Sunday, December 16, 2018

√ Menciptakan Laporan Keuntungan Rugi Perusahaan Dengan Excel 2010

excel-id.com | Laporan keuntungan rugi merupakan hal pernting bagi perusahaan mengingat selesai dari hasil perjuangan ialah untuk mendapat keuntungan dan hal ini akan diketahui oleh sebuah laporan berupa kertas yang menjabarkan apakah perusahaan tersebut memperoleh Laba ataukah sebaliknya rugi?. Sebuah laporan keuangan biasanya perusahaan produk dan jasa pada selesai bulan atau selesai tahun harus menciptakan sebuah laporan keuangan. Laporan keuangan ini dilengkapi dengan laporan Laba / Rugi.

Seberapa Pentingkah sebuah Laporan Laba/Rugi bagi perusahaan?

Sebuah perusahaan akan berkesinambungan atau akan melanjutkan usahanya kalau perjuangan yang dilkukannya mengalami keuntungan atau keuntungan dan dalam prinsip ekonomi bahwa kalau pendapatan lebih besar dari pengeluaran disebut untung. Lalu apa saja unsur dari laporan keuntungan rugi perusahaan tersebut. Berikut 5 Unsur yaitu

Pendapatan dari penjualan
Dikurangi Beban pokok penjualan
Laba/rugi kotor
Dikurangi Beban usaha
Laba/rugi usaha
Ditambah atau dikurangi Penghaslan/beban lain
Laba/rugi sebelum pajak
Dikurangi Beban pajak
Laba/rugi bersih

Laporan keuntungan rugi ialah suatu laporan yang mengatakan pendapatan-pendapatan dan biaya-biaya dari suatu perjuangan untuk suatu periode tertentu. Selisih antara pendapatan-pendapatan dan biaya merupakan keuntungan yang diperoleh atau rugi yang diderita oleh perusahaan. Laporan keuntungan rugi yang kadang kala disebut laporan penghasilan atau laporan pendapatan dan biaya merupakan laporan yang mengatakan kemajuan keuangan perusahaan dan jga merupakan tali penghubung dua neraca yang berurutan.

Anda sanggup simak bagaimana cara Membuat Neraca dengan memakai Excel
Berikut pola bentuk laporan rugi keuntungan perusahaan format Excel 2010



Pendapatan Usaha dan pendapatan perjuangan lain harus ditulis dan data sanggup diambil dari Neraca. untuk perbandingan Anda harus menuliskan periode 2015 dan periode 2014 sebagai materi perbandingan apakah ada kenaikan atau bahkan penurunan untuk jenis pendapatan ini. Ada juga yang dinamakan pendapatan dan biaya diluar perjuangan tentu hal ini juga harus dimasukan kedalam laporan keuangan keuntungan / rugi perusahaan Anda. Untuk mengetahui kenaikan pendapatn Anda sanggup kalkulasikan dengan memakai rumus pengurangan antara di tahun 2014 dan tahun 2015 silakan gunakan rumus =E10-K10 dan berpa pula persentasenya silakan tuliskan rumus =IF(ISBLANK(K10);0;G10/K10). Rumus ISBLANK ini boleh dipakai kalau tidak juga tidak persoalan namun kalau tidak dipakai akan menghasilkan rumus error silakan simak Cara Menghilangkan pesan rumus Error

Biaya Operasional
Biaya operasional merupakan hal yang mutlak alasannya ialah setiap acara perjuangan tentu akan memakai operasional dan ini dibebankan kepada perusahaan maka dalam hal penyusunan laporan rugi keuntungan harus dimasukan. Untuk jenis biaya operasional dalam hal laporan berkelahi rugi ialah sebagai berikut :
  • Biaya Gaji Bagian Operasional
  • Biaya Perlengkapan
  • Biaya Transportasi
  • Biaya Akomodasi
  • Biaya Konsumsi
  • Biaya Listrik
  • Biaya Telepone
  • Biaya Air
  • Biaya Penyusutan Peralatan
  • Biaya Penyusutan Kendaraan
  • Biaya Operasional Lain-lain
Biaya Operasional ini Anda sanggup ambil datanya melalui neraca saldo yang telah ditulis sebelumnya.

Biaya Administrasi dan Umum
Jenis biaya berikutnya ialah biaya administrasi. Sebuah acara perjuangan tentu tidak terlepas dari acara manajemen contohnya pembelian ATK, pembayaran honor pegawai, penyusutan peralatan dan lain-lain.

Ok, Selamat menciptakan laporan keuangan keuntungan / rugi perusahaan. Semoga perusahaan Anda tetap mendapat keuntungan alias LABA. dan jangan lupa sedekah. hehe.
Sumber http://www.excel-id.com/