worksheet pada Ms. Excel.

Proteksi Worksheet Cara Standar
Proteksi worksheet dengan cara standar ini codingnya cukup praktis dan sederhana silakan lihat teladan coding dibawah ini :
Function ProtectSheet_SecaraDefault() 
    Worksheets("Sheet1").Protect 
End Function
Proteksi Worksheet dengan Password
Untuk perlindungan worksheet memakai password atau kata kunci memakai VBA ini agak lebih keren dan apabila user akan merubah worksheet maka harus memasukan password terlebih dahulu supaya dapat merubah format dan lainnya yang dibatasi. Berikut teladan coding VBA nya

Function ProtectSheetDenganPasswordt() 
    Worksheets("Sheet1").Protect  Password:="1234"
End Function
Anda dapat menambahkan password unprotect worksheet dengan kata kunci 1234

Proteksi Worksheet dengan Parameter Lengkap
Jenis perlindungan ini jauh lebih mahir lagi dari cara pertama dan kedua diatas alasannya yakni beberapa parameter kita dapat setting supaya hal-hal yang seharusnya dikunci dapat kita atur sedemikian rupa. Berikut teladan coding.

Baca Juga :
Cara Membuat Password yang Sulit Ditebak di Microsoft Excel
Function ProtectSheetLebihLengkap() 
Worksheets("Sheet1").Protect _
Password:="1234", _
DrawingObjects:=False, _
Contents:=True, _
Scenarios:=True, _
UserInterfaceOnly:=True, _
AllowFormattingCells:=True, _
AllowFormattingColumns:=True, _
AllowFormattingRows:=True, _
AllowInsertingColumns:=True, _
AllowInsertingRows:=True, _
AllowInsertingHyperlinks:=True, _
AllowDeletingColumns:=True, _
AllowDeletingRows:=True, _
AllowSorting:=False, _
AllowFiltering:=False, _
AllowUsingPivotTables:=False
End Function
Anda dapat merubah setting True atau False untuk membatasi sesuai dengan kondisi yang diinginkan silakan diuji coba

Dari ke-3 teladan perlindungan worksheet diatas Anda dapat gunakan salah satu sesuai dengan harapan jenis perlindungan nya.

Sampai tahap ini Anda sudah dapat menciptakan coding perlindungan worksheet memakai VBA, nah alasannya yakni Anda sudah dapat membuatnya dan alasannya yakni Anda telah membuatnya Anda harus bertanggungjawab untuk dapat menciptakan perlindungan worksheet (unprotect) memakai VBA pula. Namun jangan khawatir saya juga akan sertakan bagaimana menciptakan coding untuk UnProtect dibawah ini:

Function BukaProtekWorksheet() 
    Worksheets("Sheet1").UnProtect ("1234")
End Function
Cukup sederhana coding untuk UnProtect tersebut namun apabila ingin lebih keren contohnya akan menambahkan pesan apabila password perlindungan salah maka ada sedikit perubahan pada coding VBA / macro tersebut menjadi

Function UnProtectSheet() 
On Error GoTo JikaError
Worksheets("Sheet1").Unprotect ("vishwa123") 
JikaError: 
MsgBox JikaError.Number & " :  " & JikaError.Description 
End Function  
Jika ada kesalahan atau error maka akan muncul pesan error untuk menghandel password salah.

Demikian, semoga bermanfaat dan selamat mencoba
Sumber http://www.excel-id.com/