Wednesday, September 19, 2018

√ 50 Soal Ppg Dengan Jawabannya

Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, salam sukses untuk seluruh akseptor PPG 2019, kali ini kami akan membagikan latihan soal PPG  yang terdiri dari 50 nomor soal yang dilengkapi dengan jawaban, jadi sebelum Anda melihat jawabannya, Anda bisa latihan menjawab soalnya terlebih dahulu sebelum diunduh jawabannya, yang kami telah sediakan dibawah. Berikut soal silahkan dijawab semoga sukses!

Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh √ 50 Soal PPG dengan Jawabannya


PERKEMBANGAN KOGNITIF PESERTA DIDIK


1. Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah kognitif adalah….

A. kemampuan berkomunikasi

B. Kemampuan untuk memecahkan masalah

C. kemampuan berinteraksi

D. kemampuan untuk mengintegrasikan diri


2. Perkembangan kognitif merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam perkembangan akseptor didik. Faktor utama yang menghipnotis perkembangan kognitif anak adalah.....
A. Inspirasi

B. budaya

C. inspirasi

D. pengasuhan dan lingkungan


3. Kemampuan berfikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah nalar tapi masih terkait dengan obyek-obyek bersifat konkrit merupakan ciri-ciri kemampuan anak berusia

A. 0 - 2 tahun

B. 2 - 7 tahun

C. 7 - 11/12 tahun

D. 11/12/ - 14/15 tahun


4. Menggunakan penggalan sapu lidi, kelereng, globe, gambar-gambar yang menyangkut pembelajaran IPA serta IPS sebagai media yaitu sesuai dengan tahapan perkembangan berfikir anak yang dikenal sebagai tahapan

A. Anak memahami bilangan dan angka tetapi masih terkait dengan obyek bersifat kongkrit (operasional konkrit)

B. Pengamatan dan penginderaan yang intensif terhadap lingkunganya (sensomotor)

C. Dominasi pengamatan bersifat egosentris

D. Kemampuan mengoperasikan kaidah nalar yang tidak terikat lagi dengan obyek yang bersifat konkrit (operasional formal)



SOAL  KOMPETENSI  PEDAGOGIK  PERKEMBANGAN  SOSIAL-EMOSIONAL PESERTA DIDIK


5. Kemampuan akseptor didik untuk membina hubungan dan kemampuan memotivasi diri termasuk kecerdasan….

A. Kognitif

B. Sosial

C. Emosional

D. Moral


6. Seorang akseptor bisa mengendalikan diri dengan baik dalam aneka macam situasi dan bisa sanggup menjalin kerjasama yang baik dengan teman-temannya, dan bisa memposisikan diri di lingkungan dengan baik.

Peserta didik tersebut mempunyai kecerdasan…

A. Moral

B. spiritual

C. Sosial emosional

D. Kognitif


7. Seorang akseptor didik selalu ingin mendominasi dalam suatu kelompok belajar. Dia tidak memberi kesmpatan anggota lain untuk mengemukakan pendapat. Jika sahabat lain yang memimpin dan mengendalikan jalannya diskusi, ia memisahkan diri dan cenderung berguru sendiri.

Peserta didik tersebut mengalami permasalahan dalam perkembangan

A. sosial-emosional

B. kognitif

C. moral

D. spritual



SOAL PERKEMBANGAN MORAL PESERTA DIDIK


8. Peserta didik telah mempunyai yang mempunyai moralitas benar-benar diinternalisasikan dan tidak didasarkan pada standar-standar orang lain. Dia mengenal tindakan moral alternatif, menjajaki pilihan-pilihan, dan kemudian memutuskan menurut suatu instruksi moral pribadi.

Hal ini merupakan referensi sikap moral-spritual pada tahapan ...

a. kecerdikan budi pascakonvensional

b. kecerdikan budi konvensional

c. kecerdikan budi prakonvensional

d. kecerdikan budi interkonvensional


9. Individu memandang apa yang diperlukan oleh keluarga, kelompok, masyarakat dan bangsa serta setia mendukung hukum social bukan hanya untuk ketenangan tetapi disadari sebagai sesuatu yang berharga.

Pernyataan tersebut merupakan tahapan perkembangan moral

a. Prakonvensional

b. Konvensional

c. Pascakonvensional

d. Interkonvensional



SOAL KESULITAN BELAJAR SISWA


10. Memaksimalkan acara ekstrakurikuler, melaksanakan rekreasi dengan guru, dan melaksanakan acara informal lainnya mempunyai fungsi untuk mengatasi kesulitan berguru dalam hal ….

