Tuesday, October 30, 2018

√ Simulasi Un Berbasis Komputer (Unbk) 2015/2016 Versi Excel

Excel-id.com - Wow tinggal beberapa hari lagi ke depan pelaksanaan Ujian Nasional akan diselenggarakan untuk tingkat SMA/SMK, Sekolah Menengah Pertama maupun SD. Khusus kepada adik-adik siswa calon penerima Ujian Nasional (UN) Tahun Pelajaran 2015/2016 mestinya disiapkan dari kini dalam menghadapinya nanti. Ya dibutuhkan semuanya pada lulus dan tentunya mendapat predikat baik. Banyak materi pelajaran yang sanggup kau ambil sebagai kisi-kisi Ujian Nasional nanti dan tentunya harus dibaca dan dipahami dari kini sebagai materi latihan untuk adik-adik. Jangan hingga pada kesudahannya menyesal alasannya tidak lulus atau mendapat nilai yang sangat kecil alasannya pelaksanaan UN hanya sekali selamat masa pendidikan Anda.

Jika kita lihat penyelenggaraan UNBK pertama kali dilaksanakan pada tahun 2014 secara online dan terbatas di Sekolah Menengah Pertama Indonesia Singapura dan Sekolah Menengah Pertama Indonesia Kuala Lumpur (SIKL). Hasil penyelenggaraan UNBK pada kedua sekolah tersebut cukup menggembirakan dan semakin mendorong untuk meningkatkan literasi siswa terhadap TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). Selanjutnya secara sedikit demi sedikit pada tahun 2015 dilaksanakan rintisan UNBK dengan mengikutsertakan sebanyak 555 sekolah yang terdiri dari 42 SMP/MTs, 135 SMA/MA, dan 378 Sekolah Menengah kejuruan di 29 Provinsi dan Luar Negeri.

Penyelenggaraan UNBK ketika ini memakai sistem semi-online yaitu soal dikirim dari server sentra secara online melalui jaringan (sinkronisasi) ke server lokal (sekolah), kemudian ujian siswa dilayani oleh server lokal (sekolah) secara offline. Selanjutnya hasil ujian dikirim kembali dari server lokal (sekolah) ke server sentra secara online (upload).

Simulasi UN Berbasis Komputer (UNBK) Tahun Pelajaran 2015/2016 berbasis Excel

"Gagasan Baik yang Terlambat" mungkin inilah yang pantas saya ucapkan untuk sendiri kenapa demikian? maksudnya bahwasanya saya sudah punya inspirasi untuk menciptakan latihan atau simulasi UNBK Online tentu berbasis Excel sebagai latihan saja namun apalah daya waktu saya di dunia aktual tidak sanggup ditunda alasannya ada beberapa kiprah yang harus diselesaikan sehingga rencana pembuatan untuk Aplikasi Simulasi UNBK belum selesai saya garap.

Seperti kata Menteri Kemendikbud jangan memaksakan bagi sekolah yang belum siap untuk melakukan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) kalo sekolah tersebut belum siap apalagi biaya pelaksanaan atau penyewaan atau bahkan pengadaan untuk kegiatan UNBK tersebut dibebankan kepada orang bau tanah penerima didik. Arti siap tersebut banyak ragam dan jenisnya contohnya Komputer di sekolah sudah siap namun jalan masuk internet masih lambat, nah... ini juga salah satu hambatan yang saya kira paling krusial bagaimana tidak, ketika siswa sudah siap tiba-tiba jalan masuk internet lemot pada kesudahannya waktu test sudah habis. Makara siapa yang salah?.

Bahkan Kemdikbud memberikan 3 hal penting terhadap pelaksanaan UNBK tahun 2015/2016
  1. UNBK hanya diselenggarakan pada sekolah yang sudah siap baik dari infrastruktur, SDM, maupun peserta. Infrastruktur sejauh mungkin memanfaatkan laboratorium komputer yang ada di sekolah.
  2. Sekolah calon penyelenggara UNBK pada tahun 2016 tidak diperkenankan untuk memaksakan diri membeli/menyewa komputer dengan membebani orang bau tanah siswa.
  3. Bagi sekolah calon penyelenggara UNBK yang belum sanggup memenuhi kecukupan infrastruktur sanggup mengundurkan diri dari UNBK dan mengikuti UN berbasis Kertas dan Pensil (UNKP) dengan batas waktu pengunduran diri tanggal 15 Februari 2016
Oia, desain untuk simulasi bahwasanya sudah saya buat dan berikut Desain Simulai UNBK tahun 2015/2016 namun hanya interface saja dan berikut skrin shut nya.


Keren kan, namun sayang saya belum sempet menciptakan coding, ya ibarat yang telah dituliskan diatas ada hal yang tidak sanggup ditunda di kehidupan aktual saya jadi untuk adik-adik siswa penerima UN mohon maaf. Namun jangan khawatir saya akan berusaha keras untuk menuntaskan aplikasi Simulasi UNBK ini dan mohon doanya semoga saya sehat selalu hehe.

