Tutorialankha.com | VLOOKUP yaitu salah satu fungsi Excel yang paling berguna, dan ini juga salah satu yang paling tidak dimengerti. Pada artikel ini, kita demystify VLOOKUP dengan cara contoh kehidupan nyata. Kami akan menciptakan Template Faktur yang sanggup dipakai untuk perusahaan fiktif.
VLOOKUP yaitu fungsi Excel. Artikel ini akan mengasumsikan bahwa pembaca sudah mempunyai pemahaman lewat fungsi Excel. Dalam penggunaannya yang paling umum, VLOOKUP merupakan fungsi database, yang berarti bekerja dengan tabel database - atau lebih sederhana lagi, daftar hal-hal dalam lembar kerja Excel.
Hal macam apa Baiklah, Bagaimanapun juga. Anda mungkin mempunyai lembar kerja yang berisi daftar karyawan, atau produk, atau pelanggan, atau CD dalam koleksi CD Anda, atau bintang di langit malam. Tidak masalah. :D
Cara Menggunakan fungsi VLOOKUP di Excel Full Page
Sesuai dengan namanya VLOOKUP ini merupakan abreviasi dari vertical lookup yang berarti berkhasiat untuk mencari suatu data secara vertikal, alasannya yaitu di aplikasi Excel ini juga terdapat beberapa fungsi khusus untuk mencari data secara horizontal yaitu HLOOKUP atau horizontal lookup.
Dalam penulisan dari rumus VLOOKUP yaitu sebagai berikut:
=VLOOKUP(lookup_value;table_array;col_index_num;[range_lookup])Keterangan:
- lookup_value : berupa nilai yang akan dicari di kolom pertama tabel atau rentang.
- table_array : ini berupa tabel tumpuan yang ingin dicari datanya pada kolom pertamanya yang berfungsi atau dipakai sebagai pola untuk nilai lookup_value
- col_index_num : yaitu berupan nomor kolom pada table_array yang ingin di cari datanya.
- range_lookup : yaitu berupa pilihan untuk memilih nilai yang persis (mirip) atau yang mendekati.
FALSE (2) untuk mencari nilai yang sama persis
Jika pada range_lookup tidak diisi atau dikosongkan maka otomatis dianggap sebagai TRUE.
Berikut yaitu contoh daftar tabel yang telah saya buat.
![]() |
Contoh daftar Table VlookUp |
Pada gambar tabel diatas terdapat dua buah jenis tabel, yaitu berupa tabel sumber dan tabel referensi, ini nantinya kita akan Mengisi Jumlah orang yang ada diindonesia yang mengambil sesuai Fakultas. Pada tabel sumber dengan kolom Kode digunakan sebagai nilai pencarian atau lookup value ke suatu tabel refensi yang berisikan Kode, Fakultas, Jurusan dan Jumlah.
Perhatikan cara penyelesaiannya berikut ini.
- Buka lembar kerja excel, kemudian buatlah 2 tabel menyerupai pada gambar diatas. Agar anda tidak bingung, setiap tabel beri judul, menyerupai tabel sumber dan tabel referensi.
- Pada tabel sumber kolom Jumlah kosongkan terlebih dahulu, alasannya yaitu dikolom tersebutlah kita akan mencari nilai Jumlah dengan mengambil data dari tabel tumpuan memakai fungsi VLOOKUP.
- Setelah anda selesai menciptakan tabel menyerupai diatas.
- Pada tabel sumber kolom refensi, letakkan kursor dibawah nama kolom, pada gambar saya meletakkan kursor di cell E3.
Lalu tuliskan rumus =VLOOKUP(B3;B17:E21;2), pada kolom fakultas
dan tuliskan rumus = VLOOKUP(B3;B17:E21;4), Pada kolom Jumlah - Setelah anda menuliskan Rumus tersebut tekan Enter
![]() |
Penerapan Kode VlookUp |
- Apabila nilai yang keluar sama dengan tabel refensi, maka rumus yang anda gunakan benar.
- Setelah itu, untuk mengisi nilai kolom fakultas dan jumlah berikutnya, anda tidak perlu menuliskan rumus lagi. Anda sanggup memakai dengan cara menyeret tanda (+) pada cell Fakultas dan jumlah samapi ke kolom paling akhir.
- Apabila ada terjadi #N/A menyerupai pada gambar dibawah ini lakukan penambaha simbol $ pada tiap isyarat yang diambil dalam tabel referensi.
Ulangi kembali dari masukan Kode =VLOOKUP(B3;B17:E21;2) dan =VLOOKUP(B3;B17:E21;4) dan tambakan isyarat $ di tiap isyarat yang diambil dalam tabel referensi.
Misalkan (Ket: goresan pena yang berwarna merah yaitu isyarat yang diambil di tabel Referensi
=VLOOKUP(B3;B17:E21;2) menjadi =VLOOKUP($B$3;$B$17:E21;2)
=VLOOKUP(B3;B17:E21;4) menjadi =VLOOKUP($B$3;$B$17:E21;4)
Dimana diambil isyarat $ ? anda cukup menekan tombol SHIFT pada keyboard dan cari simbol $ bisanya terletak di nomor 4 jadi tekan SHIFT + 4 di keyboard anda.
Anda sanggup melihat gambar animasi ini untuk mempermudah pengeditan.
![]() |
Memperbaiki jikalau ada kesalahan dalam penerapan rumus |
Demikian artikel yang diberikan wacana Cara Menggunakan fungsi VLOOKUP di Excel Full Page Dengan Penjelasan dan Contoh biar isu yang diberikan bermanfaat dan sanggup menambah ilmu pengetahuan anda. Sampai jumpa di postingan selanjutnya..
Sumber http://www.tutorialankha.com