Friday, March 1, 2019

Al-Jazari, Penemu Robot Dan Asal Permintaan Robot Pertama Di Dunia

- Orang pertama pencipta robot. Siapa yang kenal penggagas pembuat robot? Jepang, Amerika?.... Bukan !!!, Tapi seorang Muslim. Selama ini penciptaan teknologi robot identik dengan negara maju menyerupai Jepang dan Amerika Serikat, tetapi tidak banyak orang mengetahui bahwa sebenarnya penemu robot pertama kali di dunia adalah seorang ilmuwan Muslim berjulukan Abū al-'Iz Ibn Ismā'īl ibn al-Razāz al-Jazarī dari Al-Jazira. Lalu bagaimana dongeng dan apa saja karya dari Al-Jazari ini?

Nah niscaya kau akan ingin tau dengan pertanyaan-pertanyaan berikut ini: siapakah pencipta robot yang pertama? dimana robot pertama kali diperkenalkan? dan bagaimanakah sejarah robot pertama di dunia?

 Siapa yang kenal penggagas pembuat robot Al-Jazari, Penemu Robot Dan Asal Usul Robot Pertama Di Dunia

Kisah pembuat robot pertama di dunia

Siapa penemu robot pertama di dunia? Penemu robot yang pertama yaitu Al-Jazari, merupakan seorang penulis buku ihwal ilmu pengetahuan mekanik tahun 1206. Di dalam buku yang Ia buat berisi ihwal 50 peralatan mekanik beserta arahan bagaimana cara merakitnya. Karena buku itulah Al-Jazari disebut sebagai ilmuwan muslim penemu konsep robot pertama di dunia.

Nama penemu robot pertama di dunia yaitu Al-Jazari sendiri berasal dari Mesopotamia yang kini dikenal sebagai wilayah tenggara dari Turki. Kehidupan sehari-hari dari Al-Jazari tidak berbeda jauh dari sang Ayah yang mengabdi sebagai kepala insinyur di Istana Artuklu. Istana dimana Al-Jazari hidup merupakan kediaman dari Dinasti Artuqid yang memiliki wewenang di wilayah timur Anatolia.

Setiap hari beliau selalu melaksanakan penemuan-penemuan merakit mekanik-mekanik robot walaupun sering mengalami kegagalan. Namun kegagalan bukanlah sesuatu yang beliau hindari, melainkan dari kegagalan tersebut beliau bisa mendata kegagalan menjadi keberhasilan.

Pencetus robot pertama adalah Al-Jazari, dialah ilmuwan muslim yang merancang pertama robot ternyata Ia juga seorang seniman. Dalam bukunya Ia memperlihatkan goresan pena ihwal penemuannya dan menggambarkannya dalam sebuah lukisan miniatur bergaya seni Islam era pertengahan.

Berikut hasil dari penemuan robot pertama Al-Jazari yang sudah terungkap:

Baca Juga: Bahaya!!!, Meriam Laser Pembunuh Drone Lahir, Kekuatannya Tak Terbatas!

1. Elephant Clock

Orang pertama yang menciptakan robot jam waktu yakni Al-Jazari. Dalam zaman masih tradisonal, seorang Al-Jazari sudah bisa menemukan aneka macam macam alat sederhana yang menjadi dasar menciptakan robot dikala ini. Hasil karya goresan pena pertamanya berjudul “The Book of Knowledge of Ingenious Mechanical Devices” menjelaskan 100 alat dengan teknologi mekanik beserta cara untuk membuatnya. Berkat hasil karyanya, bangsa barat ikut memujinya. Salah satu robot pertama yang diciptakan milik Al_Jazari yakni jam astronomi milik Giovanni de Dondi di tahun 1364 dan kini ide-idenya ihwal menciptakan mesik seduah menyebar luas di tempat Eropa. Al-Jazari, ilmuwan jenius penemu robot canggih berhasil menciptakan satu karya populer yakni The Elephant Clock atau jam gajah. Jam tersebut terdiri dari komponen hidrolik yang bergerak selama 1 jam.

Sampai dikala ini para pakar ilmu pengetahuan masih mengakategorikan sebagai satu warta penting dan sosok Al-Jazari menjadi pencipta robot pertama di dunia yang bisa menggabungkan ilmu Arab dan non Arab serta dibumbui dengan kreatifitasnya.

2. A Musical Toy

Orang pertama yang menemukan robot musik yakni Al-Jazari. Satu inovasi lain dari Al-Jazari yakni A Musical Toy, merupakan 1 set robot drumband otomatis yang digunkan dalam hiburan pementasan drama. A Musical Toy terdiri dari replika insan buatan yang sedang duduk di atas bahtera dengan teknologi hidrolik dan bisa menggerakkan sekaligus memainkan alat musik yang masing-masing mereka pegang. Penemu robot pertama di dunia Al-Jazari berhasil menciptakan settingan yang cocok untuk menciptakan satu mesin untuk menghasilkan irama merdu. Mungkin penemuannya yang satu ini juga kuat terhadap perkembangan dunia musik pada zaman itu.

Nah itulah artikel ihwal penggagas robot pertama di dunia. Kita sebagai muslim seharusnya patut berbangga alasannya penggagas robot pertama ialah seorang muslim bukanlah Jepang ataupun Amerika.

Terima kasih telah membaca artikel mengenai orang yang pertama kali menciptakan robot, biar sanggup mengispirasimu dalam menciptakan robot juga ya. Semoga bisa menjawab pertanyaanmu tentang orang yang pertama kali menciptakan robot dan bagaiamana proses pembuatan robot pertama.

Baca Juga: Keren! Jepang Terima Tantangan Duel Robot Giant Dengan Amerika

Sumber http://www.faktakah.com