Wednesday, April 25, 2018

√ Memberi Tanda Tangan Digital (Digital Signature) Pada Dokumen Microsoft Office


Paket software Microsoft Office yang didalamnya terdapat beberapa software mencakup Microsoft Word, Microsoft Excell, Microsoft Power Point, Microsoft Access, dan beberapa software untuk keperluan office lain menjadi paket software office yang banyak dipakai pengguna komputer. Hal ini dikarenakan mengikuti kepopuleran sistem operasi Microsoft Windows yang mendominasi pengguna PC di dunia. Tak hanya itu, fitur-fitur yang ada dalam paket software Microsoft Office ini juga sangat lengkap dan bisa memenuhi banyak sekali kebutuhan pengguna.


Menyangkut kekayaan fitur yang ada dalam paket software Microsoft Office ini, terdapat sebuah fitur yang sanggup dipakai pengguna untuk memberi tanda tangan digital (Digital Signature) yang bermanfaat untuk menandai kepemilikan atau untuk pengukuhan sebuah dokumen. Kepemilikan atau pengukuhan dokumen ini menjadi sangat penting bagi pengguna yang mempunyai karya cipta yang hendak disebarluaskan, tentunya karya cipta ini yang sanggup dituangkan melalui dokumen. Atau juga bermanfaat untuk menangani dokumen-dokumen di kantor yang membutuhkan pengukuhan dari pemimpin perusahaan.


Tanda (Signature) untuk dokumen yang sanggup disisipkan dari software-software dalam paket Microsoft Office sanggup terbagi menjadi 2 yaitu tanda tangan (Signature) yang muncul atau tampil pada dokumen serta yang tidak (Digital Signature). Sebagai pola disini untuk sumbangan tanda tangan digital (Digital Signature) akan memakai versi software Microsoft Word 2010 yang termasuk pada paket instalasi Microsoft Office 2010, untuk versi lain sanggup mengikuti dan tidak jauh berbeda. Untuk membuat tanda tangan (Signature) yang tampak pada dokumen memakai Microsoft Word sanggup mengikuti cara berikut:


1. Buat sebuah dokumen pada Microsoft Word kemudian simpan dokumen tersebut


2. Klik pada tab Insert


3. Klik Signature Line – Microsoft Office Signature Line…


 yang didalamnya terdapat beberapa software mencakup  √ Memberi Tanda Tangan Digital (Digital Signature) pada Dokumen Microsoft Office


4. Masukkan data-data pada kolom isian yang tersedia dengan benar


 yang didalamnya terdapat beberapa software mencakup  √ Memberi Tanda Tangan Digital (Digital Signature) pada Dokumen Microsoft Office


5. Klik OK


6. Muncul tampilan Signature Line yang telah dibuat, tempatkan pada kawasan yang sempurna biasanya di final dokumen



 yang didalamnya terdapat beberapa software mencakup  √ Memberi Tanda Tangan Digital (Digital Signature) pada Dokumen Microsoft Office


Signature ini diperuntukkan untuk dokumen yang dicetak kemudian sehabis pengukuhan secara digital dilakukan. Kemudian perlu untuk memberi tanda tangan digital (Digital Signature) pada dokumen memakai Microsoft Word 2010 sanggup mengikuti cara berikut:


1. Buka dokumen yang akan diberi tanda tangan Digital


2. Klik File – Info


3. Pada pecahan Permissions klik Protect Document – Adda a Digital Signature


 yang didalamnya terdapat beberapa software mencakup  √ Memberi Tanda Tangan Digital (Digital Signature) pada Dokumen Microsoft Office


4. Tuliskan alasan mengapa perlu pengukuhan dokumen tersebut atau boleh juga dikosongi


 yang didalamnya terdapat beberapa software mencakup  √ Memberi Tanda Tangan Digital (Digital Signature) pada Dokumen Microsoft Office


5. Klik Add atau Change dan buat Certificate baru


6. Klik Sign


Perlu diketahui juga bahwa bisa juga menambahkan gambar tanda tangan pada Digital Signature ini. Cara untuk menyisipkan gambar tanda tangan pada Signature Line ialah sebagai berikut:


1. Double klik pada gambar Signature Line yang sudah dibentuk sebelumnya.


2. Akan muncul tampilan Sign. Klik Select Image…


3. Cari gambar tanda tangan yang diharapkan kemudian klik Open



4. Dan terakhir klik Sign


Pemberian tanda tangan digital (Digital Signature) ini akan lebih lengkap kalau pengguna juga menerapkan batasan agresi atau Permission yang sanggup dilakukan saat membuka dokumen. Pemberian Digital Signature pada dokumen Microsoft Office ini sangat bermanfaat untuk memberitahu kepada pengguna dokumen tersebut siapa pembuat dan pemilik dokumen tersebut. Digital Signature ini tentunya juga bermanfaat semoga orang lain tidak sembarangan mempergunakan dokumen tersebut, sebab dokumen yang sudah diberi tanda tangan digital ini tidak bisa dilakukan editing kembali, kalau orang lain merubah atau melaksanakan editing terhadap dokumen tersebut, maka secara otomatis Digital Signature tersebut akan hilang.










 yang didalamnya terdapat beberapa software mencakup  √ Memberi Tanda Tangan Digital (Digital Signature) pada Dokumen Microsoft Office


Related Posts:


Sumber aciknadzirah.blogspot.com