A. mengemukakan gagasan

B. mengaktualisasikan diri

C. penciptaan hubungan yang baik

D. menformulasikan tindakan


11. Tindakan yang paling sempurna dilakukan pada dikala siswa mengalami kesulitan memahami pelajaran yang sedang diajarkan adalah:

A. Mengulang kembali materi yang diajarkan

B. Memberikan kiprah semoga siswa mempelajari materi yang belum dipahami

C. Memberikan buku sumber untuk dipelajari siswa

D. Membantu setiap siswa yang mengalami kesulitan


12. Seorang akseptor didik bisa mendengarkan informasi yang disampaikan oleh guru tetapi pada dikala ditanya ia tidak mengerti apa yang ia dengar. Peserta didik tersebut mengalami kesulitan/ gangguan berguru dalam hal ....

A. kesulitan akademis

B. gangguan simbolik

C. gangguan nonsimbolik

D. gangguan sosial


13. Perbedaan antara konseling dan wawancara terletak pada maksud dan tujuannya. Tujuan konseling adalah....

A. Membantu siswa semoga sanggup memecahkan duduk kasus pribadinya

B. Menbantu siswa semoga sanggup melaksanakan pembiasaan diri dengan lingkungannya

C. Membantu siswa semoga sanggup mengatasi kesulitan belajar

D. Membantu siswa semoga memperoleh informasi tertentu


14. Cara yang yang paling cepat dan akurat yang dipakai untuk mengidentifikasi kesulitan berguru akseptor didik yang bersumber dari faktor sosial yaitu …

A. sosiometri

B. angket

C. wawancara

D. brainstorming


15. Bila anda sebagai guru menemukan akseptor didik mengalami kesulitan memahami materi pelajaran yang diberikan, tindakan apa yang akan dilakukan ?

A. Memindahkantempat duduk akseptor didik ke meja yang paling depan

B. Mengulangi klarifikasi materi latih kepada seluruh akseptor didik

C. Memberikan sumbangan berguru kepada akseptor didik yang bersangkutan

D. Menugaskan seluruh akseptor didik membaca buku sumber


16. Peserta didik banyak meluangkan waktu untuk bermain dengan teman-temannya. Dia rela menghabiskan waktunya untuk sahabat daripada belajar. Ketika hasil tes dibagikan, serta didik menerima nilai yang kurang memuaskan. berusaha menyadarkan siswa. hal tersebut merupakan penyadaran kesulitan berguru yang bersumber dari faktor ...

A. keluarga

B. sosial

C. kondisi fisik

D. intelektual



SOAL TEORI BELAJAR


17. Teori ini memandang berguru sebagai hasil dari pembentukan hubungan antara rangsangan dari luar (stimulus) dan akibat dari siswa (response) yang sanggup diamati. Semakin sering hubungan (bond) antara rangsangan dan akibat terjadi, maka akan semakin kuatlah hubungan keduanya (law of exercise). Teori berguru yang dimaksud adalah…

A. Behaviorisme

B. Humanistik

C. Sibernetik

D. Kontruktivisme


18. Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, menciptakan dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, menandakan benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori belajar….

A. Sibernetik

B. Humannistik

C. Behaviorisme

D. Konstruktivisme


19. Menurut teori ini, peranan guru dalam pembelajaran yaitu sebagai fasilitator, motivator, dan menawarkan kesadaran mengenai makna kehidupan pada siswa. Teori berguru ini berusaha memahami sikap berguru dari sudut pandang pelakunya bukan dari sudut pandang pengamatnya. Teori berguru ini yaitu ….

A. Humanistik

B. Konstruktivisme

C. kognitivisme

D. Nativisme


20. Pada masa sekarang siswa dituntut untuk sanggup berguru setiap dikala dan bisa terjadi di manapun. Hal ini terjadi alasannya kemajuan teknologi yang memungkinkan berguru jarak jauh dalam jaringan atau online. Pernyataan diatas sejalan dengan teori berguru ….

