Monday, September 17, 2018

√ Kumpulan Soal-Soal Modul 1-6 Bahan Pedagogik

Assalamu alaikum teman JalurPPG - Dalam rangka persiapan pelaksanaan PPG Madrasah dalam Jabatan oleh Direktorat Guru dan tenaga kependidikan madrasah, kami selaku admin akan memperbarui informasi blog ini wacana PPG Daljab dan kali ini kami ingin menyebarkan Kumpulan Soal-Soal Modul 1-6 Materi Pedagogik yang dilengkapi dengan jawaban.

 Dalam rangka persiapan pelaksanaan PPG Madrasah dalam Jabatan oleh Direktorat Guru dan te √ Kumpulan Soal-Soal Modul 1-6 Materi Pedagogik


SOAL-SOAL MODUL 1 PEDAGOGIK


Tes Formatif
Pilihan Ganda: Pilih satu balasan yang paling benar

1. Teknologi dan media berperan penting dalam proses peningkatan kualitas hidup manusia, tidak terkecuali dalam dunia pendidikan. Teknologi dan media mempunyai sumber daya besar untuk menghipnotis pikiran dan sikap khalayak, termasuk guru dan siswa dalam suatu proses komunikasi pendidikan. Asumsi tersebut merupakan pernyataan teoretik dari?
A. Diterminisme teknologi
B. Diterminisme ICT
C. Diterminisme teknologi dan imbas media
D. Diterminisme sosial


2. Sebagai sebuah karya peradaban mutakhir, TIK berkembang pesat dalam kiprahnya sebagai fasilitator pembelajaran. TIK pun juga bisa menjadi media itu sendiri, yang disebut sebagai?
A. Media Berbasis TIK
B. Media konvergensi
C. Multimedia
D. Media Berbasis web.


3. Mediatisasi ialah sebuah proses dinamis dalam relasi antara keberadaan media di tengah masyarakat yang bersifat insitusional. Di sini media yang mulanya merupakan hasil temuan ilmu pengetahuan dan teknologi kemudian berubah menjadi institusi sosial, yang kemudian juga terlibat dalam pergulatan relasi dengan institusi sosial lainnya, termasuk dalam lembaga sekolah. Ciri utama mediatisasi dalam konteks pembelajaran adalah?
A. Media bergantung pada kebijakan lembaga sekolah dalam kiprahnya sebagai komponen dalam pembelajaran.
B. Media tidak bersifat menentukan terhadap sikap guru dan siswa, alasannya ialah menempatkan siswa sebagai subyek aktif dalam mendapatkan pesan media.
C. Media menjadi insitusi otonom atau indipenden terhadap lembaga sekolah dan kemudian menjadi lebih terintegrasi dengan institusi pendidikan.
D. Media terus berkembang sebagai institusi otonom dan mengancam keberadaan dan kiprah guru dalam proses pembelajaran.
 

4. Penetrasi TIK dalam pembelajaran semakin mendorong lembaga sekolah memanfaatkan teknologi canggih ini. Bukan saja sumber daya TIK memang begitu besar untuk menawarkan bantuan terhadap kualitas pembelajaran, tetapi sebagai serpihan dari revolusi industri 4.0 siapa pun tidak bisa menghindar terhadap hadirnya gelombang gres ini. Dari sudut pandang teknologi pendidikan, TIK memang terbukti mempunyai sumber daya besar untuk membantu peningkatan kualitas pembelajaran. Atas dasar argument itu, mana pernyataan berikut yang Anda anggap benar?
A. Sebagai guru periode 21, guru harus menyesuaikan diri dengan cara kerja logika teknologi dan media, sehingga bagaimanapun guru harus mengikuti kehendak teknologi dan media.
B. Tidak ada satu kekuatan apa pun yang bisa menghentikan dampak teknologi dan media dalam dunia pendidikan, alasannya ialah itu guru harus mengikuti keadaan dengan perkembangan gres ini.
C. Kehadiran TIK ini tidak harus dihadapkan secara frontal pada kiprah guru, alasannya ialah TIK bisa berjalan secara pararel dan saling mengisi di antara kiprah guru dan kiprah teknologi serta media untuk memecahkan problem pembelajaran.
D. Guru hingga kapan pun tetap merupakan kekuatan tersendiri dalam proses pembelajaran, sehingga kehadiran TIK tidak perlu diperhitungkan alasannya ialah teknologi dan media tidak bisa mengganti kiprah guru dalam proses pembelajaran.


