Sunday, April 29, 2018

√ Hardiknas 2015, Siapa Menterinya?



Hardiknas 2015, Siapa Menterinya? – AsikBelajar.Com.  Mungkin secara umum dan kenyataan memang yang memberi sambutan adalah  atas nama Menteri Pendidikan dan Kebudaayan Anies Baswedan.  Namun kalau mencermati Hardiknas tahun ini yang bertema: “Pendidikan sebagai  Gerakan  Pencerdasan  dan Penumbuhan Generasi Berkarakter Pancasila” tidak lepas dari dibaginya kewenangan dunia pendidikan, yaitu Mendikbud yang menangani pendidikan dasar dan menengah, yaitu kewenangan yang bertanggungjawab terhadap pelaksanaan pendidikan tingkat SD hingga dengan Sekolah Menengan Atas termasuk pendidikan masyarakat dan PAUD.  Namun disisi lain, ada kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang dipimpin oleh Muhammad Nasir.


 Mungkin secara umum dan kenyataan memang yang memberi sambutan yaitu √ Hardiknas 2015, Siapa Menterinya?




Yang menjadi pertanyaan, apakah pendidikan tinggi bukan bab dari dunia pendidikan? Karena kita semua mengakui tanpa disadari yang memberi sambutan yaitu Anies Baswedan.  Bila itu yaitu jalan tengahnya, dan melihat dari titik berat kiprah yang diemban, maka sejatinya kita semua harus mengembalikan Kementerian tersebut dalam satu atap dan hanya dipisahkan oleh setingkat Dirjen.  Ataukah seharusnya kementerian riset, teknologi dan perguruan tinggi tinggi sebagai nama lain dari pendidikan tinggi.  Inilah efek politik yang ditimbulkan dalam dunia pendidikan, mungkin masih ada yang masih membingungkan lainnya.




Padahal dalam pidatonya Anies mempertanyakan pekerjaan yang bukan bidangnya dengan pertanyaan: “…berapa …jumlah perguruan tinggi tinggi di tempat kita?” (pada halaman tiga baris ke-4) Anehkankan?





Sumber https://www.asikbelajar.com