A. Sibernetik

B. Konstruktivisme

C. Behaviorisme

D. Kognitivisme


21. Pendapat yang menyatakan bahwa pengetahuan atau pengalaman yang gres sanggup terkait dengan pengetahuan lama yang sudah ada di dalam struktur kognitif seseorang yaitu teori belajar…

A. Behaviorisme

B. Konstruktivisme

C. Kognitivisme

D. Sibernatik



SOAL PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


22. Tujuan pembelajaran yang menggambarkan proses dan hasil berguru yang diperlukan dicapai oleh akseptor didik sesuai dengan kompetensinya dimuat dalam:

A. Silabus

B. RPP

C. Silabus dan RPP

D. SKL


23. Komponen rancangan pelaksanaan pembelajaran terdiri dari....

A. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi

B. Identitas,  kompetensi  Inti,  kompetensi  dasar,  tujuan  pembelajaran,  indikator,materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi

C. Identitas, kompetensi  Inti, kompetensi  dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, sumber belajar, media pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi

D. Identitas, kompetensi  Inti, kompetensi  dasar, indikator, tujuan pembelajaran,  materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, evaluasi, langkah-langkah pembelajaran


24. Silabus dan RPP sama-sama sebagai rencana proses pembelajaran, perbedaannya yaitu sebagai berikut:

A. Silabus  berisi  kompetensi  dasar  sedangkan  rpp  mengarahkan  kegiatan  berguru untuk mencapai kompetensi dasar

B. Silabus bersumber dari standar isi dan standar lulusan, sedangkan RPP bersumber dari standar kompetensi lulusan

C. RPP dibentuk oleh setiap guru, sedangkan silabus dibentuk oleh tim guru

D. RPP dan silabus keduanya disusun oleh setiap satan pendidikan.


25. Salah satu prinsip dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah

A. Materi atau materi latih berbasis kompetensi

B. Pembelajaran dirancang dengan berpusat pada akseptor didik

C. RPP bersumber dari silabus

D. Alokasi waktu sesuai dengan jadwal pada setiap satuan pendidikan


26. Renacana pelaksanaan pembelajaran (RPP) disusun untuk setiap KD yang sanggup dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih. Dijabarkan dari....

A. Silabus untuk pembuatan indicator dan tujuan pembelajaran dalam upaya mencapai KD

B. Silabus untuk pembuatan tujuan pembelajaran dan materi dalam upaya mencapai KD

C. Silabus untuk pembuatan ndikator dan penilaian dalam upaya mencapai KD

D. Silabus untuk mengarahkan acara berguru akseptor didik dalam upaya mencapai KD


27. Perhatikan beberapa  komponen dari RPP untuk mata pelajaran bahasa Indonesia yaitu sebagai berikut ......

1) Kompetensi dasar :Mengenal acara bermusyawarah

2) Indikator : menyebutkan dua ciri acara bermusyawarah

3) Tujuan Pembelajaran : sehabis pelaksanaan pemilihan ketua kelas siswa sanggup menyebutkan dua ciri acara musyawarah dengan benar

Berdasarkan komoponen-komponen RPP tersebut prinsip dipakai adalah....

A. Memberikan umpan balik dan tindak lanjut

B. Mendorong partisipasi aktif akseptor didik

C. Memperhatikan perbedaan individu akseptor didik

D. Keterkaitan dan keterpaduan


28. Dalam mengunakan media dan alat bantu mengajar, guru sebaiknya memperhatikan beberapa faktor di bawah ini, kecuali satu yakni;:

A. Metode mengajar yang dipakai guru

B. Karakteristik materi ajar

C. Waktu yang tersedia untuk acara pembelajaran

D. Buku sumber yang dipakai dalam pembelajaran


29. Jika seorang guru melaksanakan aktifitas pembelajaran sebagai berikut:

1) Membekali murid tidak hanya dengan fakta-fakta, melainkan diarahkan pada kemampuan penguasaan dalam proses berfikir dan berkomunikasi,

2) Berperan sebagai fasilitator dan pembimbing berguru akseptor didik.

3) Melakukan penilaian yang meliputi cara-cara penyelesaian duduk kasus dengan berpatokan pada hukum yang berlaku, menyerupai peta konsep, diagram ven, portopolio, uji kompetensi, dan ujian komprehensif.

Maka guru tersebut sanggup dikatakan memakai pembelajaran yang berbasis....

A. Kognitivisme

B. Behaviorisme

C. Konstructivisme

D. Humanisme


30. Menurut Piaget, periode perkembangan operasi kongkrit pada siswa usia akseptor didik antara 7 – 12 tahun. Dengan demikian proses pembelajaran dikelas harus lebih menekankan…

A. Penggunaan media, alat peraga termasuk sumber belajar.

B. Pemberian kiprah yang tersetruktur.

C. Penggunaan metode bervariasi

D. Menekankan berfikir ktiris dan pemecahan masalah.


31. Benjamin S. Bloom berbagi ranah kognitif dengan urutan berikut:

A. ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi;

B. ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis, dan evaluasi

C. ingatan, pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi

D. ingatan, pemahaman, analisis, aplikasi, evaluasi, dan, síntesis.


32. Taksonomi Anderson dan Krathwol menyempurnakan taksonomi Benjamin S. Bloom berbagi ranah kognitif dengan urutan berikut:

A. ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi;

B. ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis

C. ingatan, pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi

D. ingatan, pemahaman, aplikasi,analisis, evaluasi, dan, mencipta.


33. Model pembelajaran yang mempunyai keunggulan antara lain; berpikir dan bertindak kreatif, memecahkan duduk kasus yang dihadapi secara realistis, merangsang perkembangan kemajuan berfikir siswa untuk menuntaskan duduk kasus yang dihadapi dengan tepat, adalah….

A. Role Playing

B. Inquiry

C. Problem Solving

D. Picture and Picture


34. Faktor yang penting dipertimbangkan guru dalam melaksanakan diskusi pemecahan duduk kasus proses pembelajaran adalah:

A. Waktu yang tersedia untuk melaksanakan diskusi

B. Rumusan duduk kasus yang harus didiskusikan

C. Jumlah akseptor didik yang mengikti pembelajaran

D. Motivasi berguru siswa


35. Kemampuan yang paling penting dimiliki guru perihal media dan alat bantu pembelajaran adalah:

A. Memilih materi untuk menciptakan media/alat bantu

B. Membuat media dan alat bantu sederhana

C. Menggunakan media dan alat bantu

D. Merawat media dan alat bantu


36. Fungsi indikator dijadikan sebagai penanda dalam….

A. Pencapaian standar kompetensi

B. Pencapaian kompetensi dasar.

C. Pencapaian tujuan pembelajaran

D. Pencapaian standar kelulusan


37. Tindakan  yang  paling  tepat  dilakukan  pada  saat  siswa  mengalami  kesulitan  memahami pelajaran yang sedang diajarkan adalah:

A. Mengulang kembali materi yang diajarkan

B. Memberikan kiprah semoga siswa mempelajari materi yang belum dipahami

C. Memberikan buku sumber untuk dipelajari siswa

D. Membantu setiap siswa yang mengalami kesulitan


38. Bila anda sebagai guru menemukan akseptor didik mengalami kesulitan memahami materipelajaran yang diberikan, tindakan apa yang akan dilakukan ?

A. Memindahkantempat duduk akseptor didik ke meja yang paling depan

B. Mengulangi klarifikasi materi latih kepada seluruh akseptor didik

C. Memberikan sumbangan berguru kepada akseptor didik yang bersangkutan

D. Menugaskan seluruh akseptor didik membaca buku sumber


39. Apa yang paling sempurna dilakukan guru, kalau seorang akseptor didik tidak menawarkan tanggapan atas pertanyaan yang diajukan ?

A. Menunjuk akseptor didik lain untuk menjawab pertanyaan tersebut

B. Memberikan kritik semoga akseptor didik berusaha menjawab walaupun salah

C. Menyederhanakan isi pertanyaan semoga gampang dipahami akseptor didik

D. Menjawab sendiri pertanyaan tersebut.


40. Prinsip sistematis sebagai salah satu prinsip pengembangan silabus artinya ....

A. Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spritual akseptor didik.

B. Adanya hubungan yang konsisten (ajeg, taat asas) antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian.

C. Cakupan  indikator,  materi  pokok/pembelajaran,  pengalaman  belajar,  sumber belajar, dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar.

D. Komponen-komponen silabus saling bekerjasama secara fungsional dalam mencapai kompetensi.


41. Ciri-ciri kelas yang memakai pembelajaran CTL yaitu sebagai berikut, kecuali....

A. Sharing dengan teman

B. Guru kreatif

C. Pengalaman nyata

D. Menggunakan satu sumber


42. Dalam menentukan dan berbagi materi pembelajaran, Ibu Murni Nugroho selalu menyeleksi materi pembelajaran yang telah teruji kebenarannya, tidak ketinggalan jaman dan menawarkan bantuan untuk pemahaman ke depan. Kriteria penyeleksian dan pemilihan materi pembelajaran tersebut memenuhi kriteria…

A. Sahih

B. Kebermanfaatan

C. Layak dipelajari

D. Menarik minat


43. Bu Rossa menyiapkan materi pelajaran dengan cara dimulai dari materi-materi yang dikenal siswa kemudian menuju hal-hal gres dan dianggap lebih mendalam. Bentuk pengembangan materi yang disusun Bu Rossa mengikuti pola....

