5 Faktor yang Mempengaruhi Berhasil Tidaknya Supervisi – AsikBelajar.Com. Menurut Purwanto (2004) ada beberapa faktor yang menghipnotis berhasil tidaknya supervisi atau cepat-lambatnya hasil supervisi antara lain:
- Lingkungan masyarakat kawasan sekolah itu berada di kota besar, di kota kecil, maupun di pelosok. Dil ingkungan masyarakat orang-orang kaya atau di lingkungan orang-orang yang pada umumnya kurang mampu. Di lingkungan masyarakat intelek, pedagang, atau petani dan lain-lain.
- Besar-kecilnya sekolah yang menjadi tanggung jawab Kepala sekolah/madrasah. Apakah sekolah /madrasah itu merupakan kompleks sekolah yang besar, banyak jumlah guru dan muridnya, mempunyai halaman dan tanah yang luas, atau sebaliknya.
- Tingkatan dan jenis sekolah. Apakah sekolah yang di pimpin itu SD/MI atau sekolah lanjutan, SLTP/MTs, SMU/MA atau Sekolah Menengah kejuruan dan sebagainya semuanya memerlukan perilaku dan sifat supervisi tertentu.
- Keadaan guru-guru dan pegawai yang tersedia. Apakah guru-guru di sekolah itu pada umumnya sudah berwenang, bagaimana kehidupan sosial-ekonomi, hasrat kemampuannya, dan sebagainya.
- Kecakapan dan keahlian Kepala sekolah/ madrasah itu sendiri. Di antara faktor-faktor yang lain, yang terakhir ini ialah yang terpenting.
Sumber:
Purwanto, Ngalim, 2004. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sumber https://www.asikbelajar.com