Friday, September 14, 2018

√ Pengertian Indikator Adalah? Berikut Arti Indikator Beserta Jenisnya





style="display:block; text-align:center;"
data-ad-layout="in-article"
data-ad-format="fluid"
data-ad-client="ca-pub-6224284384345659"
data-ad-slot="7263694697">



Pengertian Indikator – Ada banyak istilah yang sering dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Istilah-istilah itu dipakai untuk merujuk pada sebuah aktivitas ataupun sebuah sifat yang mana dipakai semoga penggunaan kata atau kalimatnya lebih efektif. Meskipun sering memakai aneka macam istilah yang juga merujuk pada aneka macam hal, namun terkadang pengujar yang memakai istilah tersebut kurang mengerti dengan makna atau arti dari istilah yang digunakan.


Salah satu istilah yang sering dipakai dalam kehidupan sehari-hari yaitu indikator. Kata ini memang tidak terlalu sering dipakai pada percakapan sehari-hari, bahkan istilah ini cenderung banyak dipakai dalam konteks keilmuan atau bisnis. Pengertian indikator sendiri bisa didefinisikan bermacam-macam menurut konteks yang digunakan. Arti indikator juga bisa merujuk pada banyak hal sehingga untuk mengartikannya harus menyesuaikan pada konteks yang digunakan.


Pengertian Indikator dan Penggunaan Berdasarkan Konteksnya


Indikator yaitu variabel yang akan membantu dalam mengukur bermacam-macam perubahan baik secara tidak pribadi maupun secara pribadi (Menurut WHO). Indikator dalam penelitian bisa didefinisikan sebagai setiap variabel yang bisa mengindikasikan adanya kondisi tertentu yang kemudian dipakai untuk mengukur setiap perubahan yang terjadi dalam proses penelitian atau studi yang dilakukan. Dalam penelitian, indikator yaitu pola yang dipakai sebagai dasar untuk melihat perubahan pada objek yang diteliti.


 Ada banyak istilah yang sering dipakai dalam kehidupan sehari √ Pengertian Indikator Adalah? Berikut Arti Indikator Beserta Jenisnya


Untuk bisa memahami istilah indikator, Anda mungkin harus mencari tahu arti indikator terlebih dahulu. Beberapa andal mendefinisikan kata ini dalam bermacam-macam makna. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, indikator didefinisikan sebagai segala sesuatu yang bisa menjadi atau menawarkan petunjuk maupun keterangan. Sedangkan para andal menawarkan pengertian indikator yang berbeda tergantung pada bidang keilmuan masing-masing.


Dalam dunia pendidikan juga dikenal adanya indikator pembelajaran. Dalam konteks ini pengertian indikator pembelajaran yaitu setiap variabel yang memperlihatkan karakteristik, ukuran maupun ciri yang mana bisa memperlihatkan tercapainya kompetensi dasar yang dibentuk sebagai pola dalam evaluasi pada sebuah proses belajar. Dengan begitu indikator yang diobservasi dalam konteks ini yaitu kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa untuk memperlihatkan bahwa siswa tersebut telah mencapai kompetensi dasar yang telah ditentukan.


Istilah indikator juga dikenal dalam dunia bisnis. Istilah ini bisa merujuk pada karyawan maupun produk yang dihasilkan. Pada karyawan, indikator kinerja karyawan yaitu ukuran yang dipakai untuk mengukur seberapa besar kemampuan karyawan dalam menghasilkan ataupun melaksanakan tugasnya dengan baik. Pada konteks ini, indikator yaitu ukuran ketercapaian dari karyawan yang juga bisa dipakai oleh perusahaan untuk bisa menawarkan upah yang sesuai untuk karyawannya.


Baca juga : Implementasi adalah


Setelah mengetahui lebih banyak wacana indikator, sekarang Anda bisa mengetahui istilah ini lebih dalam. Anda sekarang bisa mengetahui apa itu indikator, pengertian yang bermacam-macam sesuai dengan bidang keilmuan maupun konteks yang digunakan, serta fungsi adanya indikator. Secara umum, indikator berperan sangat penting untuk memperlihatkan ukuran perubahan yang terjadi pada setiap hal yang diamati.


Tidak hanya dalam bidang pendidikan atau penelitian saja, indikator juga diperlukan untuk menawarkan info sebagai materi dalam pengembangan bisnis. Dalam hal ini bahkan ada sebuah forum yang bekerja memakai indikator untuk pengambilan keputusan, yaitu Indonesia Indicator.


Indikator adalah sebuah istilah yang sering dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Namun, sayang tak banyak yang mengetahui arti dan penggunaan dari istilah itu sendiri. Dengan mengetahui bermacam-macam pengertian dari indikator tersebut, Anda sekarang bisa memakai istilah ini dengan lebih baik. Semoga info tersebut menawarkan manfaat untuk Anda wacana indikator serta pengertiannya menurut konteks yang digunakan.



Hasil Pencarian:

Indikator adalah,indikator,apa itu indikator?,bagaimana cara memahami makna indikasi dalam percakapan,pengertian indikator pada penelitian,pengertian indikator pada skripsi


Sumber aciknadzirah.blogspot.com