Friday, November 17, 2017

√ 9 Prinsip-Prinsip Pembelajaran Tematik Terpadu Dalam K-13

9 Prinsip-Prinsip Pembelajaran Tematik Terpadu Pada Kurikulum 2013 adalah

Pembelajaran mempunyai prinsip-prinsip sebagai berikut:



  1. Peserta didik mencari tahu, bukan diberi tahu.

  2. Fokus pembelajaran diarahkan kepada pembahasan kompetensi melalui tema yang paling erat dengan kehidupan penerima didik.

  3. Terdapat tema yang menjadi pemersatu sejumlah kompetensi dasar yang berkaitan dengan banyak sekali konsep, keterampilan dan sikap.

  4. Sumber berguru tidak terbatas pada buku.

  5. Peserta didik sanggup bekerja secara berdikari maupun berkelompok sesuai dengan karakteristik acara yang dilakukan

  6. Guru harus merencanakan dan melaksanakan pembelajaran biar sanggup mengakomodasi penerima didik yang mempunyai perbedaan tingkat kecerdasan, pengalaman, dan ketertarikan terhadap suatu topik.

  7. Kompetensi Dasar mata pelajaran yang tidak sanggup dipadukan sanggup diajarkan tersendiri.

  8. Memberikan pengalaman pribadi kepada penerima didik (direct experiences) dari hal-hal yang nyata menuju ke abstrak.

  9. Kegiatan pembelajaran tematik yang dirancang dalam silabus bukan merupakan urutan acara pembelajaran, melainkan bentuk acara pembelajaran untuk mencapai Kompetensi Dasar guru sanggup melaksanakan penyesuaikan.


Sumber:

SILABUS SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH  (SD/MI) ttg TEMATIK TERPADU oleh KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN, 2016



Sumber https://www.asikbelajar.com