Wednesday, November 14, 2018

√ Cara Lain Menciptakan Header Atau Judul Kolom Pada Listbox

Kenapa ada cara lain untuk menciptakan atau menampilkan header/judul kolom pada listbox? Pernah aku bahas bahwa ada dua cara yang aku tahu untuk menciptakan header silakan cek

Dua Cara Membuat Header Pada Listbox
Cara diatas memang banyak dipakai oleh pengguna VBA excel namun bahu-membahu ada cara lain untuk menampilkan header atau judul kolom pada listbox dan cara ini tentunya judul kolom atau header dibentuk sendiri tanpa mengambil data yang sesuai pada worksheet. Misalnya aku mempunyai data di excel sebagai berikut


Data diatas merupakan tabel dari worksheet dan gambar yang ditunjukan oleh anak panah warna hijau tersebut merupakan header atau judul kolom jikalau ingin ditampilkan semua silakan list tutorial aku sebelumnya pada lik diatas.

Cara lain yang aku maksud disini ialah bagaimana mengganti "Nama" menjadi "Nama Pegawai" lalu "Tempat Lahir" menjadi "Tempat Lahir" dan "Tanggal Lahir" menjadi "Tgl.Lahir". perhatikan hasil dari listbox berikut ini



Lihat perubahan pada userform listbox tersebut judul kolom untuk setiap item atau header berbeda dengan yang ada pada worksheet.

Lihat Cara Input Data dari Listbox ke Workshet dengan VBA
Demikian tutorial singkat ini agar bermanfaat dan selamat mencoba.


Sumber http://www.excel-id.com/