Banyaknya pembahasan perihal mitos dan misteri dunia penerbangan menimbulkan rasa penasaran, benar atau tidaknya mitos-mitos tersebut. Beberapa pertanyaan di dalam benak penumpang pesawat pun bermunculan. Seperti:
Apakah penumpang lebih cepat mabuk udara ketika berada pada ketinggian 35.000 kaki?
Mengapa jendela pesawat mempunyai lubang kecil?
Bagaimana seorang pilot menjalankan mesin pesawat?
Dan masih banyak pertanyaan lagi. Artikel ini akan menjawab rasa ingin tau Anda perihal pertanyaan-pertanyaan mengenai dunia penerbangan!
Kemanakah kotoran dalam toilet pesawat akan dibuang?
Kami pernah menuliskannya di sini, FAA (Federasi Administrasi Penerbangan Amerika Serikat) menjelaskan bahwa toilet dalam pesawat tak sanggup di kosongkan ketika pesawat terbang di angkasa. Hal itu dikarenakan katup pembuangan toilet terletak di luar pesawat. Kelep pembuangan hanya sanggup dioperasikan oleh para awak pesawat ketika berada di darat.
Hal tersebut berarti bahwa kotoran insan dan air kencing disimpan di dalam tabung selama penerbangan hingga hingga mendarat.
Dari tahun ke tahun selalu ada laporan perihal jatuhnya “blue ice” jatuh dari pesawat. Blue ice merupakan gumpalan kotoran dalam toilet. FAA menjelaskan bahwa beberapa toilet menyimpan tangki yang berisi materi kimia berwarna biru yang berfungsi untuk menghilangkan amis kedaluwarsa pada zat cair dan menguraikan benda padat.
Kadang kala, tabung atau tangki penyimpang mengalami kebocoran. Jika hal tersebut terjadi, air yang keluar dari tabung akan membeku secara seketika ketika air menghantam udara di luar pesawat. Walaupun demikian, bila blue ice jatuh dari pesawat, cairan yang beku tadi akan meleleh dan mencair ketika hingga di daratan. Jika blue ice tidak terjatuh ke bawah, blue ice secara otomatis akan mencair seketika ketika pesawat mulai mendarat. Kemudian blue ice akan menghilang menjadi satu titik kecil.
Benarkah kita akan cepat mabuk ketika berada pada ketinggian 35000 kaki?
Mitos lain yang masih diyakini beberapa penumpang ialah penumpang akan dengan cepat mabuk ketika melaksanakan penerbangan ketika berada pada ketinggian 35.000 kaki, lantaran pada ketinggian tersebut, kandungan oksigen pada udara sangat tipis.
Hasil penelitian menunjukan bahwa itu hanya mitos. Disebutkan dalam Skyscanner, hasil penelitian menemukan bila tak ada perbedaan yang signifkan antara mabuk di pesawat dan di darat. Fakta tersebut tetap saja tak banyak mengubah keyakinan penumpang bahwa mereka mabuk di pesawat lantaran di udara mempunyai kandungan oksigen yang tipis.
Anda sanggup tersedot ketika memakai toilet dalam pesawat!
Tenang saja, itu hanya sebuah mitos. Meskipun terdengar bunyi penghisap yang sangat keras ketika menekan tombol penyemprotan, tak usah khawatir. Anda tak akan tersedot dalam toilet.
Toilet pesawat mempunyai sistem penyedotan tertutup yang sangat kuat. Ketika Anda menyalakan tombol penyemprotan, sistem penyedotan yang terletak di tangki pembuangan menghisap apapun yang ada di dalam lubang toilet dan menariknya masuk ke dalam tangki. Dan tak ada hal mengerikan apapun. Petugas menemukan barang-barang yang seharusnya tak ada disana dari tangki pembuangan. Tapi, petugas tidak pernah mendapati seorang penumpang pun di dalamnya!
Memang benar bila penyedot kotoran hanya bekerja pada bibir pipa pembuangan. Tapi, toilet dan sistem penyedotan memang didesain ibarat itu jadi Anda tak akan tersedot masuk ke dalam pesawat.
