Friday, September 29, 2017

√ 4 Filsafat Perencanaan

AsikBelajar.Com | Sekurang-kurangnya ada empat filsafat perencanaan, yaitu filsafat sintesis (synthetis), rasionalisme (rationalism), pengembangan organisasi (organizational development), dan empirisme (empiricism).

1. Sintesis

Manheim (1949) memandang perencanaan sebagai suatu cara berpikir dan Dahl & Linblon (1953) memandang perencanaan sebagai suatu proses pengambilan keputusan. Etzioni (1969) memandang perencanaan sebagai proses bimbingan sosial di mana kontrol sosial dan konsensus harus diarahkan untuk mengoptimalkan keseimbangan antara pengawasan yang ketat dengan konsensus yang lemah. Ditambahkan oleh Etzioni bahwa perencanaan ialah proses psikologis dalam bentuk pembelajaran yang menekankan pada transaksi interpersonal.2. Rasionalisme

Menurut paham rasionalisme, perencanaan dipandang sebagai suatu bentuk pengambilan keputusan, suatu proses yang mengikuti langkah-langkah prosedural dalam pengambilan keputusan.


3. Pengembangan Organisasi

Benis (1969) beropini bahwa perencanaan berdasarkan pandangan pengembangan organisasi ialah sebagai salah satu metode perencanaan, yaitu proses pembelajaran mengenai kesadaran dan sikap anggota organisasi.


4. Empirisme

Penganut empirisme membagi teori perencanaan atas 1) aliran yang memusatkan perhatiannya pada aspek politik dan realitas fungsi ekonomi pada skala nasional, dan 2) aliran yang memfokuskan perhatiannya pada aneka macam studi politik pembangunan kota.


Sumber:

Usman, Husaini. 2011. Manajemen: Teori, Praktek, dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Hal.64.


Keyword terkait:

administrasi pendidikan dalam profesi keguruan, manajemen pendidikan berdasarkan para ahli, manajemen pendidikan dan manajemen pendidikan.




Sumber https://www.asikbelajar.com