5. Salah satu pemanfaatan utama media dan teknologi informasi dalam kehidupan sehari-hari di bidang pendidikan pada era digital ini adalah
a. Sebagai media promosi 
b. Sebagai media literasi 
c. Sebagai media komunikasi
d. Sebagai media sumber belajar


6. Peserta didik di era digital sanggup memakai perangkat nirkabel bergerak (internet)sebagai media peralatan interaktifkapanpun dan dimanapun ketika diperlukan. Hal ini merupakan salah satu bentuk kegiatan berguru yang sanggup dilakukan dengan memanfaatkan media digital berbasis komputer yang disebut....
a. Interactive tools 
b. Interacting with others 
c. Alternative tools
d. Situational tools


7. Berikut situs media interaktif berbasis web dan media umum yang sanggup dimanfaatkan guru sebagai sarana berguru dalam komunitas berguru di seluruh penjuru dunia, kecuali ......
a. web 
b. wiki 
c. proquest 
d. podcast


8. Ada empat kemampuan yang harus dimiliki guru dalam pengembangan pembelajaran di era digital ialah sebagai berikut, kecuali....
a. Interactive Instruction (Pembelajaran Interaktif)
b. Personal Response System (PRS)
c.  Interacting with others
d. Community of Practice (Komunitas Praktik)
 
9. Ilustrasi dari pesatnya penggunaan media dan teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari pada periode 21 ditandai dengan...
a. Keterampilan motorik siswa yang mulai terlihat dalam kegiatan pembelajaran
b. Interpersonal skill siswa yang mulai nampak dalam kehidupan sehari-hari
c. Hasil berguru siswa yang mulai meningkat sesudah memakai media dan teknologi digital.
d. Peningkatan   penggunaan   media   sosial   untuk   melakukan   interaksi   sosial   terkait komunitas berguru akseptor didik di seluruh penjuru dunia.


10. Guru menunjukkanpengetahuan, keterampilan, dan proses kerja yang mewakili profesional inovatif dalam masyarakat global dan digital, merupakan deskripsi dari standar....
a. Memfasilitasi dan Menginspirasi Pembelajaran dan Kreativitas Siswa.
b. Mempromosikan dan Model Digital Citizenship dan Tanggung Jawab
c. Model Kerja dan Belajar Digital-Age
d. Memfasilitasi dan Menginspirasi Pembelajaran dan Kreativitas Siswa


11. Guru dalam pembelajaran berbasisdigital memakai perangkat digital handlehand. Hal  ini sesuai kiprah guru dalam pembelajaran berbasis teknologi digital berupa....
a. Interactive Instruction 
b. Personal Response System (PRS) 
c. Mobile Assessment Tools
d. Community of Practice


12. File multimedia berbasis internet yang diformat untuk sanggup diunduh pribadi ke perangkat seluler ialah pengertian dari....
a. wiki 
b. podcast 
c. web
d. html


13. Salah satu pola positif penggunaan media interaktif ketika pembelajaran di kelas pada era digital adalah....
a. Microsoftword
b. powerpoint 
c. macroflash media
d. Corel draw


14. Guru secara terus-menerus meningkatkan praktik profesional mereka, memodelkan pembelajaran seumur hidup, dan memamerkan para pemimpin dalam komunitas sekolah dan profesional mereka dengan mempromosikan dan mendemonstrasikan penggunaan alat-alat digital dan sumber daya secara
a. Terlibat dalam Pertumbuhan Profesional dan Kepemimpinan
b. Memfasilitasi dan Menginspirasi Pembelajaran dan Kreativitas Siswa.
c. Mempromosikan dan Model Digital Citizenship dan Tanggung Jawab
d. Model Kerja dan Belajar Digital-Age
 


SOAL-SOAL MODUL 2 PEDAGOGIK


Tes Formatif
Pilihlah salah salah satu balasan yang paling sempurna dari pertanyaan pertanyaan dibawah ini:

1. Penjelasan wacana kompetensi dan kualifikasi guru terdapat pada…
a. PP No 19 tahun 2005 wacana standar nasional pendidikan
b. Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No 23
c. Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No 24
d. UU Sisdiknas Tahun 2003 e. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 16 tahun 2007


2. Memahami karateristik siswa dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosioal dan intelektual termasuk dalam kompetensi…
a. Pedagogi 
b. Kepribadian   
c. Sosial 
d. Professional 
e. Semua benar


3. Menunjukan etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa besar hati menjadi guru dan percaya diri merupakan kompetensi…
a. Pedagogi 
b. Kepribadian 
c. Sosial 
d. Professional 
e. intelektual


4. Berkomunikasi dengan orang renta akseptor didik dan masyarakat secara santun, empatik, dan efektif wacana jadwal pembelajaran dan kemajuan akseptor didik, serta mengikutsertakan orang renta akseptor didik dan masyarakat dalam jadwal pembelajaran dan dalam mengatasi kesulitan berguru akseptor didik, merupakan kompetensi…
a. Pedagogi 
b. Kepribadian   
c. Sosial 
d. Professional 
e. Humanis


5. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri termasuk dalam kompetensi . . .
a. Pedagogi 
b. Kepribadian   
c. Sosial 
d. Professional 
e. Intelektual


