Sunday, November 18, 2018

√ Cara Gampang Menyimpan Hasil Pencarian File Dan Folder Di Windows Explorer

Cara Menyimpan Pencarian Di Windows Explorer – Semakin banyaknya file yang tersimpan di komputer entah itu file dokumen, gambar, video, dan sebagainya tentunya akan menyulitkan kita kalau suatu ketika kita membutuhkan kembali file tersebut. Apalagi kalau file-file tersebut kita simpan secara tidak beraturan atau tidak buat kelompok tertentu. Sebaiknya file-file tersebut Anda simpan di komputer dengan teratur. Kita buat kelompok tertentu menurut jenis file tersebut. Misal kita buat folder dengan nama “Dokumen Word” yang didalamnya berisi sekumpulan file-file dokumen saja. Dengan melaksanakan cara ini, maka ketika kita membutuhkan file tersebut akan lebih gampang dalam menemukannya. Namun kalau sudah terlanjur menciptakan file dan folder yang tidak beraturan, Anda sanggup dengan cepat mengubah nama file atau folder menggunakan trik tertentu.


Baca Juga : Cara Mengatur Auto Save Office Word Agar File Lebih Cepat Tersimpan Secara Otomatis


Selain dengan menciptakan kelompok folder menurut jenis file tertentu, ketika kita galau mencari file yang telah dibentuk sanggup juga dengan memanfaatkan fitur Pencarian (Search) Windows. Terbukti dengan memakai pencarian Windows sanggup lebih cepat dalam menemukan file tertentu. Kecuali kalau kita telah lupa kata kunci file tertentu. Karena pencarian Windows juga mengandalkan kata kunci yang kita masukkan. Jika kata kuncinya lupa, kemudian mau apa yang dicari? Dengan begitu mungkin satu-satunya cara ialah dengan mencari file secara manual saja.


Cara Menyimpan Pencarian Di Windows Explorer √ Cara Praktis Menyimpan Hasil Pencarian File Dan Folder Di Windows Explorer


Namun tahukah Anda bahwa hasil pencarian kita di Windows itu sanggup kita simpan. Maksudnya ialah pertama untuk lebih mempercepat proses lagi kalau suatu ketika membutuhkan file pencarian tersebut. Atau sanggup juga dikhawatirkan kedepannya kita lupa dengan kata kunci dari file itu sendiri. Dengan menyimpan pencarian maka selanjutnya kita hanya cukup klik atau membuka file tersimpan tersebut.


Berikut Cara Menyimpan Pencarian Di Windows Explorer


Kenapa aku katakan Windows Explorer? Karena menyerupai yang sudah kita tahu bahwa jendela Windows yang sanggup menampilkan seluruh isi komputer ialah hanya terdapat di Windows Explorer. Jendela Windows Explorer juga ialah fitur tercepat Windows ketika kita ingin mencari file atau folder tertentu di komputer.


Bukan hal yang sulit untuk masuk ke jendela Windows Explorer. Ketika komputer masih memakai Windows XP, untuk masuk ke halaman Explorer ialah dengan cara klik kanan pada Start dan Explorer. Namun sehabis Windows berkembang khususnya lagi sehabis Windows 7, 8, dan 10 kita sanggup melihat terang folder kuning yang terpasang di Taskbar erat tombol Start. Nah folder tersebut ialah folder untuk menuju ke halaman Windows Explorer. Kemudian untuk lebih mempercepat lagi kita sanggup juga dengan menekan Windows+E pada keyboard.


Jika kini Anda sudah berada di jendela Windows Explorer, untuk memunculkan kolom pencarian cara cepatnya Anda sanggup menekan Ctrl+F pada keyboard. Kemudian Anda ketikkan kata kunci file yang akan dicari, misal disini aku akan mencari file dengan kata kunci “Cara Membuat” kemudian Enter.


Maka seketika juga jendela Windows Explorer akan menampilkan beberapa file yang tersimpan di komputer yang tentunya sesuai dengan kata kunci yang kita cari. Yang ditampilkan sanggup berupa folder, file dokumen, gambar, video, dan sebagainya. Nah semoga kedepannya tidak kesulitan lagi dalam menemukan file tersebut, silakan Anda klik Save seacrh untuk menyimpannya.


Cara Menyimpan Pencarian Di Windows Explorer √ Cara Praktis Menyimpan Hasil Pencarian File Dan Folder Di Windows Explorer


Sekarang Anda akan diminta untuk memilih lokasi penyimpanan hasil pencarian tersebut. Disini aku akan menyimpan pencarian di Local Disk D saja. Klik Save untuk menyimpan pencarian.


Cara Menyimpan Pencarian Di Windows Explorer √ Cara Praktis Menyimpan Hasil Pencarian File Dan Folder Di Windows Explorer


Contoh hasil pencarian di Windows Explorer yang telah aku simpan sanggup Anda lihat pada gambar di bawah. Kedepannya kita tinggal klik saja folder tersebut kalau memang kita butuhkan.


Cara Menyimpan Pencarian Di Windows Explorer √ Cara Praktis Menyimpan Hasil Pencarian File Dan Folder Di Windows Explorer


Folder hasil pencarian di Windows Explorer tersebut juga sanggup kita tampilkan di layar desktop. Tentunya hal ini akan lebih mempercepat lagi kalau kita memakai file hasil pencarian tersebut. Caranya silakan klik kanan pada folder pencarian dan pilih Send to > Desktop (create shortcut).


Cara Menyimpan Pencarian Di Windows Explorer √ Cara Praktis Menyimpan Hasil Pencarian File Dan Folder Di Windows Explorer


Tentunya Cara Menyimpan Pencarian Di Windows Explorer ini bukan perkara yang sulit dan siapapun sanggup mempraktikkannya dengan cepat. Silakan selamat mencoba trik ini dan semoga ada manfaatnya.



Sumber https://info-menarik.net