Friday, July 28, 2017

√ Seni Administrasi Pemasaran Pt Bni Life Insurance Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Asuransi

Abstrak

Latar belakang problem penelitian yaitu penjualan produk asuransi PT BNI Life Insurance yang meningkat dalam beberapa tahun. Terhadap fenomena tersebut, pertanyaan yang diajukan yaitu “Bagaimana PT BNI Life Insurance meningkatkan penjualan produknya?”

Untuk menjawab pertanyaan itu dipilih jenis penelitian deskriptif, memakai metode analisis kualitatif, dan jenis data yang dikumpulkan yaitu data primer data sekunder. Data primer diperoleh dengan penyebaran kuesioner kepada 30 responden. Dari pembahasan hasil penelitian yang memakai metode analisis kualitatif diperoleh kesimpulan sebagai berikut :
  1. Perencanaan dan pengendalian produk asuransi pada PT BNI Life Insurance sudah didasarkan pada analisis lingkungan strategis, pertimbangan faktor kunci keberhasilan dan menjadi potongan integral kebijakan administrasi strategik sebagaimana yang tertuang dalam perencanaan strategis perusahaan. Perencanaan dan pengendalian produk tersebut cukup efektif untuk menyikapi situasi perekonomian, persaingan bisnis dan meningkatkan omset penjualan produk. Dengan penympulan lain bahwa pihak administrasi BNI Life Insurance telah mempertimbangan banyak sekali faktor kunci keberhasilan yang tercakup dalam suatu konsep produk yang dipasarkannya. Berbagai faktor yang dipertimbangkan oleh administrasi BNI Life Insurance itu tidak terbatas hanya pada pengertian kualitas produk saja, tetapi banyak sekali faktor lain yang terkait dalam pemasaran produk, yang dipandang sebagai serangkai faktor kunci keberhasilan penjualan produk. Faktor-faktor kunci keberhasilan penjualan produk yang dipertimbangkan oleh pihak administrasi BNI Life Insurance mencakup keselarasan product, price, place and promotion.
  2. Meskipun Perencanaan dan Pengendalian Harga pada masing-masing jenis Asuransi BNI Life Insurance senantiasa mempertimbangkan faktor persaingan bisnis sejenis dan faktor laba perusahaan, namun perencanaan dan pengendalian harga terebut sudah diselaraskan dengan kebutuhan dan impian nasabah, biar dengan demikian produk-produk BNI Life Insurance tetap survive dalam menyikapi dinamika pasar. Dengan penyimpulan lain bahwa administrasi BNI Life telah memperhitungkan kebutuhan dan impian para nasabah sebagai faktor penentu dalam mencapai target-target penjualan produk. Artinya, administrasi BNI Life berupaya menempatkan kebutuhan dan impian nasabah sebagai fokus kajian dalam menyebarkan taktik perencanaan dan pengendalian harga untuk masing-masing jenis produk Asuransi BNI Life Insurance. Hal ini penting sekali, sebab tolok ukur keberhasilan dalam melakukan taktik perencanan dan pengendalian harga tertumpu pada kebutuhan dan impian serta kemampuan ekonomi calon-calon nasabah yang terdiri dari banyak sekali kalangan dan kelompok.
  3. Strategi Perencanaan dan Pengendalian Promosi produk-produk gres BNI Life Insurance secara kreatif, fleksibel, efektif dan efisien untuk meningkatkan penjualan produk sudah dijadikan kebijakan dan taktik pemasaran, biar produk-produk BNI Life Insurance tetap survive dalam menyikapi tantangan pasar. Dengan penyimpulan lain bahwa administrasi BNI Life telah memandang penting konsep perencanaan dan pengendalian promosi biar promosi yang dilakukannya senantiasa efektif untuk mengantisipasi persaingan bisnis sejenis; dan untuk menyikapi dinamika pasar yang semakin menuntut kualitas produk. Pandangan ini teraktualisasi melalui peningkatan penjualan produk yang berkesinambungan yang dicapai oleh BNI Life Insurance dalam beberapa tahun terakhir.

Sumber http://tesisdisertasi.blogspot.com