6. Menerapkan aneka macam pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dengan mengintegrasikan teknologi merupakan kompetensi inti pedagogi pada aspek…
a. Penguasaan terhadap karateristik akseptor didik
b. Penguasaan pada teori berguru dan prinsip-prinsip pembelajaran
c. Pengembangan kurikulum
d. Penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik
e. berkomunikasi pada akseptor didik
 

7. Melakukan  penelitian  tindakan  kelas  untuk  meningkatkan  kualitas  pembelajaran  merupakan kompetensi pedagogi pada aspek…
a. Penguasaan terhadap karateristik akseptor didik
b. Penguasaan pada teori berguru dan prinsip-prinsip pembelajaran
c. Pengembangan kurikulum
d. Melakukan tindakan reflekti
e. Penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik


8. Menyediakan aneka macam kegiatan pembelajaran untuk mendorong akseptor didik mencapai prestasi secara optimal dengan kreativitasnya termasuk kemampuan pedagogi pada aspek…
a. Penguasaan terhadap karateristik akseptor didik
b. Penguasaan pada teori berguru dan prinsip-prinsip pembelajaran
c. Pengembangan kurikulum
d. Penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik
e. Memfasilitasi pengembangan potensi akseptor didik


9. Berikut aspek penting dalam pengelolaan pembelajaran periode 21, kecuali…
a. penguatan kiprah utama guru sebagai perancang pembelajaran yang kreatif dan inovatif
b. menghindari penggunaan smartphone yang berlebihan dalam pembelajaran
c. menerapkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking)
d. menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi
e. mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran


10. Indikator guru bisa memanfaatkan hasil penilaian dan penilaian untuk kepentingan pembelajaran ditandai dengan…
a. Memanfaatkan hasil refleksi untuk perbaikan dan pengembangan pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu
b. Menggunakan informasi hasil penilaian dan penilaian untuk menentukan ketuntasan belajar
c. Menggunakan informasi hasil penilaian dan penilaian untuk merancang jadwal remedial dan pengayaan
d. Mengkomunikasikan hasil penilaian dan penilaian kepada pemangku kepentingan
e. Memanfaatkan informasi hasil penilaian dan penilaian pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
 



SOAL-SOAL MODUL 3 PEDAGOGIK


Tes Formatif
Pilihlah salah salah satu balasan yang paling sempurna dari pertanyaan pertanyaan dibawah ini:

1. Guru secara yuridis ialah serpihan dari tenaga kependidikan yang diakui sebagai profesi dengan keahlian khusus. Manakah jenis kegiatan berikut yang memerlukan keahlian khusus?
a. Melakukan analisis pembelajaran, mencatat akseptor didik terlambat, mengabsen kehadiran
b. Memilih metode, merancang media, menyerahkan nilai, membagikan rapor
c. Memilih media, mengelola kelas, mengembangkan seni administrasi pembelajaran
d. Membuka pelajaran, melaksanakan ceramah, menutup pelajaran, mengelola tabungan
e. Membina OSIS, mendampingi study tour, memimpin upacara, mengikuti rapat


2. Salah satu ciri profesi ialah merupakan acara intelektual. Manakah pernyataan yang paling sesuai dengan pernyataan di atas:
a. Menggunakan intuisi yang baik dalam menentukan metode pembelajaran
b. Memelihara kebiasaan yang ada dan sudah berjalan baik
c. Mengelompokkan akseptor didik sesuai persepsi kita terhadap siswa
d. Melestarikan metode pembelajaran yang selama ini diterapkan para senior
e. Memilih media dengan mempertimbangkan karakteristik materi, akseptor didik, dan tujuan pembelajaran


3. Manakah kelompok kegiatan berikut yang merupakan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan pengembangan diri secara kolektif?
a. Mengikuti diklat pengembangan media pembelajaran
b. Menghadiri lembaga KKG, MGMP, dan diskusi ilmiah
c. Menulis artikel, menciptakan laporan PTK, dan menghasilkan media pembelajaran
d. Menghasilkan model pembelajaran inovatif
e. Menempuh jenjang pendipendidikan yang lebih tinggi


4. Sebagai antisipasi terhadap perkembangan teknologi maka guru sebagai suatu profesi sebaiknya;
a. Meningkatkan kemampuan integrasi teknologi ke dalam sistem pembelajaran
b. Meningkatkan penguasaan keterampilan teknis pengoperasian komputer
c. Mengikuti kursus penguasaan jadwal aplikasi terbaru
d. Membeli perangkat ICT keluaran terbaru secara periodik
e. Meningkatkan kemampuan merawat komputer dan jaringan
 

5. Sikap guru berikut ini memperlihatkan dirinya sebagai professional learning, kecuali....
a. Memanfaatkan jadwal pendidikan dan latihan yang diselenggarakan pemerintah dengan aktif berpartisipasi
b. Mencari balasan atas masalah di kelasnya melalui forum-forum diskusi
c. Merancang dan melaksanakan PTK hingga melaksanakan tindaklanjut
d. Mengembangkan budaya membaca
e. Mengikuti jadwal diklat sesuai kebutuhan pribadi