Rencananya calon penerima UN akan saya masukan ke dalam database yang nantinya akan secara otomatis mendapat User dan Password untuk setiap atau masing-masing siswa ketika pelaksanaan simulasi UNBK tersebut. Dengan berhasil Login maka siswa sanggup menentukan mata pelajaran sesuai dengan kegiatan yang ditentukan kemudian ketika siswa sudah siap untuk memulai menjawab soal maka hitungan waktu mundur selama waktu tertentu akan dimulai contohnya saya akan hitung mundur selama 60 menit untuk soal Matematika maka dalam waktu 60 menit kalau siswa tidak sanggup menuntaskan soal tersebut maka sistem Simulasi UNBK 2015/2016 ini akan menutup dengan sendirinya.
Simak :
Program Aplikasi Pengolahan Nilai Sekolah
Kalo saja dalam pengerjaan project ini ada santunan dari para master dan pakar Excel Indonesia tentunya dalam waktu 2 hingga 3 hari juga selesai alasannya saya yakin berbagai jago-jago excel di negeri kita ini. Seperti halnya aplikasi-aplikasi yang saya buat contohnya Aplikasi Soal Acak Ujian Berbasis Excel Pada Aplikasi UNBK Ofline ini juga masih tetap versi Excel dimana ada acak soal untuk menghindari adanya kerjasama antara teman akrab di ruang pelaksanaan..

Yang terpenting baik itu Ujian Nasional ibarat biasa maupun UNBK tidaklah kuat alasannya untuk mendapat hasil yang baik ada pada diri masing-masing adik-adik sekalian.

Persyaratan Sekolah Peserta / Pelaknana UNBK

Sebenarnya ada beberapa sekolah berdasarkan Kemdikbud yang boleh melaksankan UNBK secara online diantaranya ialah :
  1. Tersedia petugas laboratorium komputer (minimal 1 proktor dan 1 teknisi);
  2. Dapat menyediakan sarana komputer dengan spesifikasi (minimal) sebagai berikut:
    • Server Utama dan Cadangan
      1. PC/Tower/Desktop (bukan laptop)
      2. Processor Xeon atau i5
      3. RAM 8 GB, DDR 3
      4. Harddisk 250 GB
      5. Operating System (64 bit): Windows Server/Windows 8/Windows 7/Linux Ubuntu 14.04
      6. LAN CARD, dua unit
      7. UPS (tahan 15 menit)
      8. Jumlah server mengi kuti rasio 1 : 40 (1 server maksimal untuk 40 client)
      9. Cadangan 1 server
    • Clien Utama dan Cadangan
      1. PC atau Laptop
      2. Monitor minimal 12 inch
      3. Processor minimal dual core
      4. RAM minimal 512 MB
      5. Operating System: Windows XP/Windows 7/Windows 8/LINUX
      6. Web Browser: Chrome/Mozilla Firefox/Xambro
      7. Hardisk minimal tersedia 10 GB (free space)
      8. LAN Card
      9. Jumlah client mengikuti rasio 1 : 3 ( 1 client untuk 3 peserta)
      10. cadangan minimal 10%.
      11. Headset/earphone (untuk ujian listening SMA/MA dan SMK)
    • Jaringan Internet dengan Bandwidth minimal 1 Mbps
    • Jaringan Lokal (LAN)
Yah, itulah jadi bagi sekolah yang tidak memenuhi persyaratan pelaksana UNBK tahun 2016 ini ibarat diatas maka jangan memaksakan ya. Jangan ingin menimbulkan sekolah keren di kawasan dengan pelaksanaan UNBK tahun 2016 kalo tidak memenuhi ketentuan yang telah diatur oleh Kemdikbud.

Jadwal Pelaksanaan UN SMA/MA/SMK/SMP/MTs Tahun 2016

Yang terang Anda jangan menunggu hingga beres aplikasi Simulasi UNBK Versi Excel yang saya desain selesai alasannya waktu pelaksanaan sudah hampir mepet silakan adik-adik pelajar untuk berguru lebih ekstra lagi dalam menghadapi ujian nanti. Supaya lebih mengingatkan lagi berikut saya lampirkan kegiatan pelaksanaan UN 2016


Nah lo, kalau dilihat dari kegiatan diatas, maka dalam waktu kurang lebih 2 mingguan lagi tepatnya tanggal 4 April 2016 untuk tingkat SMA/MA dan Sekolah Menengah kejuruan sedangkan untuk SMP/MTs masih banyak waktu namun saya tegaskan lagi baik kepada adik-adik SMA/SMK/SMP belajarlah lebih ulet lagi dimulai dari kini mungpun masih ada waktu.

Demikian.
Sumber http://www.excel-id.com/