Mengapa jendela pesawat berbentuk bulat?
Jendela berbentuk lingkaran merupakan standar kelengkapan yang wajib diterapkan oleh maskapai penerbangan komersial. Pada tahun 1952, jendela pesawat pernah didesain dalam bentuk persegi, tapi, jendela pesawat dalam bentuk persegi dianggap cacat dan tak lagi diterapkan.
Perbedaan tekanan dari dalam dan luar pesawat mengakibatkan tekanan pada masing-masing sudut jendela persegi yang kemudian mengakibatkan kegagalan struktural. Setelah terjadi serentetan kecelakaan yang mematikan, para tekhnisi berhasil mengidentifikasi dan merancang ulang pesawat dengan jendela bulat dan fitur lain.
Apakah turbulansi bisa mengakibatkan kecelakaan?
Turbulansi merupakan ketakutan terbesar para penumpang. Turbulence disebabkan oleh dua masa udara bertabrakan pada kecepatan yang berbeda. Di banyak kasus, turbulence disebabkan oleh jet stream atau kondisi cuaca yang tak sanggup diprediksi ibarat petir.
Beberapa tahun belakang, beberapa penumpang dan awak pesawat menderita luka serius lantaran imbas turbulence. Meskipun demikian, Patrick Smith, penulis buku Cockpit Confidential, berkata bila gesekan pesawat bukan disebabkan lantaran trubulence.
Mengapa terdapat lubang kecil di dalam jendela?
Jendela pesawat mempunyai lubang kecil pada cuilan bawah jendela. Tapi, tak banyak penumpang yang menanyakan mengapa ada lubang kecil dijendela.
Lubang kecil pada pesawat mempunyai fungsi yang hampir sama ibarat bentuk jendela yang bundar. Lubang kecil itu mempunyai kiprah keselamatan yang amat penting.
Lubang tersebut membantu pesawat untuk meregulasi tekanan dari penumpang pesawat yang diberikan pada beling jendela. Masing-masing jendela mempunyai 3 kaca, yaitu, beling cuilan terdalam jendela yang terbuat dari plastik, cuilan tengah dan luar jendela terbuat dari kaca.
Apakah seorang pilot membutuhkan kunci untuk menerbangkan pesawat?
Menjalankan pesawat tidak sama ibarat menjalankan motor atau mobil. Kapten pesawat Piers Applegart dari British Airline Pilots Association (Balpa) menyebutkan bahwa pesawat mulai menyalakan mesin jet otomatis sebelum menambahkan materi bakar dan mulai pembakaran. Applegart menambahkan bahwa hal itu berarti terdapat beberapa tuas dan tombol yang diharapkan untuk menggerakan pesawat. Pada pesawat udara yang lebih modern, pengoperasian pesawat dilakukan secara otomatis dan serangkaian hal lain secara otomatis akan mengikuti. Tapi, seorang pilot masih sanggup mengendalikan pesawat secara manual.
Apa yang akan terjadi ketika ponsel tak disetel dalam flight mode?
Banyak dari kita percaya bahwa peralatan elektronik seperi ponsel dan tablet harus dimatikan atau dipindahkan pada mode pesawat. Pengubahan ponsel pada mode pesawat lantaran alat elektronik tersebut sanggup mengakibatkan pesawat jatuh kebawah.
Pada kenyataanya belum ada bukti bila sinyal dari pesawat telepon penumpang mengakibatkan tabrakan. Para jago mengungkapan bahwa teknologi modern kini lebih kondusif dan reliable.
Faktanya, ponsel yang tak diubah ke dalam mode pesawat mungkin akan mengganggu pilot dan pengawas kemudian lintas udara dengan suara-suara tak mengenakan yang masuk kedalam headphone mereka sehingga akan mengganggu komunikasi radio.
Jika merokok dalam pesawat dilarang, mengapa pesawat masih mempunyai asbak?