6. Manakah alasan yang paling sempurna pentingnya perubahan paradigma terhadap pembelajaran periode 21?
a. Teknologi informasi dan komunikasi sangat menentukan keberhasilan pencapaian tujuan
b. Teknologi informasi dan komunikasi bisa mengatasi seluruh masalah pembelajaran
c. Semakin canggih teknologi maka pembelajaran akan semakin berhasil
d. Teknologi informasi dan komunikasi mengakibatkan perubahan kiprah guru bukan lagi satu-satunya sumber belajar
e. Abad 21 penuh tantangan sehingga kontrol guru harus semakin diperketat


7. Berikut ini merupakan ciri berguru seorang profesional kecuali;
a. Belajar berbasis pengalaman melalui proses agresi refleksi secara siklikal
b. Tindakan bersumber dari sikap reflektif
c. Menggunakan pengalaman sebagai acara belajar
d. Mempertimbangkan konteks
e. Mengedepankan intuisi yang tajam


8. Fungsi organisasi profesi sesuai pasal 41 ayat (2) UUGD ialah untuk;
a. Memajukan profesi, meningkatkan kompetensi, karier, wawasan kependidikan, proteksi profesi, dan dedikasi kepada masyarakat
b. Menambah  pendapatan,  memajukan  masyarakat,  dan  meningkatkan  kepedulian  sosial  
c. Melindungi anggota, menjaga kekompakan, mencari proteksi dana, memajukan pendidikan
d. Memperkuat identitas, menawarkan ciri pokok, mengembangkan solidaritas, dan mewadahi talenta minat
e. Berbagi informasi, mensejahterakan anggota, meningkatkan pengetahuan anggota, dan melatih loyalitas


9. Penelitian tindakan kelas bisa merupakan serpihan dari Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Berikut ialah tujuan dari PTK, kecuali;
a. Meningkatkan mutu pembelajaran dan mempertinggi mutu sekolah
b. Meningkatkan profesionalisme guru
c. Memperbaiki mutu praktek pembelajaran di kelas (masalah yang dirasakan) 
d. Melakukan tindakan yang diyakini lebih baik
e. Memecahkan masalah nyata di kelas


10. Berikut merupakan pernyataan yang benar mengenai suatu profesi pendidikan;
a. Memiliki kajian spesifik yang pernah digeluti, direfleksikan, dan dikembangkan
b. Memiliki organisasi profesi yang kuat
c. Mengutamakan layanan kepada anggota semoga bisa mengabdi masyarakat
d. Merupakan acara yang bersifat intuitif
e. Memiliki kekebalan hukum


 

SOAL-SOAL MODUL 4 PEDAGOGIK


Tes Formatif
Pilihlah salah salah satu balasan yang paling sempurna dari pertanyaan pertanyaan dibawah ini:

1. Penjelasan wacana kompetensi dan kualifikasi guru terdapat pada…
a. PP No 19 tahun 2005 wacana standar nasional pendidikan
b. Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No 23
c. Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No 24
d. UU Sisdiknas Tahun 2003
e. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 16 tahun 2007


2. Memahami karateristik siswa dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosioal dan intlektual termasuk dalam kompetensi…
a. Pedagogi
b. Kepribadian
c. Sosial
d. Professional
e. Kepribasian dan profesiaonal


3. Menunjukan etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa besar hati menjadi guru dan percaya diri merupakan kompetensi…
a. Pedagogi
b. Kepribadian
c. Sosial
d. Professional
e. intelektual


4. Berkomunikasi dengan orang renta akseptor didik dan masyarakat secara santun, empatik, dan efektif wacana jadwal pembelajaran dan kemajuan akseptor didik, serta mengikutsertakan orang renta akseptor didik dan masyarakat dalam jadwal pembelajaran dan dalam mengatasi kesulitan berguru akseptor didik, merupakan kompetensi…
a. Pedagogik
b. Kepribadian
c. Sosial
d. Professional
e. Humanis
 

5. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri termasuk dalam kompetensi…
a. Pedagogik
b. Kepribadian
c. Sosial
d. Professional
e. Intelektual


6. Menerapkan aneka macam pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dengan mengintegrasikan teknologi merupakan kompetensi inti pedagogi pada aspek…
a. Penguasaan terhadap karateristik akseptor didik
b. Penguasaan pada teori berguru dan prinsip-prinsip pembelajaran
c. Pengembangan kurikulum
d. Penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik
e. berkomunikasi pada akseptor didik


7. Melakukan  penelitian  tindakan  kelas  untuk  meningkatkan  kualitas  pembelajaran  merupakan kompetensi pedagogi pada aspek…
a. Penguasaan terhadap karateristik akseptor didik
b. Penguasaan pada teori berguru dan prinsip-prinsip pembelajaran
c. Pengembangan kurikulum
d. Melakukan tindakan reflektif
e. Penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik


8. Menyediakan aneka macam kegiatan pembelajaran untuk mendorong akseptor didik mencapai prestasi secara optimal dengan kreativitasnya termasuk kemampuan pedagogi pada aspek…
a. Penguasaan terhadap karateristik akseptor didik
b. Penguasaan pada teori berguru dan prinsip-prinsip pembelajaran
c. Pengembangan kurikulum
d. Penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik
e. Memfasilitasi pengembangan potensi akseptor didik


9. Berikut aspek penting dalam pengelolaan pembelajaran periode 21, kecuali…
a. penguatan  tugas  utama  guru  sebagai  perancang  pembelajaran  yang  kreatif  dan  inovatif  
b. menghindari penggunaan smartphone yang berlebihan dalam pembelajaran
c. menerapkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking)
d. menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi
e. mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran
 
10. Indikator guru bisa memanfaatkan hasil penilaian dan penilaian untuk kepentingan pembelajaran ditandai dengan…
a. Memanfaatkan hasil refleksi untuk perbaikan dan pengembangan pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu
b. Menggunakan informasi hasil penilaian dan penilaian untuk menentukan ketuntasan belajar
c. Menggunakan informasi hasil penilaian dan penilaian untuk merancang jadwal remedial dan pengayaan
d. Mengkomunikasikan hasil penilaian dan penilaian kepada pemangku kepentingan
e. Memanfaatkan informasi hasil penilaian dan penilaian pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran


11. Setiap  selesai  melakukan  proses  pembelajaran,  Pak  Puji  selalau  melakukan  kegiatan  reflektif, tindakan reflektif merupakan indikator kompetensi…
a. Pedagogik 
b. Kepribadian 
c. Sosial 
d. Professional 
e. Intelektual


12. Berikut yang termasuk ciri seorang guru mempunyai kompetensi pedagogi…
a. Memahami prinsip-prinsip perencanaan pembelajaran yang mendidik
b. Menampilkan  diri  sebagai  pribadi  yang  jujur,  berakhlak  mulia  dan  menjadi  teladan  di masyarakat.
c. Menjunjung tinggi kode etik profesi guru
d. Menguasai substansi materi pelajaran
e. Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar


13. Berkomunikasi dengan komunitas profesi, teman sejawat dan kunitas ilmiah, termasuk merupakan komptensi…
a. Pedagogik 
b. Kepribadian 
c. Sosial 
d. Professional 
e. Intelektual


14. Berikut keterampilan periode 21 yang minimal harus dimiliki oleh siswa, kecuali
a. Berpikir kritis 
b. Kolaboratif 
c. Kumunikatif 
d. Kreatif 
e. Reaktif


15. Pengelolaan pembelajaran yang penting diperhatikan oleh guru untuk mengembangkan pembelajaran periode 21 yaitu…
a. menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi
b. menerapkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking)
c. mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran
d. penguatan kiprah utama sebagai perancang pembelajaran
e. menguasai satu metode pembelajaran
 

16. Guru secara yuridis ialah serpihan dari tenaga kependidikan yang diakui sebagai profesi dengan keahlian khusus. Manakah jenis kegiatan berikut yang memerlukan keahlian khusus?
a. Melakukan analisis pembelajaran, mencatat akseptor didik terlambat, mengabsen kehadiran 5
b. Memilih metode, merancang media, menyerahkan nilai, membagikan rapor
c. Memilih media, mengelola kelas, mengembangkan seni administrasi pembelajaran
d. Membuka pelajaran, melaksanakan ceramah, menutup pelajaran, mengelola tabungan
e. Membina OSIS, mendampingi study tour, memimpin upacara, mengikuti rapat


17. Salah satu ciri profesi ialah merupakan acara intelektual. Manakah pernyataan yang paling sesuai dengan pernyataan di atas:
a. Menggunakan intuisi yang baik dalam menentukan metode pembelajaran
b. Memelihara kebiasaan yang ada dan sudah berjalan baik
c. Mengelompokkan akseptor didik sesuai persepsi kita terhadap siswa
d. Melestarikan metode pembelajaran yang selama ini diterapkan para senior
e. Memilih media dengan mempertimbangkan karakteristik materi, akseptor didik, dan tujuan pembelajaran


18. Manakah kelompok kegiatan berikut yang merupakan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan pengembangan diri secara kolektif?
a. Mengikuti diklat pengembangan media pembelajaran
b. Menghadiri lembaga KKG, MGMP, dan diskusi ilmiah
c. Menulis artikel, menciptakan laporan PTK, dan menghasilkan media pembelajaran
d. Menghasilkan model pembelajaran inovatif
e. Menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi


