Monday, August 6, 2018

√ Tengok Cara Ke Gili Trawangan Di Barat Bahari Lombok Berikut Ini

Bagi Kamu yang hendak berwisata ke bab barat maritim Lombok yang memukau dan menakjubkan, baiknya pahami terlebih dahulu rute-rute yang akan Kamu tempuh. Berikut ialah panduan atau cara ke Gili Trawangan yang perlu Kamu perhatikan.


Cara ke Gili Trawangan



Baca Juga: Panduan Lengkap Berwisata Gili Trawangan


Gili Trawangan merupakan yang terbesar dari tiga pulau kecil atau gili yang terdapat di sebelah barat maritim Lombok. Tiga gili tersebut ialah Gili Meno, Gili Air, dan tentu saja Gili Trawangan.


Trawangan juga satu-satunya gili yang ketinggiannya di atas permukaan maritim cukup signifikan. Dengan panjang 3 km dan lebar 2 km, Gili Trawangan berpopulasi sekitar 800 jiwa.


Gili Trawangan sendiri merupakan pulau wisata yang kepopulerannya telah tersebar ke seluruh penjuru negeri, bahkan hingga mancanegara.


Kamu yang hendak bertandang ke gili yang terbesar diantara dua gili lainnya, sanggup melalui Pulau Bali maupun Pulau Lombok.


Bila melalui Pulau Bali, Kamu sanggup menaiki fastboat dari Pelabuhan Padangbai dan pribadi turun di Gili Trawangan. Lama perjalanan di atas kapal sekitar 1,5 jam.


Pilihan lain sanggup melalui Pelabuhan Benoa, juga dengan fastboat. Namun tarif yang perlu Kamu siapkan tidak mengecewakan besar, yakni di atas Rp500 ribu.


Bila Kamu menghendaki fasilitas yang lebih terjangkau, maka Kamu sanggup menentukan menaiki kapal feri dari Pelabuhan Padangbai ke Pelabuhan Lembar di Pulau Lombok. Tentu waktu lebih usang sekitar 4 jam.


Cara ke Gili Trawangan melalui Pulau Lombok



Cara ke Gili Trawangan selanjutnya sanggup melalui Pulau Lombok. Untuk menuju Pulau Lombok Kamu sanggup melalui jalur udara dan masuk lewat Bandara Internasional Lombok (BIL) di Praya, Kabupaten Lombok Tengah.


Lalu dari BIL arahkan perjalanan ke Pelabuhan Bangsal atau Teluk Nara. Bisa juga ke Senggigi memakai fastboat dari Bali. Kisaran biaya taksi atau sewa kendaraan beroda empat dari BIL sebesar Rp 250 ribu hingga Rp 350 ribu.


Kamu juga sanggup menentukan menaiki Damri hingga Senggigi, kemudian dilanjutkan naik taksi. Lama perjalanan dari BIL ke Teluk Nara sekitar 2 jam. Biasanya wisatawan lebih bahagia melalui Teluk Nara, alasannya ialah dari tempat parkir kendaraan beroda empat ke speedboat sangat dekat. Sementara di Pelabuhan Bangsal, dari tempat parkir kendaraan beroda empat harus berjalan kaki terlebih dahulu hingga dermaga atau naik cidomo (sejenis delman).


Dari Teluk Nara, pilihannya ialah menyewa speedboat. Bisa dibilang untuk menggunakannya maka harus menyewa satu kapal. Harganya bervariasi, namun diterapkan minimal orang yang naik.


Kapal cepat ini sanggup memuat antara 10 hingga 15 orang. Ada banyak kapal tertambat di Teluk Nara yang sanggup dipilih. Lama perjalanan kurang lebih 20 menit, bergantung cuaca.


Baca Juga: Mulai Pulih, Kawasan Wisata Gili Trawangan Aman Dikunjungi


Beberapa bungalow, resor atau penginapan yang lain sebetulnya juga mempunyai fasilitas speedboat yang sanggup disewakan, termasuk fasilitas antar-jemput dari BIL ke Telu Nara.


Hal ini sanggup diantisipasi dikala Kamu juga telah memersiapkan diri dalam menentukan penginapan mana yang akan Kamu tempati untuk bermalam.


Bila di Pelabuhan Bangsal, Kamu sebetulnya juga sanggup memakai transportasi publik yang juga digunakan masyarakat lokal. Kamu sanggup naik kapal angkutan umum yang dikelola koperasi dengan tarif Rp 15.000 ke Gili Trawangan, plus perhiasan retribusi Rp 1.000 per orang.


Durasi perjalanan tersebut kurang lebih 45 menit hingga satu jam, bergantung cuaca pula. Yang perlu Kamu perhatikan juga dikala menentukan cara ke Gili Trawangan via ini, pemberangkatan dilakukan hanya hingga pukul 17.00 atau 5 sore waktu setempat. Selain itu, kapal juga gres sanggup berangkat jikalau minimum orang yang naik sudah tercapai, yakni 20 orang.



Sumber https://phinemo.com