| Dalam mengaplikasikan atau menjalankan Microsoft Excel, tentunya kita tidak lepas dengan yang namanya Formula atau rumus pada aplikasi Excel ini. Begitu banyak rumus yang mesti kita harus pelajari salah satunya ialah yang akan kita bahas ketika ini yaitu menjumlahkan sekumpulan data atau yang biasa kita kenala dalam microsoft excel yaitu SUM.
Untuk itu kali ini akan share bagaimana Cara gampang memakai Rumus Sum di Microsoft Excel lengkap beserta contoh dan gambarnya ini dan semoga gampang dipahami dan sanggup menambah wawasan kalian.
Fungsi SUM
Seperti yang kita telah singgung diatas SUM dipakai untuk menjumlahkan sekumpulan data pada suatu range.
Bentuk umum penulisan fungsi ini adalah
=SUM(number1, number2,…).
Dimana number1, number2 dan seterusnya yaitu range data yang akan dijumlahkan. Misalnya untuk menjumlahkan range data B7 hingga H7, maka rumusnya yaitu =SUM(B7:H7) . Untuk lebih jelasnya mari kita peraktekan dan pahami cara kerja rumus Excel yang satu ini yaitu SUM.
- Silahkan Buka microsoft Office Excel kesayangan kalian, Baik itu Microsoft Office 2003, 2007, 2010, 2013, 2015, ataupun yang terbarunya lagi 2017
- Buatlah teladan tabel menyerupai berikut.
Setelah kalian selesai membuatnya, Selanjutnya kita akan mengisi jumlah yang ada pada kolom L baris 2 dengan nama Andi. Untuk mengetahui yang mana baris (Mendatar) dan yang mana Kolom (menurun) perhatikan gambar berikut
Dari data tabel diatas kita akan mencari jumlah nilai Andi terlebih dahulu dari Bulan Januari hingga dengan November. Cara perhitungan dengan rumus SUM ini ialah
=SUM(C2:K2)
Keterangan:Cara kerjanya ialah :
- = : Kode wajib setiap kali kita ingin memasukan formula atau rumus Excel
- SUM : Ialah Rumus penjumlahan suatu data. yang kita bahas ketika ini
- C2 : Kolom C Baris ke 2 dari data excel kita akan mulai jumlah
- : : ialah sebuah penjumlahan mengikuti Rumus
- K2 : Kolom K Baris ke 2 dari data excel yang kita akan final jumlah
- Letakkan kursor ke kolom jumlah baris 2 kemudian ketikkan rumus =SUM(C2:K2)
- Lalu tekan Enter
Untuk memasukkan data dengan mudah, sesudah rumus =Sum( tandai seluruh data dari kolom C baris 2 hingga kolom K baris 2 kemudian tekan Enter. Perhatikan gambar gif berikut untuk mempermudah kalian dalam memperaktekannya
Nah hingga disini kita sudah mengetahui cara memakai Formula Sum ini.
Namun Untuk pengisian selanjutnya dari 6 orang berikut kalian tidak perlu memasukan rumus 1 persatu. caranya ialah
- Arahkan Kursor kalian di kotak pojok kanan bawah di kolom yang gres kalian jumlahtadi hingga muncul tanda plus (+) kemudian klik dan tarik hingga kolom Jumlah Baris 8.
- Perhatikan gambar giv berikut untuk mepermudah kalian
Nah hingga disini semoga kalian sanggup dengan gampang memahami.
Pengisian jumlah yang ada pada kolom dibawah selanjutnya ialah sangat gampang kalau kalian sudah memahami cara diatas,
Kita akan hitung dari keseluruhan jumlah januari terlebih dahulu semoga nantiya gampang untuk pengisian jumlah selanjutnya. Berikut cara pengisiannya
- Untuk memulai menghitungnya Letakkan kursor di baris Jumlah Kolom Januari kemudian ketikkan rumus =SUM(C2:C8) lalu enter.
- Untuk cara mudahnya, sesudah rumus =SUM( tandai seluruh data dari kolom C baris 2 hingga baris 8 kemudian tekan enter.
- Jika selesai untuk melanjutkan pengisian jumlah selanjutnya kalian tinggal letakkan kursor ke bab pojok kanan bawah dari hasil penjumlahan barusan hingga muncul tanda plus (+) kemudian tarik hingga baris Jumlah hingga kolom Desember.
- Perhatikan gambar gif berikut untuk mempermudah kalian dari nomo1-3
Sampai disini usai sudah pembahasan kita mengenai Cara gampang memakai Rumus Sum di Microsoft Excel lengkap dengan gambar dan teladan ini sebagai pembelajaran dan semoga sanggup menambahkan wawasan bagi teman sekalian semua dalam mengaplikasikan Microsoft Excel ini.
Jika kalian memiliki permasalahan atau masukan silahkan beri komentar pada kolom komentar dibawah. Wassalam..
Sumber http://www.tutorialankha.com