19. Sebagai antisipasi terhadap perkembangan teknologi maka guru sebagai suatu profesi sebaiknya;
a. Meningkatkan kemampuan integrasi teknologi ke dalam sistem pembelajaran
b. Meningkatkan penguasaan keterampilan teknis pengoperasian komputer
c. Mengikuti kursus penguasaan jadwal aplikasi terbaru
d. Membeli perangkat ICT keluaran terbaru secara periodik
e. Meningkatkan kemampuan merawat komputer dan jaringan


20. Sikap guru berikut ini memperlihatkan dirinya sebagai professional learning, kecuali
a. Memanfaatkan jadwal pendidikan dan latihan yang diselenggarakan pemerintah dengan aktif berpartisipasi
b. Mencari balasan atas masalah di kelasnya melalui forum-forum diskusi
c. Merancang dan melaksanakan PTK hingga melaksanakan tindak lanjut 6
d. Mengembangkan budaya membaca
e. Mengikuti jadwal diklat sesuai kebutuhan pribadi
 

21. Manakah alasan yang paling sempurna pentingnya perubahan paradigma ke pembelajaran periode 21?
a. Teknologi informasi dan komunikasi sangat menentukan keberhasilan pencapaian tujuan
b. Teknologi informasi dan komunikasi bisa mengatasi seluruh masalah pembelajaran
c. Semakin canggih teknologi maka pembelajaran akan semakin berhasil
d. Teknologi informasi dan komunikasi mengakibatkan perubahan kiprah guru bukan lagi satu-satunya sumber belajar
e. Abad 21 penuh tantangan sehingga kontrol guru harus semakin diperketat


22. Berikut ini merupakan ciri berguru seorang profesional kecuali;
a. Belajar berbasis pengalaman melalui proses agresi refleksi secara siklikal
b. Tindakan bersumber dari sikap reflektif
c. Menggunakan pengalaman sebagai acara belajar
d. Mempertimbangkan konteks
e. Mengedepankan intuisi yang tajam


23. Fungsi organisasi profesi sesuai pasal 41 ayat (2) UUGD ialah untuk;
a. Memajukan profesi, meningkatkan kompetensi, karier, wawasan kependidikan, proteksi profesi, dan dedikasi kepada masyarakat
b. Menambah pendapatan, memajukan masyarakat, dan meningkatkan kepedulian sosial
c. Melindungi anggota, menjaga kekompakan, mencari proteksi dana, memajukan pendidikan
d. Memperkuat identitas, menawarkan ciri pokok, mengembangkan solidaritas, mewadahi talenta minat
e. Berbagi informasi, mensejahterakan anggota, meningkatkan pengetahuan anggota, dan melatih loyalitas


24. Penelitian tindakan kelas bisa merupakan serpihan dari Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Berikut ialah tujuan dari PTK, kecuali;
a. Meningkatkan mutu pembelajaran dan mempertinggi mutu sekolah
b. Meningkatkan profesionalisme guru
c. Memperbaiki mutu praktek pembelajaran di kelas (masalah yang dirasakan) 7
d. Melakukan tindakan yang diyakini lebih baik
e. Memecahkan masalah nyata di kelas


25. Berikut merupakan pernyataan yang benar mengenai suatu profesi pendidikan;
a. Memiliki kajian spesifik yang pernah digeluti, direfleksikan, dan dikembangkan
b. Memiliki organisasi profesi yang kuat
c. Mengutamakan layanan kepada anggota semoga bisa mengabdi masyarakat
d. Merupakan acara yang bersifat intuitif
e. Memiliki kekebalan hukum

 
26. Paradigma guru sebagai professional learning dalam konteks guru dalam jabatan sanggup dimaknai;
a. Guru sebagai profesi memerlukan proses pendidikan yang lama
b. Guru profesional mempunyai akta pendidik
c. Profesi guru memerlukan keahlian khusus
d. Guru ialah seorang profesional yang terus mau berguru dan mengembangkan diri
e. Guru mempunyai 4 kompetensi yang utuh


27. Generasi milenium mempunyai literasi digital dan kesempatan jalan masuk informasi cenderung lebih baik. Sikap anda sebagai guru sebaiknya;
a. Melarang akseptor didik mengakses internet alasannya ialah berpotensi negatif
b. Melakukan kontrol ketat penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
c. Membatasi akseptor didik dalam aksesibilitas informasi
d. Mengambil kiprah gres untuk membantu akseptor didik berpikir kritis dan selektif
e. Menginformasikan kepada akseptor didik bahwa teknologi merusak generasi


28. Manakah pernyataan berikut yang berdasarkan pandangan Anda paling tepat?
a. Semakin canggih teknologi semakin sanggup meningkatkan efektifitas pembelajaran
b. Pengetahuan teknologi jauh lebih penting daripada pengetahuan mengenai pedagogi
c. Pengetahuan cara mengintegrasikan teknologi, pedagogi, dan materi lebih penting dari kecanggihan teknologi itu sendiri
d. Metode-metode pembelajaran berbasis teacher centris tidak cocok memakai teknologi
e. Penerapan satu metode pembelajaran dengan sangat baik lebih baik daripada memakai banyak metode


