Saturday, October 27, 2018

√ Aplikasi Hitung Kala Kehamilan Berbasis Excel

excel-id.com | Kalkulakor hitung masa kehamilan?, ada beberapa ibu yang banyak menayakan berapa masa kehamilan aku dan bahkan bertanya-tanya kira-kira kapan bayi yang dikandung sang ibu itu dilahirkan? Berapa bulan dan tanggal berapa?

Beberapa pertanyaan yang sering terjadi pada ibu hamil ini memang masuk akal dan bahkan sang ayah sebagai bapak dari anak yang dikandung oleh istrinya harus menjadi ayah SIAGA ketika beberapa bulan terakhir masa kehamilan.

Berawal ketika aku antar istri aku ke bidan dan menanyakan berapa seh umur janin dalam kandungan istri saya? kemudian bagaimana cara menghitungnya? Apakah kita sendiri sanggup menghitung umur janin dalam kandungan istri saya. Akhirnya bidan menjelaskan untuk menghitung masa kehamilan / kandungan janin tidaklah sulit dan bergotong-royong kita juga sanggup menghitung sendiri, alhasil aku buatkan aplikasi hitung usia kehamilan janin ini dengan memakai excel.

Kehamilan yaitu salah satu hal yang paling dinantikan oleh pasangan suami istri sekaligus menjadi anugerah yang sangat indah yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Oleh sebab itu berbagai pasangan suami istri yang biasanya tidak sabar menantikan buah hatinya untuk segera lahir dan sanggup melengkapi keluarga mereka. Sebagai ibu hamil ataupun pasangan yang mendampingi ibu hamil Anda seharusnya tidak hanya menantikan kapan anak Anda akan lahir, akan tetapi juga sanggup merawat kehamilan Anda dengan cara yang sempurna sesuai usia kehamilan.

Bagaimana cara Menghitung Usia Janin dalam Kandungan?

Ketika Anda atau istri Anda bertanya kepada bidan atau dokter kandungan aku yakin pertama Anda akan ditanyakan. Yang pertama aku akan menjelaskan kepada Anda wacana bagaimana cara menghitung usia kehamilan secara manual atau dengan penghitungan rumus yang membutuhkan beberapa data termasuk tanggal hari pertama haid terakhir (HPHT). Akan tetapi cara yang akan aku ajarkan ini yaitu cara yang dianjurkan bagi Anda para ibu hamil yang mempunyai siklus menstruasi atau tiba bulan teratur, yaitu kurang lebih antara 28 hingga 30 hari. Rumus yang dipakai memakai data HPHT ini yaitu rumus Neagele. Dengan memakai rumus ini, Anda juga sanggup menghitung HPL atau hari asumsi lahir. Kaprikornus Anda sanggup memperkirakan dan mempersiapkan masa kelahiran buah hati Anda.

"Kapan hari pertama dikala haid terakhir?"

Dari hari ke hari semestinya berat tubuh seorang ibu hamil harus meningkat sebab tentunya seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan.

Coba lihat bagaimana cara mengetahui berat tubuh ideal memakai Excel
Dari sini bidan dan dokter kandungan akan menghitung dan memperkirakan umur atau usia janin dalam kandungan ibu hamil. Jika sudah diketahui hari pertama dikala haid terakhir maka sang bidan atau doktek kandungan akan menghitung hari asumsi bayi lahir jikalau hitungan normal usian kandungan yaitu 9 bulan dan cara hitungnya yaitu :

Hari pertama haid terakhir (HPHT) ditambahkan dengan 280 hari

Cotoh Kasus
Jika hari pertama dikala haid terakhir ibu tersebut yaitu 03 Februari 2016 maka asumsi anak lahir secara umum adalah

03-02-2016 + 280 = 09-11-2016
Kaprikornus asumsi bayi lahir yaitu 09 bulan Nopember 2016.

Dalam kenyataannya tidaklah sesuai dengan apa yang diperhitungkan sebab ini memang diam-diam Allah sebab jikalau kita lihat di kenyataan ada ibu hamil yang melahirkan dengan masa kehamilan 7 bulan, 8 bulan, 9 bulan bahkan ada juga yang lebih dari 9 bulan.