Sudah bertahun-tahun lamanya, semenjak penumpang terakhir kali diizinkan untuk menyalakan rokok dalam pesawat.
Sekalipun asbak di dalam toilet pesawat masih menjadi kebutuhan yang dilegalkan, penumpang akan menggunakannya untuk tetap merokok didalam dengan cara yang cerdik. Tanpa asbak, maskapi penerbangan yang melarang para perokok akan membuang puntung rokok tidak sesuai dengan tempatnya dan berpotensi mengakibatkan kebakaran.
Dapatkah petir mengakibatkan gesekan pesawat?
Fakta mengerikan bahwa sekarang-sekarang ini pesawat dibangun untuk menahan serangan petir yang lebih sering terjadi daripada jumlah orang yang menyadarinya. Diperkirakan bahwa setiap pesawat komersial dihantam petir paling tidak satu kali dalam setahun.
Seperti yang dikutip dari DailyMail, Kapten Steven Draper menyampaikan bila serangan petir tidak memperlihatkan imbas apapun pada penerbangan pesawat, walaupun demikian pilot akan mengoperasikan prosedur penerbangan tertentu ketika terbang melewati hujan badai. Pilot memakai radar cuaca untuk menghindari area terburuk yang terkena imbas badai.
Pada banyak kasus, tidak terdapat kerusakan yang disebabkan oleh serangan petir. Meskipun demikian, cuilan moncong pesawat harus diganti. Karena moncong pesawat ialah kawasan cenderung mengalami kerusakan jawaban serangan petir.
Dapatkah pintu pesawat dibuka ketika terbang?
Pertanyaan tersebut mungkin pernah muncul dalam benak Anda. Applegart, pilot British Airlines, menyampaikan bahwa orang terkuat di dunia pun tak akan sanggup membuka pintu pesawat! Tekanan pada dalam kabin lebih besar dari tekanan dari luar. Yang berarti, pintu memang dipaksa untuk ditutup. Bisa saja pintu pesawat dibuka, bila yang membukanya ialah insan super sekelas Superman.
Seberapa kuatkah tenaga sebuah mesin pada pesawat?
Sebuah mesin jet mempunyai kekuatan yang sama besarnya dengan 28 kendaraan beroda empat F1. Mesin jet terbesar dan terkuat dunia ialah General Electric GE90-115B. Jet tersebut mempunyai diameter 10.6 ft dan menghasilkan dorongan sebesar 115.000 lbs. Untuk menciptakan jet dengan kekuatan sebesar itu, diharapkan biaya sebesar 12 juta USD.
Apakah pramugari diizinkan untuk menahan penumpang?
Jika penumpang mengancam keamanan selama penerbangan, awak pesawat diizinkan untuk menahan penumpang atas seruan kapten pesawat. Maka dari itu, beberapa maskapai termasuk KLM membawa borgol ketika penerbangan.
Apakah ada peraturan tinggi tubuh untuk pramugari?
Calon pramugari dan awak pesawat lain harus memenuhi kriteria yang diharapkan berafiliasi dengan tinggi, umur, dan penampilan. Persyaratan berbeda-beda diberikan oleh maskapai, tetapi ukuran tinggi pramugari antara 150 cm hingga 190 cm. Calon pramugari harus sanggup berbahasa inggris dan tidak mempunyai tattoo yang terlihat dalam tubuh.
Baca juga:
- Tak Perlu Cleaning Service, Kini Kabin Pesawat Dapat Membersihkan ‘Diri’ Sendiri
- Penumpang Maskapai Ini Tak Tahu Pesawat yang Mereka Tumpangi Ternyata Mendarat dengan Roda Depan Tinggal Sebelah!
- Bolehkah Melepas Sepatu di Pesawat? Ini Jawabannya
- Ini 5 Posisi Kursi Pesawat yang Sebaiknya Anda Hindari
- Aplikasi Flyover Country Akan Hadirkan Planetarium Mini di Kursi Pesawat Anda
Sumber https://phinemo.com