29. Bagaimana sebaiknya sikap dan pandangan Anda selaku guru menghadapi kiprah gres periode 21?
a. Peran gres lebih berat alasannya ialah memerlukan kemampuan mengelola komunitas belajar
b. Peran gres lebih ringan alasannya ialah akseptor didik bisa mendapatkan informasi lebih mudah 
c. Peran lebih difokuskan kepada administratif alasannya ialah akseptor didik sudah mandiri
d. Pembelajaran perlu diberikan kebebasan tidak perlu dirancang skenario pembelajaran 
e. Tatap muka tidak lebih efektif daripada interaksi yang dimediasi teknologi


30. Bersikap reflektif bagi seorang guru ialah penting berarti;
a. Guru harus mengedepankan dan mempertahankan kebiasaan-kebiasaan baik
b. Guru harus meyakini setiap tindakannya ialah ilmiah dan rasional
c. Guru perlu mengabaikan hal-hal yang masih kurang alasannya ialah tidak efektif
d. Guru selalu mengkaji apa yang telah dilakukan untuk didokumentasikan
e. Guru harus mengkritisi praktek yang telah dilakukan dan melaksanakan perbaikan
 


SOAL-SOAL MODUL 5 PEDAGOGIK


Tes Formatif
Pilihlah salah salah satu balasan yang paling sempurna dari pertanyaan pertanyaan dibawah ini:

1. Salah satu komponen penting yang diharapkan dalam mendesain suatu mata pelajaran kaitannya dengan prior knowledgeadalah dengan mengidentifikasi .........................
a. kecakapan dasar spesifik akseptor didik
b. gaya berguru akseptor didik
c. karakteristik umum akseptor didik
d. kondisi fisik dan psikologis akseptor didik
e. karakteristik gender dan usia akseptor didik


2. Kecakapan dasar spesifik ialah pemahaman, pengalaman, pengetahuan prasyarat, dan segala sesuatu yang dimiliki oleh akseptor didik sebagai pegetahuan awal (prior knowledge) dan disusun secara hirarkis sebagai ...................
a. skemata
b. advance organiser
c. basis data pengalaman (experiential data base)
d. struktur kognitifsubsumptive knowledge


3. Pak Guru Abrizam mengorganisasikan materi pelajaran yang diampunya dari umum ke khusus, dan dari keseluruhan ke rinci dengan tujuan untuk mengakibatkan pembelajaran yang diselenggarakan di kelas menjadi lebih bermakna. Cara pengorganisasian materi menyerupai yang dilakukan Pak Abrizam ini disebut dengan ................
a. prior knowledge
b. subsumptive sequence
c. experiential knowledge
d. kecakapan dasar spesifik
e. struktur kognitif


4. Penggunaan mnemonic atau jembatan keledai atau singkatan-singkatan tertentu sebagai salah satu jenis kecakapan dasar spesifik untuk membantu akseptor didik dalam mengingat atau menghafalkan materi disebut juga dengan ...........
a. pengetahuan analogis
b. pengetahuan pengalaman
c. pengetahuan setingkat
d. pengetahuan tingkat yang lebih tinggi
e. pengetahuan komparasi
 

5. Kecakapan dasar spesifik atau kemampuan awal intinya mempunyai dua dampak signifikan terhadap akseptor didik dimana dampak tersebut sangat penting ketika guru akan mendesain dan melaksanakan pembelajaran. Salah satu dampak yang dimaksud ialah sebagai berikut ini kecuali........
a. bagaimana akseptor didik mengorganisasi informasi atau pengetahuan baru
b. menggali kemampuan akseptor didik dalam menggabungkan pengetahuan usang dan baru
c. mereduksi akseptor didik dalam memakai struktur yang sudah ada
d. mengelaborasi kemampuan akseptor didik dalam memakai analogi
e. mendorong akseptor didik dalam me-recall pengetahuan usang untuk mempermudah pemerolehan pengetahuan baru


6. Ibu Guru Nathifa mengidentifikasi kecakapan dasar spesifik dengan cara mengorganisasi pengetahuan yang sifatnya lebih umum yang nantinya akan diposisikan sebagai pengkait bagi pengetahuan-pengetahuan yang lebih khusus. Apa yang dilakukan oleh ibu guru tersebut dinamakan ...................
a. pengetahuan tingkat yang lebih rendah
b. seni administrasi kognitif
c. pengetahuan pengalaman
d. pengetahuan analogis
e. skemata


