| Dalam mengaplikasikan atau menjalankan Microsoft Excel, tentunya kita tidak lepas dengan yang namanya Formula atau rumus pada aplikasi Excel ini. Begitu banyak rumus yang mesti kita harus pelajari salah satunya ialah yang akan kita bahas ketika ini yaitu mencari nilai rata-rata atau Average di microsoft excel.

Dalam hal ini akan membahas mengenai Cara gampang menghitung Nilai Average di Microsoft Excel lengkap dengan gambar ini supaya sanggup gampang dipahami dan diperaktekan.
Cara Menghitung Nilai Average (Nilai Rata-rata)
Avarage ini berfungsi untuk mencari nilai rata-rata dari sekumpulan data (range).
Bentuk umum penulisannya ialah :
=AVERAGE(number1, number2,…), dimana number1, number2, dan seterusnya ialah range data yang akan dicari nilai rata-ratanya.
Dalam penulisan rumus atau formula di microsoft excel harus didahului dengan tanda sama dengan "="
Contoh cara kerjanya :
- Buka aplikasi Microsoft Office Excel kalian baik itu microsoft Office Excel 2003, 2007, 2010, 2013, maupun yang update lagi 2017
- Buatlah tabel sederhana menyerupai gambar dibawah ini
- Setelah itu mari kita hitung berapa nila Avarage atau nilai rata-rata di bulan januari dari 7 orang tersebut
- Letakkan kursor ke baris nilai rata-rata di kolom Januari kemudian ketikkan rumus =average(C2:C7) lalu enter.
- Untuk memasukkan data dengan mudah, sesudah rumus =average( tandai seluruh data dari kolom C baris 2 hingga baris 6 kemudian tekan enter. Perhatikan gambar gif berikut untuk mempermudah kalian
Untuk mengisi nilai rata-rata darJ 7 orang tersebut selanjutnya dari bulan Februari sampai Desember gunakan cara berikut untuk mempermudah kalian sehingga tidak mengisi kembali 1 persatu
- Arahkan Kursor kalian di kotak pojok kanan bawah di kolom hasil rata-rata yang gres kalian jumlah tadi hingga muncul tanda plus (+) kemudian klik dan tarik hingga kolom nilai rata-rata di bulan desember
Jika kalian masih agak sulit kalian sanggup melihat gambar gif berikut
Nah hingga disini supaya kalian sanggup memahami dan memperaktekannya
Lalu bagaimana cara menghitung perorangan dari bulan februari hingga bulan desember tersebut? Caranya hampir sama. kalau kalian telah memahami hal yang diatas tentunya cara ini akan sangat gampang untuk diketahui
- Untuk memulai menghitungnya Letakkan kursor ke kolom nilai rata-rata pada baris Andi kemudian ketikkan rumus =average(C2:K2) lalu enter.
- Untuk cara mudahnya, sesudah rumus =average( tandai seluruh data dari kolom C baris 2 hingga Kolom K baris 2 kemudian tekan enter.
- Jika tamat untuk melanjutkan pengisian nilai rata-rata dari orang selanjutnya kalian tinggal letakkan kursor ke bab pojok kanan bawah hingga muncul tanda plus (+) kemudian tarik hingga kolom nilai rata-rata baris yuda.
- Perhatikan gambar gif berikut untuk mempermudah kalian dari nomo1-3
Sampai disini usai sudah pembahasan kita mengenai Cara menghitung Nilai Average Nilai rata-rata di Microsoft Excel ini sebagai pembelajaran dan supaya sanggup menambahkan wawasan bagi teman sekalian semua dalam mengaplikasikan Microsoft Excel ini.
Jika kalian memiliki permasalahan atau masukan silahkan beri komentar pada kolom komentar dibawah. Wassalam
Sumber http://www.tutorialankha.com