Sunday, September 24, 2017

√ Soal Uas Ppkn Kelas X, Xi, Xii Semester 1 2018/2019 Dan Balasan

SOAL UAS PPKN Kelas X, XI, XII Semester 1 2018/2019. Pada kesempatan ini, kami ingin mengembangkan file Soal dan Jawaban PPKn untuk UAS Semester 1 Kelas X, XI dan XII yang bisa dipakai untuk materi rujukan UAS Semester 1 di tahun pedoman 2018/2019 ini. Menjelang Ulangan Akhir Semester 1 Tahun pedoman 2018/2019 ini, biasanya para guru sudah sangat sibuk sekali mempersiapkan kartu soal dan kisi-kisi soal UAS yang rencananya akan dikeluarkan untuk UAS Semester 1 Tahun pedoman 2018/2019 depan. Dimana pada tahun pelajaran 2018/2019 ini kurikulum yang dipakai yaitu kurikulum 2013 atau lebih dikenal dengan sebutan K13. Selain itu, soal-soal ini juga bisa dipakai oleh para siswa di kelas X, kelas XI dan kelas XII yang akan menghadapi ulangan simpulan semester. Dengan melaksanakan sering-sering banyak latihan mengerjakan soal UAS semester 1 PPKN kelas X, XI dan XII maka akseptor didik akan lebih gampang menghadapi soal yang keluar dikala UAS berjalan. 

 kami ingin mengembangkan file Soal dan Jawaban PPKn untuk UAS Semester  √ SOAL UAS PPKN Kelas X, XI, XII Semester 1 2018/2019 dan Jawaban

Soal PPKn UAS Semester 1 Kelas X, XI, XII tahun pedoman 2018/2019 Kurikulum 2013. Pada file kumpulan soal PPKn atau Soal PKN UAS Semester 1 Kelas X, XI dan XII ini terdapat pulan kunci balasan dan pembahasan yang disertakan dalam file tersebut. selain itu, juga terdapat beberapa pola kartu soal dan kisi-kisi yang akan kami bagikan supaya untuk mempermudah para guru dalam menyusun soal UAS di tahun pelajaran ini. Ada beberapa tipe soal yang kami sediakan dan Anda bisa menentukan sesuai dengan kebutuhan soal untuk akseptor didik di masing-masing sekolah Anda.

Beberapa review materi pelajaran PPKN di SMA/MK/MA kelas X, XI dan XII.
Pendidikan PPKn di SMA/MA/SMK/MAK  diperlukan sanggup berfungsi sebagai menjadi wahana bagi akseptor didik untuk mengimplementasikan sikap kewarganegaraan, pengetahuan kewarganegaraan, dan keterampilan kewarganegaraan dalam kehidupan sehari–hari. Pendidikan PPKn di SMA/MA/SMK/MAK  menekankan pada pinjaman pengalaman pribadi untuk mengembangkan kompetensi biar akseptor didik bisa memahami, meneledani, dan menerapkan dalam kehidupan sehari – hari berdasarkan pengetahuan yang dipelajari. 

Kompetensi Setelah Mempelajari Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Pendidikan Dasar dan Menengah untuk ruang lingkup Pancasila adalah:
  • Menghayati dan bersikap penuh tanggung jawab sesuai nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari; Menganalisis dan menerapkan keputusan bersama berdasarkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
  • Mensyukuri dan mendukung perwujudan Pancasila sebagai dasar Negara; Menganalisis  dan mendemonstrasikan langkah-langkah untuk mewujudkan Pancasila sebagai Dasar Negara.
  • Menghayati dan menghargai nilai-nilai yang menempel dalam pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban  warga negara sesuai dengan  Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara; Menganalisis dan menyaji nilai-nilai Pancasila terkait dengan kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Kompetensi yang harus dicapai akseptor didik sehabis mempelajari Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah/Madrasah Aliyah Kejuruan sebagai berikut:

Pancasila   

Menghayati, menghargai, menganalisis dan menyaji nilai-nilai Pancasila terkait dengan kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945   
Mensyukuri, mendukung, memprediksi dan menalar hasil penilaian praksis  (kehidupan  nyata) pelindungan dan penegakan aturan dalam masyarakat untuk menjamin keadilan dan kedamaian
Bhinneka Tunggal Ika   
Menghayati, membedakan, mengkontraskan dan menyaji hasil evaluasi  pengaruh  positif dan negatif  kemajuan IPTEK terhadap negara dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
Negara Kesatuan Republik Indonesia    
Mengembangkan, mempertahankan, mengevaluasi dan mendemonstrasikan dinamika persatuan dan kesatuan bangsa sebagai upaya   menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia

KOMPETENSI INTI SMA/MA/SMK/MAK KELAS X XI dan XII
Kelas X
  • KI.1 Menghayati dan mengamalkan pedoman agama yang dianutnya.
  • KI.2  Menunjukkan  sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif sebagai belahan dari solusi atas banyak sekali permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
  • KI.3 Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah.
  • KI.4 Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan

Kelas XI
  • KI.1 Menghayati dan mengamalkan pedoman agama yang dianutnya.
  • KI.2  Menunjukkan  sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif sebagai belahan dari solusi atas banyak sekali permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
  • KI.3  Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah.
  • KI.4 Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif serta  mampu  memakai metoda sesuai kaidah keilmuan.

Kelas XII
  • KI.1 Menghayati dan mengamalkan ajaranagama yang dianutnya.
  • KI.2  Menunjukkan  sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif sebagai belahan dari solusi atas banyak sekali permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
  • KI.3 Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya  wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah.
  • KI.4 Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah aneh terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara sanggup bangun diatas kaki sendiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan.

Peta Materi PPKn SMA/MA/SMK/MAK

Kelas X
  1. Nilai-Nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara.
  2. Ketentuan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 yang mengatur wacana wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, serta pertahanan dan keamanan  
  3. Kewenangan lembaga-lembaga Negara berdasarkan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
  4. Hubungan struktural dan fungsional pemerintahan sentra dan tempat berdasarkan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
  5. Faktor-faktor pembentuk integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika 
  6. Indikator bahaya terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di bidang ideologi, politik, social, ekonomi, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika 
  7. Arti pentingnya Wawasan Nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia

Kelas XI
  1. Kasus-kasus pelanggaran hak asasi insan dalam perspektif  Pancasila.
  2. Sistem dan dinamika demokrasi Pancasila sesuai dengan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
  3. Sistem aturan dan peradilan di Indonesia sesuai dengan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
  4. Dinamika tugas Indonesia dalam perdamaian dunia sesuai Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
  5. Kasus-kasus bahaya terhadap Ideologi, politik, sosial, ekonomi, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
  6. Faktor pedorong dan   penghambat persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia

Kelas XII
  1. Kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara
  2. Pelindungan dan penegakan aturan dalam masyarakat untuk menjamin keadilan dan kedamaian
  3. Pengaruh  positif dan negatif  kemajuan IPTEKterhadap negara dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
  4. Dinamika persatuan dan kesatuan bangsa sebagai upaya   menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia
Link Download: 


Soal UAS PKN X Sekolah Menengan Atas :

Soal UAS PKN XII SMA:
Soal PPKn UAS Semester 1 Kelas XII

Sumber http://www.arsipguru.web.id