Thursday, September 14, 2017

√ Panduan Lengkap Menciptakan Akun Di Google Classroom Dan Pengaturan Lainnya


Assalamu 'alaikum.

Sudah 4 semester ini jurusan saya memakai Google Classroom sebagai daerah pengumpulan kiprah pada beberapa mata kuliah.

Sebenarnya pengumpulan kiprah kelas sanggup dilakukan lewat email atau malah Whatsapp. Namun ada kelebihan dari google classrom yang tidak sanggup dimiliki oleh Email dan Whatsapp.

Kelebihan pertama google classroom terletak pada notifikasi tetang keterlambatan pengumpulan tugas. Tugas apapun yang dikumpulkan melewati deadline akan pribadi berstatus terlambat. Kemudian kiprah yang telah dikumpulkan sanggup ditarik kembali untuk diperbaiki kemudian dikirim ulang.

Kelebihan lainnya yaitu kita sanggup berkomunikasi dengan guru maupun  teman sekelas di bilah "Aliran", menambahkan komentar pribadi pada setiap kiprah yang dikirim, mendapat notifikasi tugas, membatalkan pengiriman kiprah untuk diperbaiki kemudian dikirim ulang, dan masih banyak lagi.

Cara Masuk ke Google Claasroom


Langkah awal untuk menciptakan akun di google classroom yaitu memastikan bahwa sobat memilik email. Usahakan email sobat mempunyai nama pengguna sesuai dengan nama orisinil sobat. Hal ini untuk mempermudah guru mengenal masing masing akun siswanya.

Cara Pertama : Memilih daftar email
  1. Buka https://classroom.google.com/
  2. Pilih alamat email. Alamat email tersimpan akan pribadi muncul di kotak dialog. Jika ingin memakai alamat ini, pribadi saja klik lanjutkan.


  3. Jika sobat mempunyai satu banyak email tersimpan di laptop, klik email yang muncul tadi kemudian pilihalah email yang sobat inginkan.



  4. Klik Lanjutkan

Cara Kedua : Memasukkan email lain
  1. Jika sobat ingin memasukkan email lain yang tidak ada di daftar, silahkan pilih "Gunakan akun yang lain"



  2. Masukkan alamat email kemudian klik tombol "Berikutnya



  3. Masukkan sandi email kemudian klik tombol "Berikutnya"



  4. Klik tombol "Lanjutkan"
Sekarang sobat telah masuk ke Google Classroom dan siap untuk memasuki kelas yang telah dibentuk oleh guru/dosen.

Memasuki Kelas di Google Classroom


Setelah menciptakan kelas di Google Classroom, guru/dosen akan mendapat arahan kelas yang sanggup dibagikan kepada siswanya sebagai password atau kunci untuk memasuki kelas tersebut.

Untuk memasuki kelas yang telah dibentuk oleh guru/dosen, ikuti petunjuk di bawah:
  1. Klik tanda plus (+) di pojok kanan atas



  2. Pilih gabung dengan kelas



  3. Masukkan arahan kelas yang telah diberikan kemudian klik "Gabung"

  4. Sekarang sobat telah berhasil masuk ke dalam kelas.
Di bawah ini yaitu salah satu kelas yang saya masukki yaitu SPA IV yang merupakan salah satu mata kuliah saya di jurusan arsitektur



Mengumpulkan Tugas di Google Classroom


Untuk sanggup mengumpulkan kiprah di google classroom, pastikan bahwa sobat telah menciptakan akun dan memasuki kelas yang telah dibentuk oleh dosen/guru.

  1. Masuk ke google classroom (https://classroom.google.com/)
  2. Pilih kelas dimana sobat mendapat tugas
  3. Klik bilah Tugas Kelas dan lihat kiprah yang masing-masing mempunyai tenggat waktu



  4. Klik kiprah yang akan dikerjakan dan pilih Lihat Tugas 
Disini sobat diberi dua pilihan. Sobat sanggup menciptakan tugasnya di halaman ini atau mengumpulkan kiprah yang telah dibentuk sebelumnya di Microsoft Word.

Untuk menciptakan tugasnya di halaman ini, klik tanda plus (+) dan pilih jenis dokumen yang ingin dibuat.




Untuk mengumpulkan kiprah yang telah dibentuk di microsoft office sebelumnya, ikuti langkah di bawah.

  1. Klik "Tambahkan" kemudian klik "File"



  2. Sobat sanggup mendrag file ke bab "Tarik File ke sini" atau sanggup juga dengan mengklik tombol "Pilih file dari  perangkat anda" dan cari file kiprah yang akan dikumpulkan.



  3. Jika ingin menambahkan File lain, sobat tinggal mengklik tombol Tambahkan File lainya dan menentukan file yang diinginkan

  4. Klik tombol "Upload"dan tunggu proses loading selesai



  5. Jika loading selesai, Klik Tombol "Serahkan" dan klik kembali "Serahkan" pada popup yang muncul



  6. Jika ingin memberikan sesuatu wacana kiprah ini ke pengajar,  sobat sanggup menuliskannya di bab "Tambahkan komentar Pribadi" dan mengklik posting. Jika tidak, abaikan saja



  7. Tugas telah berhasil terkirim dengan tanda munculnya tombol Batalkan pengiriman.

Membatalkan Pengumpulan Tugas


Membatalkan pengiriman kiprah sanggup dilakukan jikalau sobat merasa kiprah yang dikirim masih ingin diperbaiki dan batas waktu pengumpulan belum lewat.

Tugas yang dibatalkan kemudian sanggup di edit dan dikirim ulang menyerupai biasa. Adapun cara membatalkan pengiriman kiprah yaitu :
  1. Buka kembali kiprah yang telah dikirim
  2. Klik tombol "Batalkan Pengiriman" dan klik kembali "Batalkan Pengiriman" pada jendela yang muncul



  3. Klik tanda silang (x) pada kiprah yang telah dikirim.


Sekarang sobat sanggup mengedit atau memperbaiki kembali kiprah tadi dan mengirimkannya kembali dikala sudah selesai dengan catatan sebelum batas pengumpulan berakhir.

Terimakasih sudah membaca tutorial ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan ragu untuk berkomentar di di kolom komentar di bawah.

Sumber http://lasidin.blogspot.com