A. Kausal

B. Spiral

C. Kronologis

D. inquiri



SOAL MEDIA DAN TIK DALAM PEMBELAJARAN


44. Memilih media pembelajaran hendaknya dihentikan sembarangan tetapi harus didasarkan pada kriteria tertentu. Misalnya, apakah untuk berguru individual, kelompok kecil, kelompok besar atau massal.

Pernyataan tersebut dalam pemilihan media termasuk ke dalam kriteria...

A. tujuan

B. target didik

C. ketersediaan

D. konteks penggunaan


45. Pada dikala mempersiapkan pembelajaran seorang guru sanggup menyusun seni administrasi pembelajaran dan menentukan media yang akan dipakai dalam pembelajaran tersebut. Kemampuan dasar yang harus dimiliki seorang pendidik terkait dengan keterampilan menentukan media pembelajaran adalah…

A. Pendidik harus mengetahui latar sosial budaya siswa dan sekolah

B. Pendidik harus memahami karakteristik dari media pembelajaran tersebut.

C. Pendidik harus mengikuti keadaan dengan kemampuan sekolah.

D. Pendidik menyesuaikan dengan materi pembelajaran.


46. Pada dikala mempersiapkan pembelajaran seorang guru harus sanggup menentukan jenis media yang sempurna sesuai dengan materi. Di lihat dari kemampuan jangkauannya, media sanggup dibagi ke dalam..

A. media yang mempunyai daya liput yang luas dan media yang mempunyai daya liput terbatas

B. media yang dpat didengar saja dan media yang sanggup dilihat

C. media tradisional dan media berbasis TIK

D. media dua dimensi dan media tiga dimensi


47. Di ruang media tersedia aneka macam macam media yang sudah berdebu dan agak usang. Sebagai seorang pendidik yang kreatif, sebaiknya sanggup memanfaatkan media dan menentukan media mana yang akan digunakan. Dia mempunyai beberapa pertimbangan dalam hal ini.

Pertimbangan dalam menentukan media pembelajaran yang harus diperhatikan adalah...

A. Tujuan, target didik, karakteristik media, waktu pengoperasian, biaya, ketersediaan,konteks penggunaan, dan mutu teknis.

B. Sasaran didik, karakteristik media, waktu mengoperasikan, tujuan, misi visi sekolah dan konteks penggunaan.

C. Tujuan, target didik, karakteristik media, visi sekolah dan konteks penggunaan

D. Kultur sekolah, tujuan, waktu pengoperasiaan dan karakteristik media


48. Seorang guru harus bisa memanfaatkan media pembelajaran dan sumber berguru untuk mencapai tujuan pembelajaraan utuh. Pernyataan berikut yang benar terkait dengan media pembelajaran adalah:

A. media pembelajaran yang paling baik yaitu media yang berbasis TIK

B. sebuah media sanggup dipakai untuk semua acara pembelajaran

C. media sanggup dipakai sebagai pembawa pesan dalam suatu acara pembelajaran

D. menentukan media tidak perlu banyak pertimbangan semoga tidak merepotkan


49. Setiap materi pembelajaran mempunyai tingkat kesukaran yang bervariasi. Untuk memudahkan akseptor didik memahami materi yang mempunyai tingkat kesukaran tinggi guru sering memanfaatkan media pembelajaran. Misalnya, media gambar atau tayangan video yang berisi sistem peredaran darah.

Fungsi media pada pernyataan tersebut adalah:

A. Menampilkan objek yang terlalu besar

B. Membuat konkrIt konsep yang abstrak

C. Menampilkan objek yang tidak sanggup diamati dengan mata telanjang.

D. Membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar.


50. Media mempunyai fungsi dan manfaat bagi pembelajaran. Hal ini dirasakan juga oleh guru dalam membantu pembelajaran menjadi lebih efisien dan efektif. Misalnya dikala guru ingin menjelaskan suatu konsep/ objek yang luas dan besar, ia tinggal memakai medianya saja.

Berikut ini yaitu salah satu fungsi dari media pembelajaran sesuai kondisi tersebut:

A. Menampilkan objek yang terlalu besar, contohnya pasar, candi.

B. Membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar.

C. Membuat konkret konsep yang abstrak, contohnya untuk menjelaskan peredaran darah.

D. Menampilkan objek yang tidak sanggup diamati dengan mata telanjang.


Demikianlah informasi perihal 50 Soal PPG dengan Jawabannya, Silahkan unduh dengan klik DISINI, dan jangan lupa bagikan ke sahabat yang lain semoga lebih bermanfaat, Terima Kasih.


Sumber http://jalurppg.blogspot.com