Tuesday, February 20, 2018

√ Biaya Pembuatan Samsung Galaxy S9+ Ternyata Hanya 5,2 Juta?

Baru-baru ini situs TechInsights mengungkapkan analisanya mengenai biaya komponen dan produksi dari smartphone Samsung Galaxy S9+. Hal yang mengejutkan ialah biaya produksi dan komponen ponsel tersebut ternyata totalnya ialah $379 atau hanya sekitar Rp 5,2 juta saja. Angka ini hanya setengah dari harga jual ponsel Galaxy S9+ di pasaran.


baru ini situs TechInsights mengungkapkan analisanya mengenai biaya komponen dan produksi  √ Biaya Pembuatan Samsung Galaxy S9+ Ternyata Hanya 5,2 Juta?


Berdasarkan informasi dari situs tersebut, komponen yang paling mahal ialah layar dengan panel Super AMOLED yang diusung oleh Samsung Galaxy S9+ yang diperkirakan mencapau $72,50. Sedangkan komponen kedua yang paling mahal ialah chipset Samsung Exynos 9810 yang ditaksir senilai $68. Sedangkan komponen lain yang cukup mahal ialah modul kamera yang mencapai $48.


Biaya produksi dan komponen Samsung Galaxy S9+ ini memang hanya setengah dari harga jualnya. Jika dibandingkan dengan iPhone X, harga komponen dan pembuatan Galaxy S9+ ini $10 lebih murah. Namun, angka produksi $379 ini murni hanya untuk komponen dan perakitan, tidak termasuk biaya riset, pengembangan, desain, distribusi, pajak, dan juga marketing.


Seperti yang kita ketahui, Samsung Galaxy S9+ ini masih mengusung spesifikasi layar yang sama dengan pendahulunya dengan ukuran mencapai 6,2 inci dengan aspek rasio kekinian, yakni 18,5:9. Resolusi layar Galaxy S9+ mencapai 2K dengan teknologi panel Super AMOLED yang sudah menjadi ciri khas Samsung, serta dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 5. Samsung Galaxy S9+ memakai OS Android 8.0 Oreo dengan antarmuka Grace UX.


Sisi performa, Samsung Galaxy S9+ ini mengalami lompatan kinerja yang signifikan alasannya ialah ponsel canggih tersebut ditenagai oleh prosesor octa-core Kryo dari chipset Samsung Exynos 9810 yang berlari dengan kecepatan 2,8GHz dan ditandemkan dengan RAM 4GB, serta diperkuat grafis mumpuni dari Mali-G72 MP18 yang powerfu. Adapun varian untuk China dan Amerika yang ditenagai oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 845.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com