Majalah bisnis kenamaan dunia asal Amerika Serika baru-baru ini menerbitkan sebuah artikel yang menyebut Indonesia sebagai Macan Asia Tenggara Baru. Artikel berjudul “Indonesia: The New Tiger of Southeast Asia” edisi 14 Mei 2019 ditulis oleh Kontributor Forbes Elad Natanson, penulis ekonomi digital Forbes dan pendiri Appnext.
Indonesia disebut telah berkontribusi besar terhadap perkembangan ekonomi digital di Asia Tenggara. Perkembangan teknologi digital dunia memperlihatkan efek pada aneka macam sendi kehidupan masyarakat Indonesia. Muncul pula aneka macam macam start up lokal, beberapa diantaranya menyerupai Tokopedia, Traveloka, dan GOJEK yang mempunyai nilai sampai miliaran dolar.
Natanson dalam artikelnya memaparkan alasan yang mengakibatkan Indonesia sebagai Macan Asia Tenggara. Pertama, usia rata-rata masyarakat Indonesia yaitu 29 tahun dan hampir 60% masyarakat Indonesia berusia dibawah 40 tahun. Kedua, Indonesia merupakan salah satu negara yang paling mobile di dunia. Ketiga, 60% masyarakat Indonesia yang berusia remaja mempunyai smartphone.
Masyarakat Indonesia menghabiskan waktunya sampai 206 menit per hari di media umum dibandingkan rata-rata global dari 124 negara. Platform teratas menyerupai YouTube, Whatsapp, dan Facebook dipakai oleh lebih dari 80% masyarakat Indonesia. Dan 76% pengguna internet di Indonesia melaksanakan transaksi ekonomi dari ponsel, tingkat tertinggi e-commerce seluler dari 124 negara.
Melonjaknya pereknomian seluler Indonesia tak lepas dari lonjakan besar investasi ventura , dengan nilai mencapai US$ 6 miliar (Rp. 86 triliun) meningkat selama empat tahun terakhir. Investasi serta pertolongan masyarakat Indonesia yang lalu berhasil membesarkan brand-brand start up karya anak bangsa sampai berhasil menjadi unicorn besar di dunia.
Sumber https://phinemo.com