7. Pak Guru Himawan melaksanakan investigasi atau monitoring terhadap pengetahuan awal akseptor didik yang diketahui salah(faulty prior knowledge) secaraperiodik sehinggahal-hal yang tidak diinginkan dan akan berakibat pada hasil pembelajaran yang tidak optimal bisa dihindari. Apa yang dilakukan oleh Pak Guru Himawan tersebut disebut dengan ........................
a. seni administrasi menganalisis kebutuhan instruksional
b. seni administrasi penentuan urutan materi pembelajaran
c. seni administrasi mengaktivasi kecakapan dasar spesifik akseptor didik
d. seni administrasi mengidentifikasi kecakapan dasar spesifik akseptor didik
e. seni administrasi menganalisis skemata akseptor didik


8. Setelah beberapa kecakapan dasar spesifik berhasil diidentifikasi oleh guru, maka guru perlu menciptakan tes untuk menentukan kesiapan akseptor didik sebelum mengikuti mata pelajaran. Tes yang dimaksud ialah ......................
a. tes analisis gender
b. tes identifikasi struktur kognitif
c. tes analisis kebutuhan instruksional
d. entry test atau tes masuk
e. tes analisis karakterstik umum akseptor didik
 
9. Salah satu seni administrasi mengaktivasi kecakapan dasar spesifik akseptor didik sanggup dilakukan dengan cara ...............
a. menciptakan akseptor didik memantau sendiri pengalaman berguru mereka sebelumnya dan secara sadar menggunakannya untuk mempelajari informasi baru.
b. guru jangan selalu menanyakan kepada akseptor didik apakah mereka telah memahami apa yang sudah diajarkan terkait materi tertentu.
c. menggabungkan pengetahuan gres ke dalam organisasi memori atau ingatan yang sudah ada
d. mengulas wacana apa yang belum terjadi sebelumnya sehingga membantu akseptor didik mengaktifkan pengetahuan baru.
e. menawarkan motivasi intrinsik kepada akseptor didik untuk mengidentifikasi kecakapan dasar spesifiknya sendiri


10. Guru perlu memperkenalkan konsep-konsep gres untuk membantu mereka dalam mempelajari pengetahuan atau informasi yang sedang dipelajari. Dalam hal ini yang sanggup dilakukan oleh guru ialah sebagai berikut ini kecuali ...............
a. menciptakan skenario pembelajaran dimana guru meminta akseptor didik menciptakan perbandingan atau pengkontrasanbeberapa informasi atau pengetahuan yang telah dipelajari oleh akseptor didik tersebut sebelumnya
b. membelajarkan mereka wacana sebuah pendekatan atau cara yang efektif dalam mempelajari materi gres dan juga wacana struktur dari materi gres tersebut.
c. Memeriksa atau memonitor pengetahuansebelumnya yang diketahui salah(faulty prior knowledge) secaraperiodik sehinggahal-hal yang tidak diinginkan dan akan berakibat pada hasil pembelajaran yang tidak optimal bisa dihindari.
d. menggabungkan karakteristik kecakapan dasar spesifik atau pengetahuan/kemampuan awal yang telah dimiliki akseptor didik sebagai landasan dalam menentukan metode dan seni administrasi pembelajaran yang sesuai.
e. menghilangkan pengetahuan sebelumnya yang diketahui salah (faulty prior knowledge).
 


SOAL-SOAL MODUL 6 PEDAGOGIK


INSTRUMEN TES TERTULIS PILIHAN GANDA

1. Beberapa jenis organisme yang dibudidayakan dan dipanen ketika sudah mencapai tahap petumbuhan tertentu adalah....
a. Tumbuhan 
b. Tanaman 
c. Pohon 
d. Kayu 
e. Semak


2. Bagian dari pohon dimulai dari pangkal akar hingga ke serpihan bebas cabang yang sanggup dibentuk karya seni rupa dan kriya adalah....
a. Batang 
b. Ranting 
c. Cabang 
d. Akar 
e. Kayu


3. Kayu yang mempunyai sifat ringan, kuat, dan lentur adalah....
a. Kayu jati 
b. Kayu pinus 
c. Kayu rotan 
d. Kayu mahoni 
e. Kayu pulai


4. Kayu yang mempunyai sifat ringan, tekstur halus, warna higienis adalah....
a. Jelutung, melur, pulai, pinus
b. Mahoni, bangkirai, jati, pasang
c. Jati, mahoni, pinus, sonokeling
d. Pasang, mahoni, sonokeling, jati
e. Jambu, pinus, mangga, waru


5. Daun yang sanggup dipakai untuk menciptakan karya seni rupa dan kriya adalah....
a. Daun kelapa, daun lontar, daun pandan.
b. Daun mendong, daun palem, daun pisang.
c. Daun jati, daun mangga, daun lontar.
d. daun kelapa, daun pisang, daun palem.
e. Daun pandan, daun palem, daun mangga.


Demikianlah informasi wacana Kumpulan Soal-Soal Modul 1-6 Materi Pedagogik, silahkan dibagikan semoga lebih bermanfaat dengan klik sajian share yang ada di bawah postingan ini, terima kasih Salam Sukses PPG 2019.

Sumber http://jalurppg.blogspot.com