Thursday, August 9, 2018

√ Cara Mengetahui/Menghitung Selisih Hari Tanggal Berbeda Pada Ms. Excel

Hai sahabat excel-ID, masih semangat berguru Excel? Ya bila Anda masih tetap berguru Excel atau yang sedang mencari gosip bagaimana cara mengetahui selisih hari dari dua tanggal yang berbeda maka goresan pena ini mungkin cocok bagi Anda.

Jika ada pertanyaan berapa jumlah hari yang dihitung dari tanggal 01/01/2017 hingga dengan 31/12/2017 maka jawabannya ialah 360 hari dengan perhitungan jumlah bulan dalam satu tahun ialah 12 dan jumlah hari dalam 1 bulan ialah 30 hari.

Baca:
Cara Menggabungkan Dua Tanggal yang Berbeda

Pengetahuan Umum Fungsi DAYS360
Fungsi DAYS360 mengembalikan jumlah hari antara dua tanggal menurut tahun dengan 360 hari per tahun (dua belas bulan dengan 30 hari per bulan), yang dipakai dalam beberapa perhitungan akuntansi. Gunakan fungsi ini untuk membantu menghitung pembayaran bila sistem akuntansi Anda menurut pada dua belas bulan dengan 30 hari per bulan


Dari gambar diatas dengan memakai rumus DAYS360 maka kesudahannya sudah terperinci ialah 360. Kenapa tidak melaksanakan pengurangan ibarat biasa memakai cara matematika yaitu tanggal berakhir dikurangi tanggal mulai?

Simak:
Cara Konversi Tanggal Menjadi Hari pada Excel

Jelas tidak alasannya bila Anda gunakan rumus C3-C2 maka kesudahannya ialah 364 bukan 360 hari lagi jadi disini untuk menghitung selisih tanggal atau berapa jumlah hari dalam rentang tertentu maka rumusnya ialah memakai DAYS360.

Syntax:
DAYS360(Tanggal_Awal;Tanggal_Akhir) 

Jika format regional setting Anda berbeda dengan Kompi saya maka rumus tidak akan berlaku artinya Anda harus mengganti ";" menjadi ",".

Oke, pola lain Anda dapat lihat pada gambar dibawah ini


Rumus DAYS360 menghasilkan total hari dari 2 tanggal yang di hitung, bila kau menginginkan untuk menghitung Jumlah bulan dari hari yang dihasilkan silahkan membaginya dengan 30 (asumsi 1 bulan 30 hari)

Demikian agar bermanfaat

Baca:
Cara Menghitung Target Tanggal Jatuh Tempo


Sumber http://www.excel-id.com/