Seperti apa Aplikasi/Kalkulator Menghitung Masa Kehamilan?

Saya buatkan aplikasi sederhana untuk menghitung masa kehamilan dan prediksi melahirkan dengan perhitungan yang standar dipakai oleh bidan dan  berikut penampakan aplikasinya.

 ada beberapa ibu yang banyak menayakan berapa masa kehamilan aku dan bahkan bertanya √ Aplikasi Hitung Masa Kehamilan Berbasis Excel

Yap, terlihat tampak interface dari aplikasi/kalkulator cek masa kehamilan sekaligus mengetahui prediksi kelahiran bayi.

Bagaimana cara memakai aplikasi ini?

Cukup gampang Anda tinggal mengentri hari pertama haid terakhir ibu hamil tersebut kemudian klik tombol Cek maka kalkulator / aplikasi ini akan menghitung secara otomatis asumsi bayi lahi dan usia kehamilan dalam ahad dan bulan.

Aplikasi cek masa kehamilan ini akan berjalan apabila Anda mengaktifkan macro VBA di excel Anda dan yang paling penting yaitu cek kebenaran setting tanggal pada komputer Anda sebab hitungan mengacu pada regional setting tanggal pada jam komputer Anda.

Bagi yang mau membuatkan aplikasi cek atau hitung masa kehamilan dan prediksi bayi lahir aku sertakan coding VBA nya berikut ini :

Private Sub Image1_Click()
If TextBox2.Value = "" Then
Label1.Caption = "Tanggal Belum Diisi"
Else
Sheets("Sheet1").Range("B2").Value = TextBox2.Value
Label1.Caption = Sheets("Sheet1").Range("B7").Value
End If
End Sub

Private Sub TextBox2_Change()
Call RUbah
End Sub
Sub RUbah()
    If TextBox2.TextLength = 2 Or TextBox2.TextLength = 5 Then
    TextBox2.Text = TextBox2.Text + "-"
    Label1.Caption = ""
    End If
End Sub

Private Sub TombolAdmin_MouseMove(ByVal Button As Integer, ByVal Shift As Integer, ByVal X As Single, ByVal Y As Single)
MsgBox "===Programmer : Yatna Supriyatna===" & vbCrLf & "Blog: www.excel-id.com", vbInformation, "Informasi"
End Sub

Private Sub UserForm_Activate()
TextBox2.SetFocus
TextBox1.Value = Sheets("sheet1").Range("B1").Value
TextBox1.Value = Format(TextBox1.Value, "dd-mm-yyyy")
If TextBox2.Text = "" Then
    Label1.Caption = ""
End If
End Sub

Private Sub Image1_MouseMove(ByVal Button As Integer, ByVal Shift As Integer, ByVal X As Single, ByVal Y As Single)
Image1.BorderStyle = fmBorderStyleSingle
Label6.FontUnderline = True
Label6.ForeColor = &HFFFF&
Label6.Caption = "Cek"
End Sub

Private Sub UserForm_MouseMove(ByVal Button As Integer, ByVal Shift As Integer, ByVal X As Single, ByVal Y As Single)
Image1.BorderStyle = fmBorderStyleNone
Label6.FontUnderline = False
Label6.ForeColor = &HFFFF&
Label6.Caption = ""
End Sub

Bagi Anda yang bukan seorang programmer atau hanya sebagai pengguna aku sarankan gunakan saja aplikasinya jangan mikirin coding nya aku jamin puyeng. Dengan aplikasi atau kalkulator ini Anda seorang ibu akan mengetahui berapa usia janin yang dikandung dan sanggup mengetahui pula prediksi kelahiran bayi tersebut dan yang paling penting yaitu Anda juga sanggup memperlihatkan nutrisi yang cukup untuk calon bayi Anda ketika di dalam kandungan.

Semoga bermanfaat.
Sumber http://www.excel-id.com/