Thursday, November 15, 2018

√ Cara Daftar Nomor Pendaftaran Perpustakaan

 penataan arahan identititas pada setiap unit perpustakaan di seluruh Indonesia di bawah koo √ CARA DAFTAR NOMOR REGISTRASI PERPUSTAKAAN

Sistem Nomor Pokok Perpustakaan (NPP) merupakan penerapan (aplikasi) penataan arahan identititas pada setiap unit perpustakaan di seluruh Indonesia di bawah koordinasi Perpustakaan Nasional menurut arahan provinsi, kabupaten/kota. Nomor pokok perpustakaan diberikan kepada sekolah yang sudah memperlihatkan profil perpustkaannya kepada Perpustakaan Nasional. Profil perpustakaan sekolah akan disimpan dalam pangkalan data perpustakaan, yang sanggup diakses melalui http://npp.pnri.go.id ataumelalui google dengan menulis Aplikasi NPP Selanjutnya perpustakaan yang sudah mengirimkan profil perpustakaannya akan mendapat akreditasi.

Tujuan
Nomor Pokok Perpustakaan (NPP) diberikan dalam rangka memudahkan training perpustakaan. Dengan mengetahui peta kondisi perpustakaan di Indonesia akan memudahkan penyusunan program/kegiatan training perpustakaan melalui training sumber daya perpustakaan.
Menetapkan legalisasi perpustakaan.

Akreditasi diberikan menurut tipologi perpustakaan yang sudah ditetapkan ialah perpustakaan:
Tipe A
Tipe B
Tipe C

Nomor  Registrasi  perpustakaan  didapat  dari  website resmi NPP Perpustakaan  Nasional Republik Indonesia denga alamat http://npp.pnri.go.id/. Berikut ini Cara Memperoleh Nomor  Registrasi  Perpustakaan, baik bagi sekolah yang sudah terdaftar di website resmi Perpustakaan  Nasional maupun bagi sekolah yang belum terdaftar website resmi Perpustakaan  Nasional.

A. Berikut ini Cara Memperoleh Nomor  Registrasi  Perpustakaan bagi sekolah yang sudah terdaftar di website resmi NPP Perpustakaan  Nasional:

Akses alamat website http://npp.pnri.go.id/ kemudian akan muncul halaman utama website Perpustakaan Nasional Republik Indonesia



Pilih sajian Aplikasi NPP 


Pilih Menu Aplikasi NPP
Laman Website NPP Perpustakaan  Nasional 
Pada aplikasi NPP pilih sajian Profille Perpustakaan

Pilih Menu Aplikasi NPP
Laman Website NPP Perpustakaan  Nasional 


Cari NPP dengan memasukan nama perpustakaan atau Nama Sekolah



B. Berikut ini Cara Memperoleh Nomor  Registrasi  Perpustakaan bagi sekolah yang belum terdaftar website resmi NPP Perpustakaan  Nasional atau apabila NPP sekolah Anda tidak ditemukan berikut ini caranya Registrasi NPP Baru

  1. Bagi yang pertama kali memasukan data via web, daftarkan terlebih dahulu perpustakaan anda untuk mendapat user login dan password, dimana user login anda sekaligus merupakan nomor pokok perpustakaan anda.
  2. Catat baik-baik nomor pokok perpustakaan anda dan passwordnya, ini akan dipergunakan untuk updating data anda dikemudian hari.
  3. Tata cara pendaftaran, klik sajian pendaftaran NPP baru, atauhttp://npp.pnri.go.id/npp/main/index.php?module=regnpp ikuti langkah-langkah selanjutnya sesuai dengan isian yang wajib anda isi, menyerupai data provinsi, data kabupaten/kota, data kecamatan, jenis perpustakaan dan status perpustakaan.
  4. Untuk mengisi jenis perpustakaan sebaiknya perhatikan pendefinisian masing-masing jenis perpustakaan pada sajian ruang lingkup, semoga isian anda benar.
  5. Selanjutnya isilah data-data perpustakaan anda selengkap-lengkapnya, disarankan setiap simpulan mengisi satu halaman tekan tombol simpan untuk menyimpan data isian anda, selanjutnya lanjutkan isian ke halaman berikutnya hingga tuntas seluruhnya.


Berikut ini pola formulir isian yang harus Anda secara online dihttp://npp.pnri.go.id/npp/main/index.php?module=regnpp

Formulir Pendaftaran Nomor Pokok Perpustakaan (NPP)


Apabila berhasil Anda akan memperoleh konfirmasi menyerupai gambar berikut ini


Konfirmasi Pendaftaran Nomor Pokok Perpustakaan (NPP)


Cara Pengisian/Updating Data Bagi Yang Sudah Mempunyai NPP:

  1. Masukan user dan password untuk login.
  2. Setelah login berhasil, isilah atau update data perpustakaan anda dengan menentukan menu-menu yang ada di sajian Data Perpustakaan.
  3. Disarankan untuk melaksanakan penyimpanan data segera sehabis pengisian data simpulan dalam setiap sajian isian/halaman.
Sebelum Anda mengakses website resmi Aplikasi Nomor Pokok Perpustakaan (NPP) Perpustakaan  Nasional Republik Indonesia sebaik Anda d0wnl0ad PANDUAN PENDAFTARAN NOMOR  REGISTRASI  PERPUSTAKAAN (NPP) ----Klik Disini

Sumber : ainamulyana.blogspot.co.id

Sumber http://www.pgrionline.com