Saturday, April 28, 2018

√ Fungsi Sarana Dan Prasarana Pendidikan


Ditinjau dari fungsinya terhadap proses berguru mengajar, prasarana pendidikan berfungsi tidak langsung.  Yang termasuk di dalam prasarana pendidikan yakni tanah, halaman, pagar, tanaman, gedung/bangunan sekolah, jaringan jalan, air, telepon, serta perabot/mebiler. Sedangkan sarana pendidikan berfungsi eksklusif terhadap proses berguru mengajar, menyerupai alat pelajaran, alat peraga dan media pendidikan (Gunawan, 1996:115).  


Ketiga macam golongan tersebut akan diuraikan satu persatu menurut klasifikasinya  masing-masing:


  1. Alat pelajaran yakni semya benda yang sanggup dipakai secara eksklusif oleh guru maupun murid dalam proses berguru mengajar, atau/alat benda yang dipergunakan secara eksklusif oleh guru maupun murid dalam proses berguru mengajar. Alat pelajaran sanggup berupa buku tulis, gambar-gambar, alat-alat tulis-menulis lain menyerupai kapur, penghapus, dan papan tulis maupun alat-alat praktek, semuanya termasuk ke dalam lingkup alat pelajaran. 

  2. Alat peraga yakni semua alat pembantu pendidikan dan pengajaran, baik berupa benda ataupun perbuatan  dari yang tingkatnya paling kongkrit hingga yang paling ajaib yang sanggup memepermudah santunan pengertian (penyampaian konsep) kepada murid atau segala sesuatu yang dipakai guru untuk memperagakan atau memperjelas pelajaran. 

  3. Media pendidikan yakni sarana  pendidikan yang dipakai sebagai mediator di dalam proses berguru mengajar untuk lebih mempertinggi efektivitas dan efisiensi, tetapi sanggup pula sebagai pengganti peranan guru. Biasanya pembagian terstruktur mengenai media pendidikan didasarkan atas indera yang dipakai untuk menangkap isi dari bahan yang disampaikan dengan media tersebut. Dengan cara pengklasifikasian ini dibedakan atas:



•    Media audio atau media dengar, yaitu media untuk pendengaran.

•    Media visual atau media tampak, yaitu media untuk penglihatan.

•    Media audio visual atau media tampak-dengar, yaitu media untuk indera pendengaran dan penglihatan.


Menurut Suharsimi Arikunto yang dikutif oleh Suryosubroto (2004:114), ditinjau dari fungsi atau kiprahnya terhadap pelaksanaan proses berguru mengajar, maka sarana pendidikan (sarana material) dibedakan menjadi 3 macam yaitu:

1)    Alat pelajaran.

2)    Alat peraga.

3)    Media pengajaran.


Sumber:



Gunawan, A.H. 1996. Administrasi Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta. hlm. 115

Suryosubroto. 2004. Manajemen Pendidikan Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta. hlm. 114


Sumber https://www.asikbelajar.com