Wednesday, August 8, 2018

√ Mempercepat Koneksi Internet Di Pedesaan Dengan Antena Bekas Tv Berlangganan

Rumah saya yang memanfaatka antena bekas TV Berlangganan untuk internet

Dapodik TERKINI Teknologi


Selamat malam bapak/ibu guru operator sekolah se kabupaten indonesia. Eh, se Indonesia. hehe. Kendala yang paling sering saya alami sebagai operator sekolah yakni disaat waktunya deadline singkron dapodik sedangkan lokasi kita atau sekolah kita berada di pedesaan sehingga kita harus ke kota yang sedikit makan cost yang tidak mengecewakan mahal untuk beli bensin dan bayar warnet namun ternyata sehabis hingga internetnya super duper lueeemot persentase dari progress pengiriman tidak berjalan, mentok di angka 13%... Maka disaat ituah serasa perang ketiga akan dimulai..hahaha..

Dari pengalaman tersebut saya berusaha mencari jalan keluarnya  dengan bertanya kepada teman, gugling kesana kemari dan mencoba satu persatu eksperimen dengan impian sanggup meningkatkan kecepatan internet. apalagi dengan impian sekolah saya yang berada di pedalaman sanggup terakses oleh internet.
Akhirnya dengan beberapa eksperimen yang saya lakukan. dapatlah solusi untuk menangani permasalahan ini. dan kesannya sanggup saya rasakan hingga dengan saya menulis artikel ini. Internet stabil, gugling lancar, hingga dengan waktunya singkron sanggup singkron data dengan lancar. bahkan sanggup berselancar kemanapun kita mau di dunia maya.

dan kini sekolah dan rumah saya sudah memakai eksperimen ini. 

Simak Bagaimana saya melakukanya.

PERHATIKAN SKEMANYA ADALAH SEBAGAI BERIKUT


Penjelasanya:


TOWER A : Tower A yakni tower induk yang akan kita gunakan untuk server. Saya meminjam sahabat saya yang ada di kota. Karena rumah sahabat saya sudah ada internetnya pakai speedy. jadi lumayanlah

Sebelum jauh kita samakan persepsinya dulu. Intinya saya mau ambil internet dari Server induk (Tower A) mau saya bawa kerumah dan ke sekolah. Melalui Tower B dan C, alasannya yakni tidak mengecewakan jauh jaraknya dari server ke rumah sekitar 30Km, maka saya memakai 2 repeter semoga stabil

TOWER B dan C : Tower A dan B yakni tower repeter yang saya pasang di gunung. saya pilih lokasi yang tinggi semoga jaringanya sanggup menjangkau lebih luas dan tidak terhalang
Tower B dan C yang ada di Gunung

Setelah Semuanya siap. Tinggal pasang penangkap sinyal untuk di sekolah dan dirumah. 
MEMANFAATKAN ANTENA BEKAS TV BERLANGGANAN UNTUK MENANGKAP SINYAL

Baca: Cara menciptakan Antena Penguat Sinyal dengan Parabola Bekas TV Berlangganan

Peralatan yang diperlukan untuk menciptakan tower A, B dan C

Tower A : 
  • Sambungan dari Telkom Speedy
  • Antena Grid 1 Buah
  • Mikrotik 1 Buah
  • Kabel Lan
  • Pigtail
  • Dan Stop Kontak 

Tower B dan C (Peralatanya Sama): 

  • Antena Gird 2 Buah
  • Mikrotik
  • Pigtail 2 Buah
  • Stop Kontak

Rumah dan Sekolah: 
Untuk Rumah saya memakai antena bekas parabola TV Berlangganan
Sekolah: Antena Gird 1 Buah, AP, dan Kabel Lan

Antena di Sekolah

Demikian artikel wacana solusi internet pedesaan yang saya lakukan. point to point memakai antena parabola bekas TV Berlangganan. saya tidak bermaksud menggurui hanya share pengalaman saya dan yang saya lakukan hingga dikala ini memakai internet tersebut. yang saya gunakna untuk yutuban, gugling dan singkon dapodik, semuanya lancar. Terimakasih


Info Lebih Lanjut hubungi kami






Sumber http://dapodikterkini.blogspot.com